Tips Membangun Bisnis Sambilan

Membicarakan bisnis memang menarik, apalagi membahas tentang bagaimana mempersiapokan hari tua, atau bagaimana caranya agar uang bisa bekerja untuk kita. Inilah yang sangat menarik. Namun untuk menuju ke arah ini diperlukan effort yang sangat keras. Bahkan tidak banyak yang memahami dan memperhatikan hal ini. Oleh karena itu, pembahasan tips membangun bisnis sambilan disampaikan dengan tujuan agar nantinya Anda bisa menjadi seorang entrepeneur sukses apalagi setelah tidak lagi menjadi seroang karyawan.

Tips Membangun Bisnis Sambilan
Ilustrasi (Gambar: produk.bfi.co.id)

Terdapat suatu pertimbangan penting mengapa dilakukan pembahasan ini, yaitu:

“Penelitian di Amerika Serikat pada warganya yang telah berumur 65 tahun. 54% hidup sengsara, 36% meninggal, 9% bekerja keras untuk menghidupi hari tua, dan 1% sejahtera (karena memiliki passive income yang memadai)."

Sukses dengan Bisnis Sambilan

Dapat diakui bahwa pegawai swasta maupun pegawai negeri pasti memasuki masa pensiun dengan penghasilan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan penghasilan saat masih bekerja atau sebelum pensiun.

Tentu saja risiko PHK dimasa seperti saat ini tidak lagi dialami perusahan swasta saja, tapi juga pegawai BUMN dan PNS. Tidak hanya mereka saja, para profesional seperti artis, dokter, atau pun pengacara bisa saja jatuh miskin saat memasuki masa tidak populer. Dengan melihat kondisi ini, maka sangat wajar bila mulai banyak orang yang memulai bisnis sambilan meskipun hanya untuk sekedar menambah penghasilan.

Baca juga: Sukses Bisnis dengan Bisnis Online.

Banyak sekali yang terkesima dengan apa yang disampaikan motivator, seperti yang disampaikan Rober T. Kiyosaki tentang cash flow kuadran, tetapi tidak berani memulainya.

Maka barang siapa yang tidak bekerja keras di usia muda, bisa dipastikan di usia tuanya ia akan bekerja keras. Namun, ada pula yang sepanjang hidupnya bekerja keras tapi hasilnya tidak menggembirakan. Dengan melihat hal ini tidak cukup hanya dengan bekerja keras, dibutuhkan kerja cerdas.

Mumpung masih bekerja, maka tidak ada salahnya memulai bisnis sambilan. Buka usaha, meskipun masih kecil, kalau bisa bisa dengan mencari mitra, apabila gagal, lakukan evaluasi, dan cari bisnis alternatif yang lain, dan upayakan dikerjakan lain, itu yang disebut bisnis sambilan.

Untuk sukses, meskipun hanya bisnis sambilan, maka menumbuhkan mental entrepreneur perlu ditumbuhkan meskipun masih menjadi pegawai atau karywan.

Seorang yang memiliki jiwa entreprenur akan memiliki cita-cita yang kuat, merek mau belajar, tiada hari tanpa belajar. Belajar pun tidak hanya dari buku, tapi bisa dari seminar, training, pergaulan, peristiwa dan juga kegagalan.

Terdapat kunci sukses bisnis sambikan, yaitu:

  1. Lakukan delegasi kerja yang efektif, bisa dimulai dari rekrutmen yang baik. Lakukan delegasi urusan, dan jangan mempraktekkan delegasi suruhan. Delegasi urusan memang membutuhkan kesabaran dalam mendidik, tapi untuk jangka panjang lebih menghasilkan.
  2. Lakukan manajemen waktu, gunakan matrik manajemen waktu.
  3. Beri kepuasan pada pelanggan.

Itu dia sedikit catatan dan informasi tentang “tips membangun bisnis sambilan”. Semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Membangun Bisnis Sambilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel