Kisah Sukses Clive Calder yang Sukses dari Hobi

Setiap orang pasti memiliki caranya sendiri untuk meraih sukses, entah dengan waktu yang lambat atau cepat, semuanya pasti menemukan suksesnya. Begitu pula dengan pria yang satu ini, kecintaannya pada musik telah mengubah dirinya menjadi salah satu pengusaha sukses. Maka tidak mengherankan banyak kisah dirinya yang membuat banyak orang terinspirasi, kisah sukses Clive Calder yang sukses dari hobi, membuat banyak orang khususnya anak muda yakin bahwa menggeluti bisnis dari hobi adalah sebuah kemungkinan.

Kisah Sukses Clive Calder yang Sukses dari Hobi
Clive Calder (Foto: forbes.com)

Siapa Clive Calder ini? Dia adalah pemilik Zomba Record yang terkenal dan berhasil mengibarkan Zomba Record menjadi perusahaan rekaman terbaik yang mampu mencetak penyanyi kelas dunia.

Kisah Sukses Pengusaha Clive Calder

Clive Calder atau yang biasa dipanggil dengan nama Calder adalah sosok yang lahir pada tanggal 13 Demsember1946 di Johannesburg, Afrika Selatan. Sejak mulai remaja, Calder sudah menunjukkan kesukaannya pada dunia musik. Saat itu bahkan ia sudah memiliki band lokal ternama bersama teman-temannya.

Saat orang tuanya meninggal, Calder semakin mencintai musik, dan hal ini membuat Calder menjadikan dunia musik sebagai tempat untuk menghidupi dirinya. Calder pun mempromosikan lagu ciptaannya pada perusahan rekaman. Tidak hanya itu, Calder bahkan mampu mencari bakat seseorang yang bisa diorbitkan lewat lagu ciptannya.

Dengan kepiawaiannya dalam mencari bakat itu, Calder pun dilirik oleh perusahan rekaman besar yaitu EMI Record. Calder pun menerima tawaran EMI Record sebagai pencari bakat. Di perusahaan ini, Calder kemudiam bertemu dengan Ralph Simon, rekannya yang kelak membangun Zomba Record.

Tidak lama kemudian, Calder memutuskan untuk keluar dari EMI Record dan membuka usaha sendiri bersama Ralph Simon. Keduanya kemudian mendirikan Clive Calder Promotions pada tahun 1971, namun sayang pada tahun 1975, terjadi politik apartheid yang menghancurkan impiannya.

Untuk mewujudkan impiannya Calder kemudian pindah ke London dan membangun perusahaan baru dengan nama Zomba Record pada tahun 1975. Berbagai langkah ditempuhnya, salah satunya dengan menggaet grup disko asal Britania Raya, Village People. Keputusannya ini pun berhasil, yang sukses dengan kepopuleran Village People.

Selain itu, melalui Zomba, Calder banyak menggandeng seniman, penulis lagu dan juga berhasil merekrut grup band rock papan atas asal Ingris, Def Leppard. Dan ini menjadi langkah awal Calder meraih sukses.

Perjalanan Sukses Clive Calder

Sukses membangun Zomba Record di Inggris pada tahun 1978, Calder akhirnya melebarkan sayapnya ke Amerika Serikat. Ambisinya yang kuat dan juga fokus pada pekerjaan, membuat Calder sukses memperluas jaringan Zomba di Amerika Serikat. Bahkan dalam waktu tiga tahun, Calder bisa mendirikan Jive Record. Popularitas Jive juga sama dengan Zomba, hal ini terbukti Calder yang sukses menjalin kerjasama dengan banyak musisi rap dan hip hop.

Tujuh tahun mengibarkan Jive Record, Calder membangun kembali perusahaan rekaman dengan label Silvertone Record. Dan sepanjang sejarah, Silvertone mampu membukukan prestasi yang gemilang, hal ini terlihat dari banyaknya musisi papan atas yang menandatangani kontrak, seperti Jars of Clay, Loudon Wainwright dan masih banyak lainnya.

Maka tidak mengherankan, dari bisnis rekaman musik ini Calder bisa meraup keuntungan ratusan juta dolar. Namun sayang tidak lama kemdian, Ralph Simon rekannya memutuskan keluar dari Zomba dan merintis usaha sendiri. Sejak saat itu Calder mulai membesarkan usaha rekamnnya sendiri.

Tidak lama kemudian, Calder berani mengakuisisi Conifer Record Ltc, perusahaan distributor musik klasik terbesar di Inggris setelah sahamnya dijual sebesar 25% kepada Bertelsmann Music Group (BMG).

Setahun sesudahnya, Calder mulai merambah dunia film dan televisi, dan juga Calder membeli perusahaan musik rohani Kristen.

Saat berada di atas angin, BMG membeli saham Zomba sebesar 20%, dan hal ini tidak melemahkan ambisi Calder untuk membesarkan Zomba, justru sebaliknya, Calder semakin memperluas pilar usahanya. Dan hal ini terbukti di tahun 1998, Zomba membeli Valcano Record, dan juga membangun London Internagional Record.

Sejak saat itu, nama Clive Calder semakin melambung, bahkan banyak penyanyi muda yang lahir dari perusahaan musiknya, seprti Backstret Boys, ‘N Sync dan juga Britney Spears. Sejak saat itu pula Zomba dianggap sebagai perusahaan rekaman terbaik.

Sayang sekitar tahun 2002, Calder melepas seluruh saham Zomba ke BMG sebesar 1,2 miliar dolar. Dan hal ini membuat Calder menjadi salah satu orang terkaya di Amerika dengan total kekayaan sebesar 2,5 miliar. Dan di tahun 2007 dan 2008, majalah Forbes memposisikan Clive Calder sebagai orang terkaya ke-287 dam ke-334 sedunia.

Tips Sukses Clive Calder

Terdapat beberapa karakter positif yang membuat Clive Calder menjadi orang sukses, sebagai berikut:

1. Memiliki ambisi besar unuk maju (ambition drive)

Orang yang memiliki ambisi besar, biasanya banyak yang meraih sukses, hal ini disebabkan pola pikir mereka sejalan dengan yang mereka lakukan. Begitu juga dengan Calder, ambisinya yang kuat dalam meraih keberhasilan membuat dia semakin berjuang untuk menggapai apa yang dicita-citakannya.

2. Loyalitas tinggi dalam bekerja

Dengan memiliki karakter yang loyal sejak remaja, maka membuat Calder menjadi orang sukses yang membuat dirinya tercatat sebagai orang kaya versi majalah Forbes.

3. Fokus.

Semakin Anda berkonsenstrasi penuh pada apa yang Anda kerjakan, maka disitulah Anda akan menemukan letak kesuksesan.” Anonim.

Filosofi tersebut memiliki kesan yang sangat kental pada kehidupan Clive Calder. Ternyata fokus Calder memilih jalur bisnis musik sejak remaja, mampu mengantarkannya pada kesuksesan.

4 Tekun, gigih, serius dan rajin.

Kebanyakan orang yang gagal dalam menjalankan usaha, disebabkan kurang tekun dan kurang serius dalam menjalankan usaha. Begitu pula dengan Calder yang gigih, serius dan rajin membesarkan usahanya. Sikap ini membuat Calder sukses dalam kegiatan bisnisnya.

5. Profesional.

Pekerjaan apapun yang dilakukan Calder terbukti selalu menunjukkan kinerja terbaiknya. Meskipun ditinggal Ralph Simon, Calder masih profesional menekuni usaha.

Semoga informasi dan kisah sukses Clive Calder yang sukses dari hobi ini bisa menginspirasi Anda yang ingin sukses dari passion.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Clive Calder yang Sukses dari Hobi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel