Meningkatkan Nilai Jual Produk Kuliner dengan Packaging

Apa yang bisa Anda bayangkan dengan sebuah produk kuliner? Tentunya rasa yang enak menjadi hal utama, namun sebelum mencoba suatu makanan, apalagi yang belum dikenal, maka hal utama yang menjadi alasan utama memilih produk tersebut adalah tampilan dari produk tersebut. Dengan begitu, maka packaging menjadi hal penting agar suatu produk memiliki daya tarik, untuk itulah bagi suatu bisnis kuliner meningkatkan nilai jual produk kulinr dengan packaging saat ini menjadi hal penting dan tidak dapat diremehkan.

Tentu Anda masih ingat dengan sebuah pitutur Jawa yang salah satunya mengatakan, “Ajining raga ana ing busana”, hal ini berarti bahwa pakaian juga memiliki peran penting bagi seseorang, dan tentu saja dengan busana yang rapi akan bisa menaikkan martabatnya. Dan dalam kehidupan bisnis ternyata pitutur luhur tersebut bisa diaplikasikan tidak hanya untuk kehidupan masyarakat sehari-hari.

Meningkatkan Nilai Jual Produk Kuliner dengan Packaging
Ilustrasi packaging produk keripik sayur

Mengacu dari referensi bisnis yang ada, maka mengaplikasikan packaging atau memberikan kemasan yang tepat ternyata tidak hanya berfungsi sebagai sekedar pembungkus produk dalam hal makanan, namun ternyata penggunaan packaging yang tepat memiliki peran yang sangat penting, khususnya produk dan juga bisa menarik emosional konsumen. 

Packaging adalah Cara Mudah Menarik Emosional Konsumen

Dengan berkembangnya dunia bisnis, maka packaging juga mengalamai perkembangan, tidak hanya sekedar membungkusnya dengan plastik saja, namun penggunaan packaging ini ternyata bisa digunakan juga sebagai sarana promosi dan juga menjaga produk kuliner tetap higienis.

Baca juga: Tips dan Trik Penetapan Harga Produk.

Kesan pertama atau first impression pada suatu produk saat ini diwakili dengan bentuk pembungkus atau packaging makanan yang menarik, baru kemudian melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu tentang rasa atau kualitas makanan, enak atau enak banget atau hanya memiliki rasa yang biasa.

Packaging adalah Cara Mudah Menarik Emosional Konsumen
Ilustrasi packaging minuman

Dengan berkembangnya industri kuliner, packaging makanan menjadi hal yang tidak terpisahkan sebagai sarana promosi dan juga menjadi branding atas produk makanan, sehingga diharapkan bisa menaikkan penjualan.

Fungsi Packaging Makanan

Apa sebenarnya packaging makanan atau minuman itu? 

Packaging makanan merupakan sebuah kemasan khusus yang digunakan untuk membungkus produk makanan atau produk kuliner, mulai dari makanan olahan, makan siap saji sampai bahan makanan.

Namun dengan berkembangnya dunia kuliner, selain karena kebutuhan, packaging makanan ini dibuat dengan bentuk yang menarik agar terlihat lebih modern, kekinian dengan berbagai bentuk yang menarik.

Fungsi Packaging Makanan
Packaging sederhana dari kotak kardus

Packaging makanan akan memberi kepastian pada konsumen, bahwa produk kuliner yang dibeli dalam kemasan tersebut aman untuk dikonsumsi, karena terlindung dari udara, debu sampai bakteri.

Mengutip dari hansel.id, terdapat tujuh manfaat penting menggunakan kemasan makanan atau paackaging makanan ini, sebagai berikut:

  • Agar produk kuliner atau makanan tidak cepat rusak.
  • Agar makanan tersebut tidak mudah terkena kotoran atau debu.
  • Dengan adanya packaging ini membuat makanan menjadi lebih menarik.
  • Mempermudah konsumen saat membeli poduk, apabila makanan tersebut tidak dinikmati di tempat.
  • Berfungsi sebagai pemasaran produk. Dengan packaging yang bagus akan menimbulkan citra produk, brand atau usaha menjadi meningkat.
  • Sebagai sarana promosi atau iklan.
  • Sebagai identitas produk. Dengan adanya packaging tersebut bisa menjadi sebuah sarana komunikasi dan informasi melalui label atau sticker yang ditempelkan pada packaging tersebut.

Semoga informasi bisnis tentang “meningkatkan nilai jual produk kuliner dengan packaging” ini bermanfaat dan bisa menjadi sedikit tambahan informasi tentang pentingnya packaging dalam bisnis makanan atau kuliner Anda.

Belum ada Komentar untuk "Meningkatkan Nilai Jual Produk Kuliner dengan Packaging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel