Tips dan Trik Menaikkan Penjualan

Jaman semakin berubah, banyak hal yang harus dilakukan agar sebuah usaha bisa tetap berjalan, dan bisa melakukan pengembangan. Bahkan untuk bisa tetap survive di era yang sungguh luar biasa ini dan juga untuk bisa mempertahankan pelanggan yang loyal, dibutuhkan sebuah usaha yang luar biasa pula, termasuk yang inovatif, agar bisa menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Tips dan trik menaikkan penjulan akan memberikan beberapa tips agar penjualan bisa meningkat.

Cara Menaikkan Penjualan

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mempertahankan loyalitas pelanggan dan juga dalam rangka menggenjot penjualan. 

Ilustrasi (Gambar: score.org)

Bahkan beberapa cara yang akan disampaikan di bawah ini bisa dilakukan untuk menjaga agar para pelanggan tetap berbelanja dan tidak beralih ke pesaing lainnya.

Baca juga: Strategi dalam Seni Menjual.

Trik yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Memberikan gift.

Anda bisa mencoba memberikan gift atau oleh-oleh khusus kepada para pelanggan yang loyal. dan langsung disampaikan oleh Anda sendiri. Dan tentu para pelanggan akan kaget dengan cara yang Anda lakukan.

Tentunya berbagai jenis gift bisa dikembangkan mulai dari yang sederhana seperti memberi berbagai produk yang ada sampai dengan memberikan voucher atau kupon.

  • Program beli satu dapat satu gratis.

Program beli satu dapat satu gratis ini sering kita kenal dengan ‘buy one get one free’. Bisa dikatakan ini adalah insentif besar yang sama saja dengan 50% diskon, program ini memiliki dampak positif pada penjulan, dan signifikan karena para konsumen harus membeli 2.

Biasanya program ini dilakukan pada produk-produk yang menumpuk di gudang dan marjinnya cukup tinggi.

  • Gift dengan pembelian.

Program ini lebih dikenal dengan ‘purchase with purchase atau PWP’. Cara ini bisa digunakan bila giftnya sangat menarik dan harga pembeliannya sangat tinggi. Gift yang sangat bernilai akan bisa mendongkrak citra produk Anda.

  • Diskon.

Diantara berbagai model promosi, maka diskon menjadi cara untuk melakukan promosi yang paling mudah secara teknis dan bagi konsumen, manfaatnya bisa langsung dirasakan. Dengan lebih sedikit uang diperoleh barang yang sama.

Tetapi bagi penjual, diskon adakalanya bisa memancing terjadinya perang harga antar penjual sehingga kalau terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa terjadi situasi loss-loss (rugi-rugi), yaitu suatu kondisi dimana penjual rugi dan konsumen sangat dimanjakan

Selain itu yang harus dipertimbangkan, adalah diskon yang terlalu sering bisa menciptakan citra atau image, bahwa kita menjual barang murahan atau tidak bermutu.

  • Kartu pelanggan.

Kartu pelanggan ini efektif untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia untuk berbelanja.

Dengan memiliki kartu ini, para pelanggan akan mendapat perlakuan khusus dibanding pembeli biasa.

Perlakukan khusus tersebut, seperti diskon atau gift khusus untuk pembelian tertentu, pelayanan khusus, misalnya counter check khusus atau yang menarik adalah pembayaran mundur. Bonus pun biasanya lebih banyak (biasanya berupa point atau voucher) setelah mencapai nilai tertentu yang bisa digunakan untuk mengurangi pembelian berikutnya.

  • Permainan.

Apa maksudnya dengan promosi dengan permainan ini? Anda pasti pernah melihat toko yang menyediakan papan dart, bagi pembeli dengan minimal tertentu mendapat kesempatan melempar papan dart, disini makin mendekati pusat lingkaran akan mendapat hadiah yang menarik.

Terdapat berbagai trik promosi penjualan yang bisa dilakukan. Tips dan trik meningkatkan penjualan di atas hanya sekedar contoh, yang bisa Anda imitasi, entah hanya 1 program atau kombinasi, semua menarik, atau Anda memiliki ide sendiri untuk bisa meningkatkan penjuala, tentu hal ini bisa lebih bagus. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik Menaikkan Penjualan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel