Lidah Buaya dan Khasiatnya

Satu lagi bahan alami yang memiliki banyak manfaat, selain biasa ditanam untuk memperindah dan mempercantik taman di rumah, ternyata tanaman yang satu ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Lidah buaya atau biasa disebut dengan ‘aloe vera’ adalah tanaman yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Lidah buaya yang dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi ini diduga berasal dari Kepulauan Canary di sebelah barat Afrika. Dengan kandungan yang dimilikinya, maka sangat wajar lidah buaya dan khasiatnya banyak dibahas di berbagai forum dan juga media.

Lidah Buaya dan Khasiatnya
Foto: thrivenaija.

Dalam buku Egyptian Book of Remedis, sempat disampaikan bahwa pada zaman Cleopatra, lidah buaya telah digunakan sebagai bahan kosmetika dan juga pelembab kulit. Selain orang Mesir, orang Yunani juga memanfaatkan lidah buaya sebagai tanaman penyembuh segala macam oenyakit.

Lidah Buaya Manfaat dan Khasiatnya

Sebagai jenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu, lidah buaya ternyata memiliki banyak kegunaan, selain digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menjaga kesehatan kardiovaskuler, sebagai penyubur rambut dan masih banyak kegunaan lainnya.

Selain manfaat yang disampaikan di atas, ternyata lidah buaya memiliki manfaat, sebagai pencahar usus dan pelancar BAB (buang air besar). Karena lidah buaya merupakan astringent yang berfungsi untuk mengencangkan otot, dan juga memiliki efek pencahar yang baik, karena bisa mengusir kotoran yang telah terkumpul dalam usus besar.

Baca juga: Daun Katu dan Manfaatnya.

Saat ini untuk bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk dikonsumsi, Anda sekarang tidak perlu repot dengan mengambilnya di alam dan mengolahnya sendiri, karena saat ini sudah ada produk olahan lidah buaya yang memiliki khasiat untuk membantu memelihara kesehatan dan fungsi pencernaan dan juga membantu melancarkan buang air besar tanpa adanya efek melilit yang mengganggu. Bahkan tidak hanya itu, untuk Anda yang menjalani diet gula, saat ini sudah disediakan olahan yang mengandung pemanis buatan Sukralosa, yaitu pemanis buatan tanpa kalori. Selain itu, Sukralosa tidak memiliki efek pada metabolisme karbohidrat, kontrol glukosa darah dalam jangka pendek dan panjang, atau pun pelepasan insulin.

Itu dia sediki informasi lidah buaya dan khasiatnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang mencari bahan alami sehat untuk Anda dan keluarga.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Lidah Buaya dan Khasiatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel