Tips Memilih dan Merawat Kipas Angin Gantung

Tips Memilih dan Merawat Kipas Angin Gantung - Kebutuhan rasa nyaman di rumah adalah suatu hal yang penting dan menjadi hal utama agar para penghuni rumah selalu betah. Oleh karena itu, dibutuhkan alat yang bisa membuat rumah menjadi sejuk, namun tidak semua keluarga termasuk semua rumah bisa dipasang dengan mesin pendingin, seperti AC, bisa dikarenakan tegangan listrik yang terpasang belum mencukupi atau kekhawatiran dengan pemasangan AC akan membutuhkan biaya besar atas listrik. Untuk itu agar rumah terasa sejuk memasang kipas angin khususnya kipas angin gantung menjadi solusi yang bisa dilakukan.

Kehadiran kipas angin gantung atau bahasa kerennya “ceiling fan” menjadi salah satu solusi untuk mengusir hawa panas di dalam rumah. Modelnya yang beragam dan nilai estetis yang dimiliki kipas angin gantung menjadikan banyak orang masih melirik keberadaan kipas angin gantung ini.

Cara Memilih Kipas Angin Gantung

Salah satu cara untuk membuat nyaman di rumah adalah dengan memasang kipas angin gantung di rumah untuk bisa mengusir rasa gerah dan membuat rumah dalam keadaan sejuk apalagi saat suhu panas.

Cara Memilih Kipas Angin Gantung
Foto: eltatrade.

Kipas angin gantung atau biasa disebut dengan kipas angin langit-langit ini, menjadi sangat berguna saat musim panas atau musim kemarau berlangsung. Yang menarik, selain berfungsi sebagai alat pendingin, kipas angin gantung yang dipasang di langit-langit rumah dengan model kekinian atau modern bisa mempercantik tampilan ruang di rumah.

Baca juga: Tips Memilih AC yang Tepat.

Untuk bisa mendapatkan kipas angin gantung yang sesuai, maka jangan sembarang dalam memilih kipas angin gantung. Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat akan memilih kipas angin gantung, antara lain:

  1. Perhatikan ukuran ruang tempat kipas angin gantung akan dipasang, kipas angin gantung yang dipilih tersebut jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu kecil, karena bisa merusak keindahan ruang. Demi keamanan letakkan kipas angin gantung paling tidak 2,5 meter dari lantai.
  2. Pilihlah warna dan model yang sesuai dengan tema ruang. Hal ini dimaksudkan agar selain bisa memperoleh kesejukan, alat tersebut bisa sebagai penghias ruangan. Apalagi saat ini sudah banyak tersedia berbagai pilihan warna dan model.
  3. Sebelum kipas angin gantung terpasang, pastikan alat ini memiliki dudukan yang kuat. Jangan sampai salah dalam memasang, menjadikan keselamatan keluarga menjadi taruhannya, oleh karena itu jangan malu untuk meminta bantuan mereka yang sudah ahli dalam memasang alat ini. Letakkan kipas angin gantung ini ditengah-tengah, hal ini akan membuat ruangan menjadi lebih harmonis, dan juga aliran udara bisa tersebar dengan merata.

Cara Merawat Kipas Angin Gantung

Setelah memilih kipas angin gantung dan memasangnya, maka langkah selanjutnya adalah menikmati hasil dari pemasangan kipas angin gantung tersebut. Namun, yang perlu diperhatikan setelah kipas angin gantung terpasang adalah perawatan at s kipas angina gantung tersebut. 

Cara merawat kipas angin gantung, sebagai berikut:

  1. Merawat kipas angin gantung tersebut dengan membesihkannya secara rutin. Anda bisa menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi untuk membersihkan baling-baling dari debu dan kotoran. Kemudian keringkan baling-baling dengan kain yang lembut pula.
  2. Untuk baling-baling yang terbuat dari besi, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Lakukan cara ini paling tidak setiap dua bulan sekali, namun Anda juga bisa membersihkan baling-baling dengan bulu ayam setiap harinya.
  3. Hal yang harus diperhatikan saat membersihkan kipas angin gantung adalah jangan menggunakan dan menyemprotkan cairan apa pun ke dalam motor kipas angin gantung. Pada bagian motor ini, Anda bisa menggunakan blower untuk membersihkan debu dari dalam motor kipas angin gantung.

Itu dia sedikit informasi dan tips memilih dan merawat kipas angin gantung, semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih dan Merawat Kipas Angin Gantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel