Kisah Sukses Budiyanto Darmastono dengan Bisnis Pengiriman Barang

Siapa yang tidak ingin sukses? Setiap orang pasti ingin sukses dan memiliki segalanya. Begitu pula dengan kisah sukses Budiyanto Darmastono dengan bisnis pengiriman barang yang dibangunnya. Di balik kisah suksesnya ada pengorbanan yang harus dibayar, dan ada proses berat yang harus dilakoninya, meskipun tanpa diketahui orang lain.

Diantara berbagai perusahaan jasa pengiriman, maka NCS (Nusantara Card Semesta) adalah salah satu perusahaan kurir papan atas yang semakin melejit popularitasnya. Hal ini terbukti dari operasi usahanya yang sudah tersebar di seluruh pelosok Indonesia, seperti Jabodetabek, Medan, Bandung, Palembang, Padang, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Manado, Banda Aceh, Gorontalo dan Denpasar. Bahkan NCS juga sudah mengembangkan jaringan usahanya sampai ke Singapura.

Kisah Sukses Pengusaha Budiyanto Darmastono

Siapa yang mengira diantara prestasi bisnis yang diperoleh Budiyanto ternyata terdapat sebuah pengorbanan luar biasa untuk bisa mendapatkan kesuksesan. Lulus SMA Budiyanto kemudian melanjutkan kuliahnya di UGM (Universitas Gajah Mada) di Fakultas Ekonomi Jurusan D3 Akuntansi. Setelah lulus sekitar tahun 1990, Budiyanto kemudian hijrah di Jakarta. Tidak lama kemudian, ia mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan keuangan di Dinners Club.

Kisah Sukses Budiyanto Darmastono dengan Bisnis Pengiriman Barang
Budiyanto Darmastono (Foto: insight.kontan.co.id)

Sadar gajinya tidak mencukupi untuk hidup, Budiyanto kemudian memutuskan membuka usaha sambil bekerja. Ia bahkan mendirikan perusahaan kurir dengan nama NCS (Nusantara Card Semesta) di sebuah rumah kontrakan Desember 1994.

Dua tahun kemudian, Budiyanto memutuskan untuk kekuar dari Dinners Club dan bersama istrinya mulai mengembangkan NCS. Dari sini, ambisinya menjadi seorang pebisnis tangguh semakin menggelora. Terbukti ia mulai fokus mengembangkan usaha dan melakukan pembenahan, diantaranya adalah dengan mengaplikasikan usaha dengan komputerisasi. Kejeliannya mulai menunjukkan hasil dengan pelanggan yang menggunakan jasa NCS.

Komputerisasi yang dilakukannya menjadi jalan bagai Budiyanto untuk meraih sukses. Bahkan ia berhasil menggaet beberapa perusahaan baru di sektor perbankan, asuransi, telekomunikasi hingga elektronik. Dari sini NCS terus mengalami perkembangan yang membuat pendapatannya pun semakin meningkat.

Meskipun usahanya semakin berkembang, namun tidak membuat Budiyanto puas. Ia tidak segan-segan melakukan investasi yang cukup besar. Dan pada akhirnya Budiyanto membangun infrastruktur TI yang memadai. Tidak hanya itu, ia juga membeli hardware, software dan juga biaya konsultan demi pertumbuhan NCS.

Terobosan TI ini, membuat NCS tampil beda daripada pesaing lainnya. Hal ini dibuktikan bila klien ingin mengetahui status pengiriman, NCS dengan mudah bisa mengeceknya.

Tetapi kelebihan tersebut dianggap Budiyanto masih belum cukup, akhirnya Budiyanto menggunakan strategi jitu dengan menawarkan pelayanan gratis selama satu bulan dalam lima tahun sekali. Dan tentu saja dengan strategi tersebut, NCS tumbuh dengan luar biasa.

Kesuksesan ini membuat hasrat bisnis Budiyanto semakin tertantang untuk menambah kapasitas produk dan layanannya, yang kemudian mengembangkan layanan kurir dalam negeri atau luar negeri, trucking, distribusi dan juga logistik, warehousing, hingga kargo udara dan laut.

Di bawah kendalinya, NCS tidak hanya merambah Jakarta saja, tapi juga kota-kota besar di seluruh tanah air, seperti di Aceh, Medan, Batam, Palembang, Padang, Bandung, Bengkulu, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Solo, Denpasar, Manado sampai ke Manokwari Papua.

Tips Sukses Budiyanto Darmastono

Sungguh luar biasa perjuangan seorang Budiyanto dalam meraih suksesnya. Terdapat beberapa sikap positif yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda, antara lain:

1. Memiliki sikap optimis

Setiap pengusaha harus memiliki jiwa optimis. Mereka pun harus percaya bahwa perjalanan bisnisnya akan berhasil jika optimis. Begitu pula dengan Budiyanto dalam memaknai perjalanan usahanya. Dengan sikap optimisnya, ia sukses mengembangkan NCS ke seluruh penjuru Indonesia.

2. Berambisi untuk maju

Mereka yang ambisius dalam menapaki karier, biasanya akan pantang menyerah dan pantang puas dengan hasil yang diperoleh. Biasanya mereka berani untuk masuk ke dalam tantangan dan juga melatih untuk memeras otak untuk bisa mewujudkan tekadnya.

Begitu pula dengan Budiyanto, setelah melepas jabatannya sebagai karyawan, ia semakin berambisi mengembangkan usahanya. Tidak mengherankan kini Budiyanto sukses mengibarkan NCS.

3. Pintar dalam membagi waktu.

Siapa pun tahu bahwa membagi waktu antara bekerja dan membuka usaha tentu sangat melelahkan. Namun hal ini tidak berlaku bagi Budiyanto.

Keinginannya yang kuat untuk mencari usaha sampingan di luar pekerjaannya, menuntut dirinya ekstra keras dalam membagi waktu.

4. Bekerja cerdas dan efisien

Sadar memiliki sebuah bisnis, maka sudah saatnya Anda berpikir mengubah pekerjaan atau teknologi ke arah yang lebih baik dan efisien.

Apabila Anda sudah melakukan hal tersebut dalam dunia bisnis, maka setidaknya karier Anda akan berbuah manis. Hal tersebut diyakini oleh Budiyanto, melalui kerja cerdasnya, ia mengubah sistem kerjanya dengan menggunakan teknologi komputerisasi.

5. Memberikan pelayanan excellent pada pelanggan.

Pelayanan excellent menjadi hal utama dalam industri jasa, hal ini pula yang diyakini Budiyanto. Meskipun sudah dilakukam komputerisasi, ia juga memberikan layanan gratis kepada pelanggannya. Hal ini membuat NCS semakin tumbuh dan berkembang.

Semoga informasi dan kisah sukses Budiyanto Darmastono dengan bisnis pengiriman barang ini bisa menginspirasi Anda untuk meraih impian dan sukses yang Anda impikan.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Budiyanto Darmastono dengan Bisnis Pengiriman Barang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel