Di Balik Rahasia Sedekah

Dunia semakin berubah, banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka membantu orang lain, salah satunya adalah denganbersedekah. Tentunya dengan bersedekah tidak hanya memberikan manfaat pada orang lain sebagai penerima sedekah, namun juga sangat bermanfaat untuk diri sendiri si pemberi sedekah. Bahkan banyak catatan “di balik rahasia sedekah” yang tentunya sangat bermanfaat bagi pemberi sedekah pada khususnya.

Di Balik Rahasia Sedekah
Ilustrasi

Tentu tidak perlu dalam jumlah yang besar, namun menyisihkan rezeki sedikit demi sedikit dan memberikannya pada orang yang membutuhkan, tentu lebih baik daripada hanya memberikannya sekali waktu saja.

Sedekah adalah Perbuatan Memberi  dengan Ikhlas Pada Orang Lain

Terdapat beberapa catatan tentang keutamaan bersedekah yang “Dikutip dari kitab Durrotunashihin” , yaitu:

Dari Sayyidah Aisyah Ra, Beliau menceritakan tentang pertemuan wanita dengan Nabi Muhammad SAW, yang tangan kanannya dalam keadaan lumpuh. Wanita itu berkata, “Wahai Nabi Allah, sudikah kiranya Engkau memohon kepada Alloh SWT, semoga Dia (Allah) menyembuhkan tanganku.” Nabi bersabda kepadanya, “Apa  yang menyebaban tanganmu lumpuh?”, wanita itu menceritakan kepada Rasulullah SAW: “Ya Rasululah, pada suatu malam aku bermimpi seakan-akan hari kiamat akan tiba, neraka jahanam telah menyala-nyala dan surga telah terbentang dengan indah. Dan saya mengetahui bahwa ibu saya berada di dalam neraka jahanam, sedang ditangannya terdapat sepotong lemak dan di tangan satunya terdapat sepotong kain lap, dengan kain lap dan lemak itu, ibuku menahan panasnya api neraka, maka pada waktu itu saya berkata kepadanya: “Mengapa ibu di dalam jurang api neraka? Bukankah ibu seorang yang ta’at kepada Allah, dan ayah telah merelakan?” Ibu menjawab: “Hai anakku, aku di dunia kikir dan disini tempat orang-orang yang kikir.”, saya bertanya lagi kepadanya: “Apakah arti lemak dan kain lap yang ada di tangan ibu?”. Ibuku menjawab: “Keduanya ini pernah ibu dermakan sedekah dan Saya tidak pernah bersedekah di dunia, kecuali keduanya.”

Baca juga: Motivasi dari Dewa Eka Prayoga “Melawan Kemustahilan”.

Saya bertanya: “Dimana Ayah?”. “Ayahmu orang dermawan, maka dia tinggal bersama orang yang dermawan.” Maka saya pun datang ke surga dan ternyata ayah sedang berdiri di telaga bersama Engkau Ya Rasulullah, dan saya berkata kepada ayah: “Wahai ayahku, sungguh ibu dan juga istrimu sekarang berada di neraka terbakar, sedangkan engkau memberi minum orang-orang dari telaga ini, oleh karena itu berilah ibu air minum dari telaga ini ayah.” Kata ayahku, “Wahai anakku sesunguhnya Allah telah mengharamkan orang-orang yang kikir untuk meminum air telaga dari Nabi Muhammad SAW.” Maka dengan tanpa izin ayahku aku mengambil air telaga dn memberi ibuku segelas air untuk menghilangkan kehausannya, tiba-tiba suara yang menyeramkan berkata: “Semoga Allah melumpuhkan tngamu karea engkau telah memberi minum kepada orang yang kikir dari telaga Nabi Muhammad SAW”. Maka saya terbangun dan ternyata tangan saya telah lumpuh seperti.

Selanjutnya Sayyidah Aisyah Ra, berkata: “Setelah Nabu Muhammad SAW mendengar wanita tadi, Nabi lalu meletakkan tongkatnya pada wanita itu seraya berdo’a kepada wanita itu, “Ya Allah demi zat-Mu yang mulia dengan pengaduan kebenaran mimpinya yang teah dia ceritak kepadaku maka sembuhkanlah tangannya, maka tangannya sembuh seperti semula.

Demikianlah cerita keutamaan sedekah. Semoga sedikit catatan tentang “di balik rahasia sedekah” ini bermanfaat dan menjadikan kita untuk gemar berbuat baik, khususnya bersedekah.

Belum ada Komentar untuk "Di Balik Rahasia Sedekah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel