Tips Mencegah Osteoporosis

Sepertinya dalam masa-masa kini semua orang membutuhkan informasi dan tips kesehatan. Apalagi sejak didengungkannya jargon bahwa kesehatan merupakan investasi yang sangat mahal. Bayangkan saja biaya pengobatan untuk penyakit ringan saja harus ditebuas dengan biaya yang tidak sedikit, bahkan saat seseorang mengalami sakit di kaki, yang setelah didiagnosis terkena osteoporosis itu saja sudah membuat kekhawatira bagi dia yang terkena osteoporosis tersebut. Wajar pada akhirnya banyak orang mencari berbagai tips sehat, termasuk tips mencegah osteoporosis.

tips mencegah osteoporosis
Tips mencegah osteoporosis (Foto: healze)

Bahkan pada tanggal 23 Oktober 2021 yang diperingati sebagai Hari Gerakan Osteoporosis yang dihadiri Wakil Preside RI, yaitu Bapak Ma’ruf Amin, juga menyampaikan bahwa berdasarkan data dari WHO dan IOF (Internatonal Osteoporosis Foundation), tecatat lebih dari 200 juta orang penderita osteoporosis. Di Indonesia sendiri masalah osteoporosis termasuk masalah penting yang harus ditangani dengan serius, apalagi penyakit ini bisa mengancam siapa saja, mulai dari perempuan, laki-laki, lansia bahkan mereka yang masih muda.

Osteoporosis adalah Penyakit Pada Tulang Karena Kekurangan Kalsium

Osteoporosis merupakan penyakit yang dicirikan  dengan mulai menurunnya masa tulang dan kemunduran struktural jaringan tulang yang pada akhirnya menjadikan tulang rapuh. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka pengeroposan akan berlanjut sampai tulang menjadi patah.

Yang harus diketahui adalah sekitar 99% dari keseluruhan Kalsium tubuh berada pada tulang dan gigi, dan sekitar 1%-nya  terdapat di darah dan jaringan lunak. Maka apabila kadar Kalsium darah turun hingga di bawah normal, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang untuk menutupi kekurangan tersebut.

Baca juga: Tips Agar Tidak Cedera Lutut Saat Berolahraga.

Tentunya dengan bertambahnya usia, keseimbangan sistem akan mulai terganggu, yang menyebabkan tulang kehilangan Kalsium lebih cepat dibanding kemampuannya untuk mengisi kembali. Pada wanita pasca menopause, keseimbangan Kalsium menjadi berkurang dengan tingkat 2 kali lipat dibanding sebelum menopause.

Pada masa menopause terjadi penurunan kadar hormon estrogen, dimana hormon ini adalah salah satu faktor penting dalam mencegah hilangnya kalsium tulang. 

Osteoporosis Dapat Kita Hindari dengan Mengonsumsi Suplemen Kalsium, Magnesium dan Vitamin D

Tentunya mendengar teman, saudara atau bahkan keluarga divonis terkena osteoporosis pasti akan menyebabkan hati gelisah, untuk kita yang belum terkena osteoporosis yang bisa dilakukan adalah melakukan langkah “pencegahan”. Karena bila tulang sudah mengalami osteoporosis maka yang bisa dilakukan hanya menjaganya agar tidak bertambah parah.

Terdapat beberapa pencegahan yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Dengan cara umum.
  • Farmakoterapi.
  • Fisoterapi.
  • Pembedahan.

Pada cara farmakoterapi dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen Kalsium, Magnesium dan Vitamin D. Namun, apabila terdapat rasa nyeri biasanya akan diberikan obat-obatan pengurang rasa nyeri. Yang paling penting adalah jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan, karena bisa memberikan efek samping, seperti nyeri lambung, mual, sakit kepala, dan juga gangguan fungsi hati.

Semoga tips mencegah osteoporosis  tersebut di atas bermanfaat dan bisa menjadi sumber referensi untuk Anda dalam menjaga kesehatan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencegah Osteoporosis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel