Pare dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran ini, apalagi untuk Anda yang senang dengan jajanan siomay khas Bandung? Pare, jenis sayuran ini sangat dikenal karena rasanya yang pahit, tidak hanya terkenal di Indonesia, jenis sayuran ini juga sangat terkenal di Asia Tenggara. Rasanya yang pahit, menjadikan banyak orang yang menghindari untuk mengonsumsinya. Padahal jenis sayuran ini banyak memiliki manfaat. Untuk itu, sedikit tulisan di bawah ini tentang pare dan manfaatnya untuk kesehatan, semoga bisa memberikan sedikit informasi untuk Anda sehingga Anda bisa mencoba sayuran yang kaya manfaat ini.

Pare dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Pare (Foto: outcomereference.com)

Pare adalah jenis sayuran yang memiliki nama latin, Momordica Charantia, yaitu jenis tanaman yang masih satu keluarga dengan sayuran mentimun (Cucurbitaceae). Pare ini biasanya tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia.

Sayur Pare Berfungsi untuk Kesehatan Tubuh, Meski Rasanya Pahit

Dibalik rasanya yang pahit, siapa yang mengira kalau jenis tanaman sayuran ini memiliki banyak manfaat, bahkan National Nutrient Data Base, menyebutkan bahwa jenis sayuran pare ini adalah sayuran yang kaya nutrisi, seperti folat, niacin, vitamin A, vitamin C, Rhiboflavin, asam pantotent, thiamin, dan juga pyridoxine. Selain itu, pare juga bisa menjadi sumber energi, karbohidrat, protein dan juga serat.

Menurut Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt dalam Tabloid Nyata, pare memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, antara lain:

  • Mencegah kegemukan.
  • Sebagai Anti Kanker.

Baca juga: Serat untuk Kesehatan Tubuh.

  • Mencegah kegemukan.

Bertambahnya berat badan dan penumpukan lemak di perut biasanya menjadi tanda awal obesitas atau kegemukan. Bahkan saat ini, obesitas meningkat dan cenderung mengkhawatirkan. Karena orang gemuk bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti kolesterol, diabetes, dan banyak lagi penyakit lainnya.

Penyakit tersebut memiliki peluang yang memicu terjadinya gangguan pada pembuluh darah, sehingga obesitas menyebabkan peluang komplikasi gangguan kardiovaskuler. Untuk itu, terdapat solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan pare yang memiliki khasiat sebagai penurun berat badan.

Dari berbagai riset, pare membantu untuk membakar lemak pada jaringan tubuh. Selain itu, pare juga membantu menurunkan kadar kolesterol, lemak jahat dan trigliserida.

  • Sebagai Anti Kanker.

Pare memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan, karena mengandung banyak vitamin A, vitamin B dan vitamin C, serta berbagai mineral, seperti zat besi, kalsium, dan tembaga. Bahkan kandungan beta karoten yang menjadikan pare memiliki khasiat sebagai antioksidan, dan mampu mencegah terjadinya pembentukan kanker di dalam tubuh.

Untuk Anda yang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit, rasa pahit ini bisa saja sedikit dihilangkan tanpa menghilangkan zat aktif didalamnya.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengupas dan membelah pare, kemudian buang bijinya, dan lumuri pare dengan garam. Khasiat pare pasti mengalami penurunan, hal ini bisa disiasati dngan mengonsumsinya sesering mungkin.

Yang perlu menjadi perhatian:

Khasiat pare memang bagus dan menjanjikan. Namun agar berhasil, maka Anda harus memastikan pola makan telah diatur, khususnya dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Selain itu, hentikan mengonsumsi daging secara berlebihan, gorengan, gula dan juga junk food.

Itu dia sedikit infotmasi tentang pare dan manfaatnya untuk kesehatan, semoga bisa memberikan sedikit informasi untuk Anda sehingga Anda bisa mencoba sayuran yang kaya manfaat ini, apalagi dengan manfaat pare yang telah terbukti sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan juga berpotensi untuk mengurangi risiko beragam penyakit.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pare dan Manfaatnya untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel