Jasa-jasa Perbankan

Dari berbagai overview dan pengenalan tentang bank sebelumnya, kita sudah sedikit mengetahui dan memahami apa saya yang menjadi tugas dan kewajiban bank. Terlepas dari berbagai tugasnya untuk menghimpun dana dari masyaralat, ternyata bank juga menyediakan jasa-jasa perbankan yang bisa dimanfaatkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya, mulai aktivitas harian sampai dengan transaksi bisnis.

jasa-jasa-perbankan
Ilustrasi jasa-jasa bank (Foto: manajemenkeuangan.net)

Seperti kita ketahui bersama bahwa tugas bank yang utama adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk pinjaman atau kredit. Selain itu, bank juga memberikan fasilitas jasa-jasa untuk membantu kelancaran lalu lintas pembayaran, baik lokal mau pun internasional.

Jasa Perbankan adalah Segala Kegiatan Transaksional dan Finansial Bank

Tidak hanya menyediakan berbagai produk simpanan dan pinjaman (kredit) ternyata perbankan di Indonesia juga menyediakan berbagai layanan jasa yang memudahkan layanan transaksi keuangan para nasabah baik untuk kebutuhan personal mau pun kebutuhan bisnis.

Baca juga: Know Your Customer Sebuah Konsep Mengenal Nasabah.

Terdapat beberapa jenis jasa perbankan yang ada dan nantinya bisa dipelajari dalam materi ini di kemudian hari, antara lain:

  • Kliring.
  • Inkaso.
  • Transfer.
  • Penyewaan Safe Deposit Box (Kotak Penyimpan).
  • Ekspor Impor (L/C)
  • Jual beli uang kertas asing.
  • Jual beli Travellers Cheque.
  • Spot transactions.
  • Forward transaction.

Lima point terakhir dari transaksi ekspor impor sampai dengan forward transaction hanya bisa dilakukan oleh bank devisa karema berhubungan dengan transaksi valuta mata uang asing.

Nantinya semua akan dibahas, kecuali tentang transaksi valuta asing dan transaksi ekspor impor dengan L/C. 

Banyak sekali produk layanan jasa perbankan yang disediakan untuk memberikan pelayanan jasa pada nasabahnya. Tentu Anda, kalian atau kamu sudah pernah menggunakan jasa-jasa bank tersebut, seperti melakukan tranfer untuk pembayaran biaya kuliah, atau hanya sekedar menyewe jasa safe deposit box.

Semoga informasi tentang “jasa-jasa perbankan” ini bermanfaat dan bisa menambah sedikit informasi tentang berbagai layanan jasa perbankan di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Jasa-jasa Perbankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel