Parental Control Software untuk Anak

Dunia digital memang luar biasa, saking luar biasanya membuat informasi sangat cepat didapatkan, begitu pula di masa pandemi Covoid-19 yang menuntut setiap orang untuk menjaga prokes (protokol kesehatan). Bahkan baru-baru ini, saat meledaknya wabah ini yang menuntut para pekerja dan anak-anak sekolah untuk melakukannya di rumah. Bagi Anda, orang tua yang biasanya membatasi penggunaan gadget, saat ini terpaksa harus memberikan peralatan ini, hal ini disebabkan penggunaan gadget untuk kepentingan sekolah secara online. Namun, agar anak tidak menyalahgunakan gadget tersebut, maka dibutuhkan software atau aplikasi yang mencegah hal negatif, salah satunya dengan menggunakan “Parental Control Software” untuk anak.

Parental Control Software untuk Anak
Foto: xyspy.

Dahulu sebelum teknologi informasi berkembang dengan cepat, saat ditemukannya internet pada tahun 1964, teknologi informasi saat itu saja sudah sangat membantu untuk bisa memberikan informasi yang bisa didapatkan secara cepat. Namun, dengan akses yang didapatkan tersebut, tidak jarang terdapat dampak negatif dengan berbagai tampilannya, khususnya bagi anak-anak di bawah umur.

Menggunakan Parental Control Software 

Saat ini kebingungan dan ketakutan orang tua dan para pengajar tentang efek negatif internet, apalagi atas situs yang mengandung unsur kekerasan, obat-obatan, judi, peggunaan senjata, khususnya unsur pornografi yang harus dihindari anak-anak rasanya akan terpecahkan, yaitu dengan cara:

  • Untuk saat ini, bagi Anda yang masih menggunakan Microsoft internet explorer, bisa dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan Microsofit, yaitu fasilitas internet option untuk mencegah anak mengakses ke situs yang memiliki dampak negatif pada dirinya.
  • Langkah kedua dengan memasang Parental Control Software di dalam computer.

Parental Control Software merupakan perangkat atau aplikasi yang memungkinkan orang tua bisa memonitor aktivitas anak pada komputer. Yang menarik adalah alat ini bisa membatasi informasi yang boleh dan juga tidak boleh diakses sesuai dengan pilihan Anda sebagai orang tua, dengan hal ini akan mengurangi kekhawatiran atas efek buruk internet pada anak.

Baca juga: Tips Menggunakan Internet: Mencegah Pencurian Identitas di Internet.

Cara mendapatkan perangkat parental control software, antara lain:

  • Dari internet, dengan cara mendowlnloadnya secara gratis atau bisa dengan membelinya. Terdapat 4 versi yang akan Anda temukan, yaitu versi retail, versi demo (ini merupakan versi demontrasi dari versi asli), versi shareware (Anda diperkenankan untuk menggunakan program tersebut secara gratis dalam masa waktu pemakaian) dan juga freeware (yaitu perangkat lunak yang didistribusikan secara gratis oleh pembuatnya).
  • Selain berbagai versi tersebut, Anda bisa membuka situs yang menyediakan aplikasi parental control ini, antara lain www.chibrow.com dan www. we-blocker.com.
  • Selain berbagai situs tersebut, bisa juga menambahkan aplikasi tambahan, seperti kids place, mobicip safe browser dan berbagai apikasi lainnya.

Untuk bisa mendapatkan perangkat tersebut sebenarnya sangat mudah, hal ini tergantung dari dana dan fitur yang ingin Anda dapatkan dalam aplikasi tersebut, karena masing-masing program dan aplikasi memiliki kelebihan masing-masing.

Sampai saat ini Parental Control Software untuk anak ini menjadi langkah yang sangat efektif untuk membatasi akses internet yang Anda curigai memiliki efek negatif. Meskipun saat ini Menkominfo juga membatasi berbagai situs negatif, namun keberadaan parental control software masih cukup membantu. Selain itu, hal utama yang paling penting adalah bagaimana memberikan bimbingan dan arahan agar anak bertanggung jawab, mandiri dan bisa memilhh dan memilih mana program dan situs yang positif dan bermanfaat dan mana yang harus dihindari yaitu situs negatif dan tidak bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Parental Control Software untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel