Mengenal Piranti Reklame (Signage), Fungsi dan Nilainya

Anda pasti sering melihat sebuah tanda yang menunjukkan lokasi sebuah usaha yang biasanya dipasang di depan toko, atau dipasang di dinding luar sebuah toko. Sudah ingatkan? Itulah piranti reklame. Untuk itu, pada pembahasan kali ini akan disampaikan tentang mengenal piranti reklame (signage), fungsi dan nilainya.

Ilustrasi (Gambar: pinterest.com/reklama.gr/)

Piranti reklame atau signage adalah salah satu properti komersial. Terdapat kunci sukses memilih properti komersial yang pasti sudah sangat dipahami oleh para pelaku bisnis, yaitu lokasi, lokasi dan lokasi. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang apakah lokasi menjadi segala-galanya? Tentu saja tidak, untuk itulah terdapat kunci sukses utnuk mengembangkan bisnis ritel, yaitu visibility (mudah dilihat), accessibility (mudah diakses) dan parkir.

Peran Reklame pada Visibility

Dapat dipahami sebenarnya bahwa piranti reklame suatu bangunan usaha (signage) sangat berperan besar terhadap visibility bangunan tersebut. Tanpa adanya signage yang dirancang dengan baik dan ditempatkan secara tepat maka sebuah bangunan tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Signage dalam hal ini meliputi papan reklame (adv.board), neon box, neon sign, spanduk, umbul-umbul, prisma board dan juga piranti promosi lain yang menjadi eksterior toko.

Baca juga: Mengenal Personal Branding.

Dalam pemasangannya signage ini harus diperhatikan dengan detail, karena memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Menjadi tanda pengingat tentang suatu lokasi dan apa saja yang dijual di lokasi tersebut.
  2. Memperkuat ingatan atas tempat dan meningkatkan recall terhadap cara-cara promosi lainnya.
  3. Menarik pelanggan baru dengan mempengaruhinya untuk mencoba produk dan layanan di tempat tersebut.
  4. Signage yang sifatnya berubah-ubah atau bersifat sementara untuk promosi dapat mengubah perilaku pembelian pelanggan.

Signage Bisa Berfungsi sebagai Branding

Salah satu tolak ukur sukses tidaknya signage adalah bisa dilihat dari kemampuannya untuk membangun merek pada tempat tersebut, dan juga layaknya kemampuan sebuah label untuk memberi merek suatu produk.

Apabila suatu signage tidak berhasil mengkomunikasikan sebuah citra yang menarik, maka akan sangat sulit bagi tempat tersebut untuk menyampaikan pesan yang diinginkan dan mendapatkan pelanggan.

Setiap pengembangan tempat dan signage harus memperhatikan aspek focal point apabila ingin berhasil.

Focal point adalah titik focus yang ingin dibangun sehingga perhatian orang akan tertuju pada titik tersebut. Dalam dunia signage, titik tersebut disebut dengan signcentric.

Mengukur Respons

Efektivitas signage seperti layaknya iklan harus diukur agar kita dapat mengetahui sejauh mana signage dapat memberi manfaat.  Dengan mengetahui efektivitasnya kita bisa melakukan perubahan yang diperlukan agar hasilnya maksimal.

Salah satu tujuan iklan adalah mengubah perilaku pembelian. Iklan yang efektif bisa menambah pembelian dari segmen pembeli yang mudah berubah, dengan mempengaruhi mereka dalam perjalanan menuju toko.

Pembeli yang mudah dipengaruhi ini sangat lazim di bidang seperti restoran cepat saji atau produk low involvment lainnya.

Itu dia sedikit informasi tentang “mengenal piranti reklame (signage), fungsi dan nilainya”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Piranti Reklame (Signage), Fungsi dan Nilainya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel