Tips Menjadi Penjual Unggul

Bisnis dan pemasaran menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan, agar entitas bisnis tersebut bisa survive maka entitas ini harus bisa menghasilkan. Untuk itu, entitas ini harus melakukan proses yang disebut dengan penjualan produk. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana agar bisa menjual semua produk yang dihasilkan? Ternyata aktivitas menjual tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa, namun membutuhkan kiat-kiat khusus. Tips menjadi penjual unggul ini semoga bisa menginspirasi.

tips-menjadi-penjual-unggul
Ilustrasi (Gambar: gosmallbiz.com)

Seorang wirausaha atau entreprenuer harus menjadi penjual yang unggul, agar bisa menjual produk yang diproduksinya, meskipun dalam usaha yang dimilikinya tersebut sudah ada divisi pemasaran dan penjualan.

Cara Tepat Menjadi Penjual Sukses

Seorang pakar penjualan, Chris Penttila, mengumpulkan ciri-ciri perilaku para penjual sukses yang berasal dari berbagai bidang, mulai dari bidang eceran, grosir, produk teknologi, sistem sampai jasa, dan yang menarik para penjual ini menunjukkan konsistensi perilaku yang membuat mereka menjadi ahli dalam menjual, antara lain:

1. Memiliki karakter wirausahawan.

Para penjual ini seolah-olah sedang menjalankan bisnisnya sendiri walaupun masih bekerja dalam suatu perusahaan. Menurut Joe Galvin, yang merupakan Vice President and Research Director of CRM Strategies, Gartner Inc, mereka ini, para penjual “sangat termotivasi, fokus dan terorganisir.”

2. Paham akan proses.

Para penjual ini paham akan proses yang membuat mereka sukses, dan mereka terus menjalani proses untuk menjaga kesuksesannya.

3. Berpikir terntang klien, bukan kuota.

Penjual terbaik selalu fokus pada pelanggan, dan selalu menangani pelanggan bukan yang lainnya.

4. Menjual solusi.

Mereka selalu melihat bahwa menjual tidak sekedar menjual produk, tetapi solusi. Mereka akan menyesuaikan tawarannya untuk memberi solusi yang jernih atas masalah yang dihadapi pelanggan.

5. Melibatkan pelanggan untuk selalu berpikir.

Para penjual besar bisa membuat pelanggan mengetahui nilai (value) pada saat awal proses penjualan. Mereka dapat menemukan katalis yang membuat pelanggan terus terlibat dalam proses penjualan, kalau katalis sudah bisa diciptakan pada awal proses, mendapatkan order seolah merupakan tujuan yang sudah tercapai. (Sam Reese, CEO dan Presiden Miller Heiman).

6. Tidak takut menjadi kreatif.

Kreatifitas seolah menjadikan Anda, para penjual seperti sedang menggelar sebuah pertunjukan bagi para pelanggan.

7. Selalu aktif keluar.

Para penjual besar masih keluar untuk menemui prosek dan pelanggan. Mereka menciptakan alasan-alasan bisnis yang jelas dan juga sah untuk pertemuan-pertemuan itu, dan juga tidak menyia-nyiakan waktunya, dan tentu saja sangat ahli dalam membidik targetnya.

8. Selalu up to date.

Para penjual ini selalu punya informasi terbaru tentang produk, klien dan apa yang dilakukan para pesaing.

9. Mencintai pekerjaan.

Para penjual ini sangat mencintai apa yang dikerjakan dan selalu berproses untuk itu.

Itu dia sedikit informasi dan tips menjadi penjual unggul. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjadi Penjual Unggul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel