Franchise, Cara Mudah Menjadi Seorang Pengusaha

Banyak cara untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, bisa dimulai dari hal kecil, dengan membuka warung kelontong, membuka bisnis makanan online, menjadi seorang dropshipper, atau yang paling mudah bila Anda memiliki modal yang cukup dan banyak adalah dengan membeli franchise. Maka benar kalau ada yang bilang, franchise, cara mudah menjadi seorang pengusaha.

Fraanchise adalah Cara Mudah Menjadi Pengusaha Secara Instan
Ilustrasi bisnis franchise (Gambar: mamio.jehanproduk.com)

Banyak sekali perusahaan waralaba atau franchise yang bertebaran, tentunya banyak sekali kalau kita mau melihat franchise besar yang sering kita lihat, ambil contohnya Starbucks, KFC, McDonalds, dan untuk yang lokal misalnya Indomaret, Rocket Chickens dan masih banyak franchise lainnya.

Franchise adalah Cara Mudah Menjadi Pengusaha Secara Instan 

Tentunya untuk memilih franchise terbaik, kita bisa memilih franchise asli yang sudah benar-benar teruji, contohnya McDonalds kalau dari luar negeri. Minimal usahanya sudah berjalan lima tahun atau lebih, sehingga sudah berpengalaman dibidangnya.

Selain itu, yang harus kita perhatikan lagi ada yang menggunakan konsep franchise, namun sebenarnya bukan franchise, dan biasanya disebut dengan BO atau Business Opportunity atau bisa diartikan dengan peluang bisnis.

Dan tentu saja BO ini sangat berbeda dengan franchise yang sebenarnya, BO ini biasanya belum lama teruji tapi sudah mulai kelihatan menguntungkan atau memiliki prospek yang cerah. Dan BO ini setelah wabah pandemi mereda semakin banyak dijumpai di Indonesia.

Berbicara tentang BO, maka banyak perusahan yang bisa berkembang bahkan melesat kurang dari lima tahun, mereka ini yang kemudian melihat peluang unuk mengembangkan sayap dan menjual lisensi seperti layaknya franchise.

Yang menjadi pertanyaan adalah amankah membeli lisensi BO ini? Jawabannya sangat relatif, tergantung bagaimana kita menjalankan usaha ini. Selain itu juga dipengaruhi oleh si pemberi lisensi dalam menjaga kualitas usaha yang dijalankan.

Maka membeli BO membutuhkan kerja keras untuk mengembangkannya, tetapi jangan salah juga, membeli franchise yang sudah teruji pun tidak selamanya menjamin kesuksesan usaha, dan semuanya tergantung pada kemauan dan kemampuan dalam menjalani usaha.

Terdapat keuntungan tersendiri membeli lisensi dari franchise atau BO, memang sedikit banyak kita terikat dengan fee dan royalti, namun dari segi kemudahan usaha, kita tinggal menjalankan saja. Dengan begitu kita tidak perlu memulai usaha dari nol. Dan kalau ada masalah dengan usaha, biasanya si pemberi lisensi akan membantu mencari solusi. Selain itu juga diuntungkan dengan  promosi bersama dalam satu jaringan franchise atau BO, sehingga membuat kita tidak repot mengeluarkan dana, khususnya untuk promosi.

Hal yang paling penting disini adalah kesempatan untuk belajar dengan mudah menjadi pengusaha. Hal ini dikarenakan semua sistem sudah ada dan sudah jadi, terstandar dan terukur. Sehingga kita bisa tahu dengan detail bagaimana menjalankan usaha tanpa perlu melakukan trial and eror. Bisa dikatakan dengan membeli franchise bisa menjadi pengusaha yang isntan.

Ada yang mengatakan rugi membeli lisensi franchise, sebenarnya hal ini relatif tergantung pada konsep kerjasama yang dikembangkan, biasanya kita wajib menyetor royalty fee, marketing fee dan juga menyetor sebagian pendapatan kotor ke pusat. Tentu hal ini mengurangi keuntungan, tetapi jangan khawatir, bila dibandingkan dengan trial and eror atau membuka usaha dari nol sendirian, jumlah sebagian keuntungan yang disetor sebenarnya tidaklah banyak.

Tips Sebelum Memutuskan Membeli Lisensi Franchise atau BO

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli salah satu lisensi franchise atau BO, sebagai berikut:

  1. Lihatlah riwayat usaha franchise yang akan dipilih.
  2. Tanyakan pada franchise yang sudah menjalin kerjasama tentang prospek usaha tersebut.
  3. Lihatlah prospek usaha di sekitar Anda yang masih bisa dimasuki.
  4. Lihatlah kemampuan dan minat Anda, sehingga bisa benar-enar memiliki franchise yang cocok.
  5. Pelajari dengan benar pola kerjasama yang ditawarkan.
  6. Banyaklah bertanya atau perbanyak mencari informasi sebelum memutuskan membeli hak franchise.
  7. Meskipun sistem franchise tingkat kegagalannya lebih kecil, dalam melakukan usaha harus tetap berkonsentrasi penuh agar bisa membesarkan usaha yang dikelola.

Semoga informasi dan tips tentang “franchise, cara mudah menjadi seorang pengusaha” ini bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi untuk Ada yang ingin berusaha atau berbisnis sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Franchise, Cara Mudah Menjadi Seorang Pengusaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel