Gorengan, Makanan Sederhana yang Selalu Jadi Favorit

Siapa yang mengira jajanan yang sering terlihat di pinggir jalan ini bisa menjadi favorit setiap orang, apalagi dengan rasanya yang gurih dan renyah.  Nama jajanan ini pun sudah sangat familier di telinga kita, bahkan saat hanya nongkrong di pinggir jalan sambil menikmati kopi dengan ditemani jajanan ini menjadi hari menjadi sangat menyenangkan. “Gorengan, makanan sederhana yang selalu jadi favorit” kali ini menjadi topik menarik untuk dibahas. Jenis jajanan ini bisa dijumpai dimana saja, mulai dari pelosok gang hingga di berbagai restoran besar banyak yang menyediakan jajanan ini untuk cemilan.

gorengan-molen-isi-kacang-hijau
Gorengan molen isi kacang hijau (Dokumentasi pribadi)

Pada dasarnya gorengan adalah sebuah sebutan atau bisa dikatakan istilah untuk menyebut makanan yang dibuat dengan mencelupkan adonan tepung yang kemudian digoreng dan direndam beberapa saat dalam minyak goreng panas yang banyak.

Gorengan Berasal Dari Tionghoa

Sebagai santapan favorit yang sering menemani di setiap waktu, gorengan sebagai jajajan merakyat memang tidak ada matinya, meskipun bahan untuk membuat gorengan harganya mulai naik, namun pecinta gorengan tetap setia menikmati gorengan sebagai jajanan favorit.

Di balik kenikmatan gorengan, ternyata gorengan bukan asli makanan Indonesia. Dalam buku A History of Food (2008) yang dikutip dari berbagai sumber, ternyata gorengan sudah ada sejak 1200 Sebelum Masehi di Mesir. Dari Mesir, kemudian gorengn ini menyebar ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia, ternyata gorengan ini diperkenalkan oleh orang Tionghoa. Bahkan tidak hanya gorengan saja, orang Tionghoa juga memperkenalkan banyak makanan, seperti bakso, mie, dan juga nasi goreng.

gorengan-berasal-dari-tionghoa
Gorengan tahu isi (Dokumentasi pribadi)

Orang Tionghoa bahkan memperkenalkan cara menggoreng, yaitu jian yang merupakan teknik menggoreng dengan sedikit minyak, dan zha yaitu teknik menggoreng dalam minyak yang banyak.

Gorengan Kekinian

Berbeda dahulu, tentunya berbeda dengan jaman sekarang. Kalau dahulu hanya dikenal beberapa jenis makanan yang disebut dengan gorengan, namun kini sudah sangat banyak variasi gorengan yang bisa dinikmati.

Baca juga: Corn Dog, Jajanan Lezat ala Drakor.

Dahulu hanya dikenal gorengan dari buah, seperti singkong goreng, pisang goreng, dan ubi goreng. Namun dengan berkembangnya variasi olahan makanan, khususnya gorengan maka gorengan semakin berkembang, hal ini bisa terlihat dengan jajajan atau gorengan kekinian yang sangat disukai anak jaman sekarang yang disebut dengan anak muda kekinian, jajanan tersebut seperti cireng yaitu adonan tepung tapioka yang digoreng dalam minyak yang banyak.

Gorengan Bakwan

Diantara pilihan jajanan yang disebut dengan gorengan, maka jajajan ini sepertinya yang memiliki banyak penggemar. Gorengan ini adalah bakwan, dalam bahasa Jawa sering disebut dengan ote-ote atau weci, di Jawa Barat disebut dengan bala-bala,  gorengan ini memiliki bentuk bulat dengan isian wortel, tiram sampai dengan daging ayam.

Gorengan-bakwan
Gorengan bakwan (Dokumentasi pribadi)

Berbicara tentang bakwan, bakwan sendiri bisa dibuat dengan berbagai macam variasi dan isi, mulai dari bakwan jagung sampai bakwan syur, semuanya enak dimakan, bahkan bisa pula dimakan bersama nasi. Tidak hanya itu saja, membuat bakwan juga terhitung mudah, hanya dibuat dengan bahan tepung terigu yang diberikan air dan bumbu, baru kemudian potongan sayur, seperti kubis, wortel, tauge atau hingga jagung manis. Semuanya enak.

Foto-foto Gorengan 

Molen goreng
Molen goreng

Aneka macam gorengan
Aneka macam gorengan

Ubi goreng dan kopi
Ubi goreng dan kopi

Itu dia sedikit informasi tentang “Gorengan, makanan sederhana yang selalu jadi favorit”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Gorengan, Makanan Sederhana yang Selalu Jadi Favorit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel