Pompa Bensin yang Serba Ada di Amerika

Asal usul dan berbagai cerita memang menarik untuk dibahas, salah satunya adalah tentang pompa bensin yang serba ada di Amerika. Beda di Amerika berbeda pula dengan di Indonesia, saat ini pom bensin yang merupakan singkatan dari pompa bensin ini lebih dikenal dengan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang saat ini sangat mudah ditemui. Hal ini yang membedakannya dengan jaman dahulu saat baru ditemukan mobil untuk pertama kalinya.

Berbeda dengan di luar negeri, dengan berkembangnya teknologi, SPBU yang ada disana tidak hanya melayani pengisian bahan bakar dalam bentuk bensin, namun juga untuk pengisian daya untuk kendaraan motor listrik.

Pom Bensin Serba Ada di Amerika

Siapa yang mengira pom bensin yang ada di Amerika yang saat ini sudah sangat bagus, ternyata dulunya adalah toko serba ada. Hal ini disebabkan saat itu jumlah kuda yang ada masih lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah mobil, sehingga bisa dipastikan orang-orang saat itu belum terlalu membutuhkan pompa bensin. Saat itu bensin bahkan bisa dibeli di toko-toko serba ada atau bahkan toko material yang menjual bahan kimia.

Pompa Bensin yang Serba Ada di Amerika;Pom Bensin Serba Ada di Amerika;
Foto: cntraveler.

Menurut informasi, pada awal tahun 1900-an, jumlah kuda yang ada di Amerika Serikat saat itu diperkirakan sebanyak 20 juta ekor, dan mobil yang ada hanya 4000 saja. Namun jangan salah, tidak menunggu waktu lama, yaitu sekitar tahun 1905 tercatat 25.000 mobil sudah diproduksi di Amerika Serikat.

Melihat adanya peluang tersebut, John McClean, seorang Manajer Penjualan dari Standard Oil Co, yaitu perusahaan yang menjadi cikal bakal Chevron di Seattle, kemudian membuat pompa bensin sederhana, dengan kapasitas tangki 30 galon, yang kemudian disambung dengan selang dan diberikan gelas ukur pada ujungnya. Ini dia yang menjadi pompa bensin yang pertama di dunia beratapkan kanvas,dan tersedia jalur kendaraan, dan juga meteran untuk mengetahui jumlah BBM yang terjual.

Baca juga: Koka Kola dan Asal-usul Coca-Cola.

Pada awalnya Pemerintah khawatir dengan keberadaan pompa bensin ini, karena ditakutkan akan terjadi kebakaran. Namun, pada kenyataannya masyarakat menyukai pompa bensin model ini, hal ini bisa dibuktikan dengan jumlahnya yang semakin bertambah. Bahkan pompa bensin yang dikelola Standard Oil Co berjumlah 34 unit pada tahun 1914, 218 unit pada tahun 1919 dan bertambah menjadi 700 unit pada tahun 1923. Sebenarnya selain Standard Oil Co, juga terdapat tiga perusahaan yang ikut masuk dalam bisnis ini.

Pada dasarnya bisnis pompa bensin ini semakin berkembang pesat, karena mereka tidak hanya menawarkan bensin saja, namun pada setiap pom bensin tersedia berbagai fasilitas, seperti ruang untuk istirahat, air minum dingin, toilet, pembersihan karburator, pemeriksaan oli, tempat mengisi agin, termasuk juga toko serba ada. Pada akhirnya hal tersebut menjadikan para pemilik mobil berani untuk melakukan perjalanan jaraj jauh.

Dalam beberapa waktu kemudian, pompa bensin pun menjadi persaingan bisnis yang ketat. Hal ini menjadikan pompa bensin berusaha memberikan daya tarik tersendiri dengan ciri khasnya masing-masing.

Pada tahun 1960-an pompa bensin sudah berkembang dan berubah menjadi semakin bagus, pada umumnya sudah berbentuk seperti swalayan. Para pembeli membayar dengan jumlah yang diinginkan kemudian mengisi sendiri bahan bakar kendraannya. Pada dasarnya cara ini sudah ada pada tahun 1930-an, namun sempat hilang, baru muncul kembali karena alasan praktis dalam proses pengisian bahan bakar.

Itu dia sedikit informasi tentang pompa bensin yang serba ada di Amerika, semoga bisa menjadi referensi untuk Anda dan menambah pengetahuan kita secara umum.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pompa Bensin yang Serba Ada di Amerika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel