Tips Membangun Loyalitas Pelanggan

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan sebuah bisnis membutuhkan pelanggan untuk bisa membeli produk yang dijual. Dengan adanya proses jual beli tersebut, maka akan bisa menghasilkan pendapatan, dan bagi suatu entitas usaha, proses ini bisa menjadi proses untuk terciptanya kehidupan bisnis. Dengan terjadinya perubahan yang begitu cepat, entah karena efek pandemi atau pun pengaruh lainnya, hal utama yang harus dilakukan adalah bagaimana agar pelanggan tetap loyal pada kita. Untuk itulah pada kesempatan kali ini akan disampaikan tentag tips membangun loyalitas pelanggan.

Tips Membangun Loyalitas Pelanggan
Membangun loyalitas pelanggan (Foto: providesupport.com) 

Bisnis di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang, dan tentunya juga jauh berbeda bila dibandingkan beberapa tahun lalu. Pada beberapa tahun lalu, strategi bisnis yang dilakukan lebih condong pada keunggulan produk dan juga harga, namun saat ini hal tersebut sepertinya tidak bisa dipertahankan lagi. Hal ini disebabkan karena saat ini semua bisnis mempunyai kesempatan yang sama untuk menetapkan harga atas produk yang dihasilkannya.

Tantangan Bisnis

Dengan semakin terbukanya kesempatan bagi setiap usaha untuk berkompetisi, maka hal ini akan memunculkan persaingan usaha. Dan bisa dikatakan semua bisnis berusaha mengeluarkan jurus-jurus dalam bentuk pricing dan juga produk unggulan untuk bisa merebut hati para pelanggan. Dari sudut pelanggan atau konsumen hal ini justru sangat menguntungkan, karena mereka memiliki banyak pilihan untuk memilih produk yang sesuai dengan keinginan mereka.

Dari sudut bisnis, hal ini juga menjadi peluang untuk menjaring konsumen baru, juga menjadi tantangan, yaitu bagainana caranya agar bisa mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki dan juga mereka tetap dengan sukarela menggunakan produk kita, atau dengan kata lain mengupayakan loyalitas pelanggan pada bisnis kita.

Tantangan ini sebenarnya berlaku pada pelanggan-pelanggan yang kaya, karena faktanya semakin kaya seseorang, maka dia akan rentan untuk lepas. Hal ini bisa terjadi karena mereka memiliki banyak pilihan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Bisnis memang menarik, untuk bisa tetap mempertahankan para pelanggan, maka tidak hanya mengandalkan pricing dan produk, namun juga yang paling utama setelah dua hal tersebut didapat adalah memberikan pelayanan terbaik.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa harus mempertahankan pelanggan?

1. Modal dasar bisnis saat ini adalah berada pada “costumer based”.

Agar bisnis tetap bisa berjalan dan juga tetap bisa bertahan, maka memiliki costumer based besar akan menjadi satu peluang agar bisnis tetap berkibar.

2. Munculnya pesaing-pesaing baru.

Saat ini semakin banyak perusahaan-perusahan atau usaha-usaha baru yang membuat produk yang hampir sama dengan produk yang kita miliki dan hal ini menjadi suatu tantangan bagi kita, agar tetap dapat mendapatkan pelanggan baru dan juga mempertahankan keberadaan customer based untuk tetap mau menggunakan produk kita.

Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah mendapatkan profit atau keuntungan yang sebesar-besarnya, maka terdapat 3 hal agar bisa mempertahakan loyalitas pelanggan bila dilihat dari sisi pemilik, marketer dan karyawan lainnya, antara lain:

1. Nilai fisik (beauty).

Nilai fisik ini sangat penting, karena kondisi fisik merupakan komunikasi pertama sesorang, sebelum  orang lain melakukan penilaian terhadap diri kita dari segi-segi yang lain. Komunikasi fisik ini menjadi langkah awal yang sangat menentukan bagi seseorang untuk membuka komunikasi dan peluang selanjutnya.

2. Nilai etika (behavior).

Nilai etika ini terfokus pada inner seseorang, nilai ini berhubungan erat dengan wawasan seseorang mengenai moral, agama dan susila. Sebagai seorang marketer, maka kita semua dituntut untuk dapat menempatkan diri dalam menghadapi customer.

3. Nilai intelegensia (brain)

Sama halnya dengan etika, maka brain juga berbicara tentang inner seseerang, namun lebih fokus pada kemampuan yang berupa wawasan dan kemampuan. Hal ini sangat bermanfaat dalam memudahkan seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungannya.

Itu dia sedikit “tips membangun loyalitas pelanggan”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membangun Loyalitas Pelanggan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel