Tips Memanfaatkan Aluminium Foil

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya banyak hal yang harus dilakukan, apalagi yang berhubungan dengan aktivitas di rumah. Tentunya tahu tentang hal-hal sepele tapi penting akan membantu menyelesaikan segala pekerjaan di rumah. Tips memanfaatkan aluminium foil salah satunya.

tips-memanfaatkan-aluminium-foil
Ilustrasi (Gambar: rjphotographymanila.com)

Seperti kita ketahui bersama, aluminium foil adalah kertas dengan warna perak mengkilap yang sering digunakan sebagai pembungkus coklat. Namun siapa yang mengira, ternyata aluminium foil bisa digunakan unuk membantu masalah dapur dan juga pekerjaan rumah.

Cara Mudah Memanfaatkan Aluminium Foil

Terdapat banyak kegunaan lain dari aluminium foil, antara lain sebagai berikut:

1. Untuk mempercepat panas alat pemanggang.

Agar alat pemanggang cepat panas, maka letakkan selembar aluminium foil di atas pemanggang. Biarkan selama 10 menit, angkat aluminium foil sebelum meleleh.

2. Untuk melicinkan baju.

Baju dari bahan sutra, wol atau rayon kadang-kadang sulit untuk dirapikan dan juga licin saat disetrika.

Agar bisa disetrika, maka letakkan satu lembar aluminium foil di antara alas setrika dan baju yang disetrika. Gosok secara perlahan, baju akan licin, mulus dan juga bebas dari kerutan.

3. Sebagai pembungkus yang sempurna.

Aluminium tidak mudah untuk ditembus oleh air, api dan minyak. Untuk itu gunakanlah aluminium foil untuk membungkus sayuran yang akan dipanggang, atau untuk membungkus sisa makanan sebelum disimpan dalam pendingin atau sebelum dipanaskan kembali dalam microwave.

4. Untuk menggosok kerak.

Sisa kerak makanan dalam pinggan tahan panas, permukaan kompor atau peralatan memasak terkadang susah untuk dibersihkan dengan menggunakan spons biasa.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Sisa Minuman Bersoda.

Untuk itu remas dan bulatkan aluminium foil, kemudian gunakan untuk menggosok piranti. Dijamin akan kembali kinclong dan tidak ada goresan sedikit pun. Begitu juga dengan permukaan kompor dan juga piranti masak lainnya.

5. Sebagai alas untuk menggeser perabot.

Aluminium foil bisa digunakan untuk memindahkan furniture berukuran besar.

Caranya letakkan lembaran aluminium foil pada kaki-kaki atau sudut furniture, kemudian geser secara perlahan furniture tersebut.

6. Sebagai pelindung piranti.

Aluminium bisa digunakan untuk melindungi gagang pintu, perangkat keras di dapur dan kamar mandi, saat Anda mengecat ulang tembok atau pintu.

Caranya, bungkus gagang pintu atau peralatan kamar mandi dengan aluminium foil sampai tertutup rapat.

7. Sebagai pengganti antena.

Bika DVD player diletakkan bertumpuk di atas TV, biasanya gambarnya akan kabur, karena terdapat dua bidang elektromagnetik yang saking mempengaruhi, sehingga sinyal yang tertangkap kurang jelas, maka selipkan lembaran aluminium foil diantara DVD dan TV untuk memisahkan bidang.

8. Untuk memantulkan cahaya.

Cara ini sering digunakan oleh para fotografer profesional, biasanya dilakukan dengan menggunakan reflektor untuk memberikan pantulan sinar ekstra pada daerah gelap dari subyek yang difoto.

Jika tidak ada reflektor, maka bisa menggunakan karton tebal atau tripleks yang dibungkus dengan aluminium foil.

9. Sebagai pelapis loyang.

Untuk mencegah kulit pai gosong, pecah dan susah dilepas dari loyang, maka lapisi aluminium foil didasar loyang. Sesuaikan bentuk dan ukuran dengan ukura loyang, namun beri sisa sekitar 3 cm dari luas lingkar loyang, agar kulit pai bisa dengan mudah terangkat dari loyang.

10. Pengganti cetakan.

Aluminium foil bisa juga digunakan sebagai pengganti cetakan atau loyang. Caranya, tumpuk dulu beberapa lembar alumium foil, kemudian bentuk sesuai dengan keinginan. Hal ini akan membuat cetakan lebih kokoh, karea ketebalannya dobel.

11. Untuk melunakkan gula merah.

Caranya dengan membungkus gula merah atau gula palem dengan menggunakan alumium foil untuk mengembalikan tekstur gula yang sudah mengeras. Setelah dibungkus, kemudian panggang dalam oven pada suhu 150 derajat Celsus selama 5 menit.

12. Untuk menjaga kehangatan makanan.

Anda bisa mengunci roti gulung atau sandwich tetap hangat. Caranya bungkuslah sandwich atau roti gulung dengan menggunakan alumium foil. Dengan begitu makanan bisa tetap hangat sampai dengan saat akan disajikan.

Itu dia sedikit catatan dan tips memanfaatkan aluminium foil. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memanfaatkan Aluminium Foil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel