Informasi Beasiswa S2 – AMINEF

Bisa diterima pada jenjang pendidikan lebih tinggi adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Namun bagaimana bila ternyata hasrat Anda yang sangat tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 harus terhambat karena terbatasnya dana? Tenang... Meskipun kondisi yang terbatas tersebut, seharusnya tidak mematahkan semangat, karena saat ini sudah sangat banyak institusi yang menyediakan beasiswa. Informasi Beasiswa S2 –AMINEF , sengaja ingin memberikan informasi tentang peluang beasiswa yang bisa Anda raih. Tentunya, selalu terdapat update baru tentang informasi beasiswa dari AMINEF, untuk itu diharapkan Anda selalu up-date informasi terkini.

Informasi Beasiswa S2 – AMINEF
Beasiswa S2 – AMINEF (Gambar: kuliah-sabtu-minggu.com) 

Beasiswa merupakan suatu pemberian bantuan, bisa berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada  perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang akan ditempuh.

Beasiswa Kuliah S2 – AMINEF

Bagian pendidikan yayasan AMINEF (American-Indonesian Exchange Foundation) dibentuk untuk membantu pelajar Indonesia  mempersiapkan diri sebelum belajar di perguruan tinggi berakreditasi di Amerika Serikat.

Pada dasarnya AMINEF mengundang para sarjana Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti kompetisi Program Beasiswa Fulbright pada tiap tahun akademik. Diberbagai universitas terkemuka di Amerika, mereka dapat meraih gelar magister (S2).

Baca juga: Program Magister Manajemen, Jembatan Teori dan Praktek.

Beasiswa Fulbright mencakup biaya hidup, biaya kuliah, uang buku, biaya perjalanan ke dan dari Amerika serta asuransi kesehatan.

Bidang Ilmu yang Ditawarkan:

  • Kesenian: tari, seni rupa dan seni terapan, arsitektur, musik, seni teater.
  • Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora, meliputi studi keamerikaan, antropologi, sejarah kesenian, pendidikan masyarakat, penulisan kreatif, ilmu ekonomi, sejarah, hak asasi manusia, hubungan internasional (termasuk security studies), linguistik, literatur, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama (termasuk studi keislaman dan studi perbandingan agama), dan sosiologi.
  • Professional and Educational Studies. Studi-studi pendidikan dan profesional ini meliputi bisnis internasional, pendidikan (termasuk di bidang ilmu-ilmu alamiah dasar), jurnalisme, hukum, komunikasi, pemerintahan umum, tugas kemasyarakatan, pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Persyaratan:

  • Sarjana S1 dengan IPK minimal3,0 (skala 1-4).
  • Nilai TOEFL (International, Institutional atau Prediction) minimal 575.
  • Berusia di bawah 35 tahun pada tanggal penutupan pendaftaran.
  • Memiliki pekerjaan tetap dan berpengalaman minimal 24 bulan sejak lulus dari perguruan tinggi. (Prioritas diberikan kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri dan swasta, staf lembaga nirlaba dan organisasi pemerintahan).
  • Berpotensi kepemimpinan.
  • Peduli terhadap kepentingan masyarakat Indonesia dan memahami budaya antar bangsa.
  • Sesuai pendidikan siap kembali bekerja di tempat kerja semula.

Cara Melamar:

  • Menulis surat kepada AMINEF untuk memperoleh formulir pendaftaran Fulbright dengan melampirkan amplop balasan yang berprangko. Atau bisa kunjungi http://www.usembassyjakarta.org/aminef untuk men-download formulir aplikasi.
  • Mengembalikan formulir pendaftaran berikut persyaratan lengkap lainnya ke AMINEF. Termasuk lampiran fotokopi hasil tes TOEFL yang diambil dua tahun terakhir.
  • Untuk informasi pelaksnaan Institutional TOEFL, hubungi AMINEF. Tersedia pula pilihan program lainnya, seperti: Hubert H. Humprey Fellowship Program, Fulbright Doctoral Dissertation Research Grant, Fulbright Senior Research Program, Fulbright Scholar-in-Residence Program.

AMINEF:

  • Jakarta: Gedung Balai Pustaka Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720. (Hari Senin-Jumat: pukul 09.00-15.00 WIB).
  • Surabaya: International Village Building Lantai 2, Universitas Surabaya, Jalan Raya Kalirungkut, Surabaya 60293. (Hari Senin-Jumat: pukul 09.00-15.00 WIB).
  • Medan: EAS-Supported Center, Yayasan Persahabatan Indonesia-Amerika. Jalan Mansur III 1-A, Medan 20121. Website: www.usembassyjakarat.org/aminef.

Semoga Informasi Beasiswa S2 –AMINEF bermanfaat untuk Anda. Namun sebagai catatan, Anda harus meng-update informasi terkini terkait beasiswa tersebut, karena dikhawatirkan terdapat perubahan informasi termasuk cara-cara dan persyaratan pendaftaran.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Beasiswa S2 – AMINEF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel