Kisah Sukses Pramono Dewo yang Berawal dari Garasi

Kata siapa sukses itu turunan? Kata siapa sukses hanya milik orang kaya saja? Dalam dunia bisnis banyak hal yang bisa terjadi, bahkan dari yang tidak memiliki modal besar pun bisa memulai usaha. Sepertinya kisah sukses Pramono Dewo yang berawal dari garasi bisa memberikan inspirasi bagi kita dan semua yang ingin memulai usaha harus yakin dan memiliki tekad yang kuat bahwa sukses itu bisa diraih.

Kisah Sukses Pramono Dewo yang Berawal dari Garasi
Pramono Dewo (Foto: id.linkedin.com/pramono-dewo)

Begitu pula dengan Pramono Dewo, keyakinan dan tekad menjadi senjatanya untuk membuka bisnis, bahkan ia tidak malu menggunakan garasi sebagai lokasi awal menjalankan bisnis migas yang dirintisnya.

Kisah Sukses Pengusaha Seorang Pramono Dewo

Pramono Dewo pada awalnya adalah seorang karyawan di PT KHI Pipe Industries (Krakatau Steel Group) sekitar tahun 1992. Di perusahaan ini, kinerja Dewo sangat membanggakan, bahkan dirinya sempat menduduki sebagai senior manajer. Namun lima tahun kemudian, Dewo beralih ke PT Dara Transindo yaitu sebuah perusahaan alat-alat pengeboran (rig) dengan jabatan Vice President.

Dua tahun kemudian, pria yang lahir di Jakarta, 30 Juni 1967 ini kemudian pindah ke PT Hyundai Heavy industries, sebuah perusahaan asing dari Korea Selatan yang fokus pada pembuatan rig lepas pantai, Dewo menduduki sebagai Vice President Marketing.

Posisi yang tinggi tersebut akhirnya justru ditinggalkan, karena ia ingin membuat lapangan kerja bagi banyak orang. Yang akhirnya mendirikan PT Natura Bina Mitra yang bergerak di bidang distribusi minyak pelumas dan pipa untuk industri perminyakan dengan menyewa garasi rumah orang tuanya.

Baca juga: Kisah Sukses Wahyu Saidi Seorang Doktor yang Menjadi Pengusaha Bakmi.

Yang menakjubkan adalah belum genap dua tahun, usaha yang berawal dari garasi tersebut, kemudian bisa pindah ke sebuah ruko. Tidak puas dengan satu perusahaan, Dewo kemudian mendirikan PT Gas Petroleum Niaganusantara yang bergerak di bidang transportasi industri perminyakan. Bahkan kepiawaian Dewo dalam menjalin kerjasama dan kemampuannya menjaga kepercayaan mitra  menjadikan dirinya berhasil menempati kantor baru di Wisma Bisnis Indonesia Jakarta.

Di kantor baru, Dewo kembali mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang industri migas, yaitu PT Petromine Energy Trading (Petromine Jakarta), Petromine Energy Trading Pte Ltd (Petromine Singapore) di Singapura.

Pada akhir tahun 2005 Dewo akhirnya membentuk holding dengan nama “Djava Energy”

Pernah Gagal

Meskipun mengalami kesuksesan, siapa sangka Dewo juga pernah mengalami kegagalan. Dewo pernah gagal selama 14 kali saat menandatangani kontrak dengan perusahaan minyak asing. Tidak hanya gagal, dirinya juga pernah menanggung kerugian.

Belajar dari kegagalan tersebut, Dewo pun kembali bangkit. Bahkan tidak hanya di bidang migas, namun juga melebarkan sayapnya di bidang lainnya, sepetti perusahan musik, dengan label Dignity Musik Multikreasi dan juga menggarap usaha biro perjalanan umroh dan haji.

Tips Sukses Pramono Dewo

Bisnis tergantung dari ide, visi-misi, lalu konsep networking, kepercayaan dan daya tahan terhadap guncangan. Mau di garasi atau di kantor prestisius faktor terpentingnya sama. Jadi memulai bisnis dari garasi bukanlah hal buruk. Malah dalam hal tertentu itu bisa membuat motivasi bagi kita untuk segera mampu lebih mandiri pindah ke tempat yang lebih baik.” - Pramono Dewo

Melihat begitu gigihnya Pramono membangun bisnis dan mencapai sukses, maka di bawah ini akan disampaikan tips sukses Pramono Dewo, sebagai berikut:

1. Jalin networking.

Networking sangat penting dalam dunia pekerjaan atau pun bisnis, begitu pula dengan Pramono Dewo yang dengan kepiawaiannya sukses menjalin kerjasama dengan para mitra bisnisnya.

2. Kemampuan dalam menjaga kepercayaan.

Dengan mengandalkan modal kepercayaan, Pramono Dewo berhasil mengibarkan bendera Djava Energy ke seluruh Indonesia.

3. Komitemen pada bisnis.

Prinsip ini harus dipegang bagi Anda yang ingin fokus dalam dunia bisnis, yaitu “Jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, maka dengan sendirinya Anda akan berbuat yang terbaik untuk melakukannya, walau kegagalan dan kesulitan datang menerjang.”

4. Berani bertindak.

Yang pasti, semua kegiatan menuju puncak sukses harus diawali dengan take action. Dan jangan berpikir gagal terlebih dahulu. Malah justru sebaliknya, harus berpikir posistif untuk menggapai apa yang diinginkan.

5. Dimulai dari hal kecil.

Kunci sukses adalah memiliki kepastian dan kepercayaan yang memungkinkan untuk bisa meningkatkan diri, meski dengan melakukan hal-hal kecil lebih dulu.

Itu dia sedikit informasi dan tips tentang kisah sukses Pramono Dewo yang berawal dari garasi. Semoga menginspirasi dalam menggapai sukses yang diimpikan.

1 Komentar untuk "Kisah Sukses Pramono Dewo yang Berawal dari Garasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel