Tips Mencegah Ancaman Radikal Bebas Bagi Wanita

Lebih baik mencegah daripada mengobati sepertinya sangat berhubungan dengan pembahasan kali ini. Tentu saja sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19, kita sudah seharusnya menjaga kesehatan, mulai dari tetap mengikuti protokol kesehatan sampai dengan menjaga kesehatan diri dan keluarga, termasuk pembahasan kali ini yang membahas tentang tips mencegah ancaman radikal bebas bagi wanita.

Tips Mencegah Ancaman Radikal Bebas Bagi Wanita
Mencegah Ancaman Radikal Bebas Bagi Wanita (Foto: monashaquaticrecreationcentre.com.au)

Mengapa wanita, kok bukan pria? Memang bisa diakui apabila dibandingkan dengan pria, wanita memang relatif lebih sedikit yang melakukan aktivitas di luar ruangan. Meskipun demikian, tidak berarti wanita tidak rentan terhadap kondisi yang bisa memicu timbulnya radikal bebas di dalam tubuh. Begitu pula dengan wanita metropolis yang banyak menjalankan pola hidup yang tidak sehat dan banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan berpendingin udara, tanpa adanya ventilasi yang memadai.

Radikal Bebas adalah Molekul yang Tidak Teroksidasi

Apakah radikal bebas itu? Radikal bebas atau bisa disebut dengan senyawa yang kehilangan elektron, bisa muncul dari proses metabolisme sehari-hari, karena aktivitas fisik yang berlebihan dan juga karena proses respirasi atau pernapasan. Selain itu, radikal bebas juga bisa muncul karena paparan dengan benda-benda yang ada di sekitar kita, seperti dari pendingin ruangan atau AC, mesin fotokopi, alkohol, asap rokok atau bisa dari makanan yang berpengawet. Tentu saja bagi wanita pekerja kantoran, risiko ini sangat besar karena minimal menghabiskan waktu 8 jam sehari dalam ruangan kantor.

Apabila radikal bebas terus terakumulasi, maka bisa saja suatu saat nanti akan muncul sebagai penyakit. Bahkan dalam jangka panjang akan muncul berbagai penyakir kronis, seperti jantung koroner atau kanker. Dan dalam jangka pendek, sel-sel imunitas akan dirusak sehingga sistem daya tahan tubuh akan menurun.

Baca juga: Tips Menerapkan Pola Makan Sehat.

Yang menakutkan sebenarnya dan hal ini masih banyak yang belum menyadari adalah dalam gedung perkantoran, radikal bebas bisa menyebabkan SBS (Sick Building Syndrome). Dalam ruangan tertutup full AC tanpa ventilasi udara yang memadai, radikal bebas yang bersumber dari printer, AC, asap rokok, vertikal blind dan lain-lain akan menimbulkan keluhan yang sering dialami seperti sakit kepala, iritasi mata, badan cepat letih, perut kembung, tenggorokan gatal, hidung berair, sulit berkonsentrasi, kulit terasa kering dan batuk kering yang tidak kunjung sembuh, banyak orang yang menganggap hal ini sebagai virus influensa belaka. Padahal keluhan tersebut adalah indikator dari SBS (Sick Building Syndrome).

Cara Mengatasi Radikal Bebas Bagi Wanita

Radikal bebas di dalam tubuh bisa dinetralisir dengan antioksidan yang dapat bersumber dari dalam tubuh, seperti superoksida dismutase, glutation peroksidase, dan katalase. Atau bisa bersumber dari luar tubuh, seperti asupan vitamin dan mineral. Golongan vitamin A, C, E, mineral Zinc dan Selenium merupakan antioksidan kuat dan mutlak dibutuhkan oleh tubuh. Kombinasi dari vitamin dan mineral ini bisa menetralisir radikal bebas di dalam tubuh sehingga gangguan kesehatan bisa dikurangi.

Semakin tinggi paparan terhadap radikal bebas maka semakin tinggi pula kebutuhan antioksidan di dalam tubuh. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ancaman radikal bebas, antara lain:

  • Menjaga pola makan yang bergizi dan sehat yang banyak mengandung vitamin, C, E, A, Zinc dan Selenium.
  • Selalu berolahraga secara rutin dan sesuai kemampuan fisik. 
  • Beristirahat yang cukup dan menghindari stress.
  • Apabila perlu konsumsilah suplemen antioksidan untuk mencukupi kebutuhan harian.

Itu dia sedikit informasi dan tips mencegah ancaman radikal bebas bagi wanita. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencegah Ancaman Radikal Bebas Bagi Wanita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel