Tips Sehat Sampai Tua

Menjadi sehat dan selalu sehat adalah hal yang sangat penting di masa pandemi seperti saat ini. Kalau dahulu, kata ‘sehat’ hanya seperti jargon belaka, namun saat ini, menjaga kesehatan seperti suatu keharusan bagi setiap individu. Banyak cara yang harus dilakukan untuk selalu sehat, mengikuti berbagai informasi dan juga tips sehat sampai tua salah satunya. Tidak hanya itu saja, namun mengikuti protokol kesehatan seperti tetap menjaga jarak, selalu menggunakan masker dan mencuci tangan menjadi kebiasaan yang harus selalu dilakukan.

Tips Sehat Sampai Tua
Sehat sampai tua (Foto: huffingtonpost)

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apa tujuan selalu menjaga kesehatan, selain untuk sehat? Kebanyakan akan menjawab bisa berumur panjang dan sehat. Tentunya terdapat beberapa hal agar bisa memiliki umur panjang dan sehat. Rahasianya terletak pada kebiasaan menjaga makanan yang baik, emosi bisa tertata dengan baik, kecerdasaan spiritual berkembang dengan baik, maka umur panjang dan sehat bisa didapatkan. Tidak percaya? Anda bisa menemukan orang dengan umur 150 tahun di Jepang.

Sehat Itu Mahal, Maka Jagalah Kesehatan

Bagaimana caranya bisa menjaga kesehatan, umur semakin bertambah ditambah bonus selalu sehat? Padahal kenyataannya di sekitar kita, begitu banyak orang yang malah semena-mena dengan dirinya sendiri, dengan cara memberi kepastian cara mati yang tidak terelakkan, seperti serangan stroke, jantung, kanker, pikun. Namun yang menyedihkan mereka pun tidak langsung mati.

Dan pada kenyataannya banyak yang menolong dengan tujuan agar tidak mati. Dan pada akhirnya harus mendekam 6 bulan di ICU, 2 tahun tidak dapat mengontrol buang air, 5 tahun tidak bisa berjalan, dan pada akhirnya lupa nama anak istri. Menyedihkan sekali.

Baca juga: Stroke di Usia Muda.

Oke, semakin menarik bukan, bahkan menurut dr Tan Shot Yen dalam uraiannya di Rubrik Konsultasi Nutrisi yang diselenggarakan Tabloid Nyata beberapa waktu lalu, yang menceritakan kisah ayah dari dr Tan, tentang berbagai aktivitas yang dilakukan sang ayah. Saat sang ayah waktu itu sudah berumur lebih dari 75-an tahun, bahkan bisa dikatakan sang ayah bisa menjadi lebih cerdas dari saat usianya 60-an tahun.

Aktivitas yang dilakukan sang ayah adalah setiap subuh , mulai dari pukul 03.00 sampai pukul 05.00, ayahnya sudah duduk di depan internet. Buku-buku yang belum beredar dipasaran sudah di download-nya sebagai e-book melalui internet. Waktu senggang yang dimiliki ayah dr Tan tersebut dipergunakan untuk membaca sebegitu banyaknya dan tebal-tebal. Bahkan dijalan tol, masih mampu tancap gas dengan gigi lima dan tidak pernah menggunakan sopir.

Berbicara tentang masa tua, yang sering kita temui adalah adanya bumbu ketakutan dan kerusakan dikarenakan tidak bisa menjaga diri. Begitu pola dengan pola hidup dan pola makan. Sering kali kita terjebak dengan kata ‘diet’. Kata diet ini sendiri malah menjerumuskan seseorang pada kondisi pantangan untuk makan sesuatu dan mulai berkenalan dengan ‘godaan’.

Kembali fokus pada pola makan, maka kita harus memahami ‘makanan orang secara alamiah’ dengan ‘makanan produk teknologi pangan’ yang lebih difokuskan untuk perputaran ekonomi.

Begitu pula saat kita didera suatu penyakit, maka penyembuhan paling sempurna hanya terjadi bila manusia kembali dilihat dan ditangani dari 3 aspek secara bersamaan, yaitu fisik, emosi dan spiritual.

Menurut dr Tan, terdapat hal-hal yang tidak bisa dilakukan seseorang secara bersamaan, namun meyakini Tuhan selalu bersama kita menjadi hal paling penting dalam proses penyembuhan seseorang.

Terdapat 3 kutipan penting yang selalu diingat pasien dr Tan, antara lain:

  • ‘Ketika kumohon Tuhan kekuatan, Ia memberiku kesulitan agar aku menjadi kuat. Ketika kumohon Tuhan kebijaksanaan, Tuhan memberiku masalah untuk kupecahkan.”
  • “Ketika kumohon Tuhan kesejahteraan, Tuhan memberiku akal untuk berpikir. Ketika kumohon Tuhan keberanian, ia memberi kondisi bahaya untuk kuatasi.”
  • "Ketika kumohon Tuhan sebuah cinta. Ia memberiku orang-orang bermasalah untuk kutolong. Ketika kumohon Tuhan bantuan, ia memberiku kesempatan. Aku tak pernah menerima apa yang kupinta, tapi aku menerima semua yang kubutuhkan."

Semoga informasi dan tips sehat sampai tua tersebut di atas bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda tentang arti pentingnya hidup sehat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat Sampai Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel