Nasi Kabsah

Apa yang Anda bayangkan tentang kuliner yang satu ini? Nasi Kabsah? Banyak yang mengira kalau nasi kabsah berasal dari Arab, namun banyak pula yang mengatakan kalau makanan ini berasal dari Timur Tengah. Terlepas dari asalnya, nasi kabsah memang terkenal enak dan gurih. Dulu pun sebagai pecinta kuliner Saya mengira sulit untuk mendapatkan sajian kuliner yang satu ini, karena jarang yang menjualnya, namun siapa yang mengira kalau saat ini dengan berkembangnya dunia kuliner di Indonesia, sudah mulai banyak yang menjajakan sajian nasi kabsah ini, mulai dari restoran sampai dengan kuliner online.

nasi-kabsah
Nasi Kabsah (Dokumentasi pribadi)

Sebagai seorang penikmat kuliner, mungkin apa yang Anda rasakan sama dengan yang Saya rsakan, saat melihat bentuk nasi ini, mungkin Anda akan menebak bahwa nasi kabsah sama dengan nasi kebuli, nasi biryani atau bahkan sama dengan nasi mandi. Ternyata jenis nasi tersebut berbeda antara satu dengan lainnya.

Nasi Kabsah adalah Menu Otentik Khas Timur Tengah

Dapat dipahami, karena keterbatasan informasi dan juga jarangnya penyajian nasi ini, maka wajar kalau masyarakat Indonesia sering menyamakan nasi kabsah ini dengan sajian nasi basmati khas Timur Tengah lainnya. Pada dasarnya di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis sajian nasi basmati, antara lain nasi mandi, nasi biryani dan nasi kabsah.

Baca juga: Sego Berkat adalah Menu Tradisional yang Gurih dan Lezat.

Perbedaan ketiga jenis nasi tersebut bukan berasal dari jenis bulir nasi, namun perbedaan tersebut berasal dari cara memasak dan rempah-rempah yang digunakan untuk memasak.

Khusus pada nasi kabsah, nasi ini memiliki warna kecoklatan yang hampir sama dengan nasi goreng kecap, yang menggunakan bumbu seperti tomat dan sedikit cabai, yang membuat rasa nasi kabsah menjadi lebih gurih dan sedikit asam, dan tidak pedas.

Nasi Kabsah Ayam 

Sebagai sajian nikmat khas Timur Tengah yng memiliki cita rasa asam dan gurih, biasanya dalam penyajiannya dipadukan dengan sajian lauk kambing atau ayam.

nasi-kabsah-ayam
Nasi kabsah ayam (Dokumentasi pribadi)

Di Indonesia sendiri dalam proses penyajiannya, banyak yang menyajikan nasi kabsah dengan lauk ayam. Sama halnya dalam proses penyajian nasi kabsah lauk kambing, maka pada lauk yang menggunakan ayam ini, maka ayam direbus  dengan bumbu tomat dan rempah khas Timur Tengah, baru kemudian ditiriskan agar kering dan tidak berkuah.

Menarik bukan? Semoga informasi kuliner tentang nasi kabsah ini bermanfat dan bisa menjadi referensi tentang sajian kuliner khas Timur Tengah di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Nasi Kabsah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel