Tips Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan wajib dilakukan semua orang, baik pria atau pun wanita. Satu hal yang harus dilakukan setelah selesai melakukan aktivitas adalah membersihkan wajah, bukan hanya demi kecantikan saja, namun membersihkan wajah secara rutin juga harus dilakukan khususnya untuk menjaga kesehatan. Tertarik dengan ide tersebut, maka di bawah ini akan disampaikan tips membersihkan wajah yang bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya Anda para wanita. Apalagi membersihkan wajah menjadi hal yang harus dilakukan untuk menghindari dari berbagai masalah kulit muka, seperti jerawat, komedo dan berbagai masalah kulit di wajah.

Tips Membersihkan Wajah
Membersihkan wajah (Foto: pasquasouthmedicalaesthetics)

Selain baik untuk wajah, mencuci wajah bisa memberikan efek berbeda bagi penampilan wajah. Namun selain harus sering dilakukan, terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membersihkan wajah. Tentunya dengan mengetahui kesalahan saat membersihkan wajah, Anda bisa menghindarinya dan bisa melakukan membersihkan wajah dengan cara dan teknik yang benar.

Kesalahan yang Dilakukan Saat Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas sehari penuh, tentunya harus dan wajib dilakukan, agar kulit bisa bebas bernapas saat tidur malam. Terinspirasi dari hal tersebut dan juga mengutip dari Tabloid Nyata, maka berikut ini akan disampaikan kesalahan dalam membersihkan wajah.

Kesalahan yang harus dihindari saat membersihkan wajah, antara lain:

  1. Tidak membersihkan make up.
  2. Menggunakan air yang terlalu panas atau dingin.
  3. Terlalu sering atau malah jarang dalam mencuci wajah.
  4. Kurang bersih dalam membilas wajah.
  5. Terlalu sering menggunakan scrub.
  6. Tidak pernah menggunakan scrub.
  7. Terlalu lama dan kuat saat melakukan scrubbing.
  8. Menggunakan lap atau spons kotor.
  9. Menggunakan tangan kotor.
  10. Salah dalam memilih produk pembersih wajah.
  11. Salah dalam menerapkan pembersih wajah.
  12. Tidak membersihkan wajah pada pagi hari.
  13. Menggosok saat mengeringkan wajah.
  14. Tidak mengoleskan pelembab.
  15. Hanya mengandalkan tisu basah.

              Baca juga: Tips Agar Tidak Keriput.

              1. Tidak membersihkan make up.

              Pada umumnya sangat sering kita lihat, banyak yang langsung mencuci wajah tanpa membersihkan make up terlebih dahhulu setelah melakukan aktivitas. Padahal langsung mencuci wajah tidak bisa mengangkat sisa-sisa make up. Oleh karena itu, bersihkan sisa-sisa make up dan kotoran yang melekat lebih dahulu sebelum mencuci wajah.

              2. Menggunakan air yang terlalu panas atau dingin.

              Sering kali mencuci wajah dilakukan dengan menggunakan air panas untuk membuka pori-pori yang kemudian menutupnya dengan menggunakan air dingin. Cara ini memang diharapkan bisa mengoptimalkan proses pembersihan wajah. Namun nyatanya pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup. Air panas bisa melebarkan pembuluh darah yang menjadikan kulit merah, khususnya pada wajah yang berjerawat. Selain itu, air panas bisa menjadikan kulit menjadi kering. Sehingga yang paling baik adalah mencuci wajah dengan menggunakan air hangat atau air yang suam-suam kuku.

              3. Terlalu sering atau malah jarang dalam mencuci wajah.

              Seberapa seringkah Anda dalam mencuci wajah? Namun secara umum untuk mencuci wajah bisa dilakukan setidaknya sehari sekali untuk menghilangkan sisa-sisa make up dan kotoran karena polusi. Jangan terlalu sering untuk mencuci wajah karena akan membuat kulit menjadi iritasi dan bisa memproduksi banyak minyak. Apabila tidak memakai tabir surya, make up atau sedang berkeringat, tidak perlu mencuci wajah pada malam hari. Cukup dengan membilas wajah dengan air hangat, hal ini akan mengistirahatkan kulit dari sabun. Namun, untuk kulit sensitive atau kulit yang kering cukup dilakukan cuci wajah sehari satu kali dan hanya dengan menggunakan hydrosol pada pagi hari, dan bukan dengan menggunakan sabun wajah.

              4. Kurang bersih dalam membilas wajah.

              Bahan deterjen dalam pembersih atau sabun wajah yang masih tertinggal bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Oleh karena itu, pastikan selalu untuk membilas kuit wajah sampai benar-benar bersih agar tidak ada deterjen yang masih tertinggal pada kulit wajah.

              5. Terlalu sering menggunakan scrub.

              Scrub memang sangat dibutuhkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit selalu dalam keadaan sehat.  Namun, apabila terlalu sering menggunakan scrub bisa mengakibatkan radang dan iritasi. Oleh karena itu, cukup gunakan scrub 1 sampai 2 kali dalam satu minggu.

              6. Tidak pernah menggunakan scrub

              Terlalu sering menggunakn scrub juga tidak bagus untuk kulit, begitu pula sebaliknya, tidak pernah menggunakan scrub juga bisa berdampak tidak baik untuk kulit. Tidak pernah menggunakan scrub bisa mengakibatkan sel-sel kulit menumpuk sehingga wajah menjadi kusam. Apabila kulit mengalami dehidrasi dan rentan atas pembentukan sel-sel kulit mati, maka proses pengelupasan kulit akan membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan juga kulit bisa menjadi lebih halus. Kulit yang mengalami pengelupasan juga bisa menyerap pelembab lebih baik, hal ini dikarenakan tidak adanya sel kulit mati yang menjadi penghalang.

              7. Terlalu lama dan kuat saat melakukan scrubbing.

              Ternyata lama atau waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan wajah tidak memiliki hubungan dalam membersihkan wajah. Alangkah sebaiknya waktu yang dilakukan untuk melakukan scrubbing adalah 20 sampai 30 detik. Melakukannya lebih dari yang disampaikan tersebut, malah bisa berdampak buruk pada kulit yaitu bisa mengakibatkan iritasi. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu kuat menekan saat menggunakan scrub, karena akan mengakibatkan kulit menjadi hipersensitif. Yang perlu dilakukan hanya dengan mengoleskan secara lembut dan efektif, yaitu dengan cara mengoleskannya dengan gerakan melingkar dan lembut menggunakan jari.

              8. Menggunakan lap atau spons kotor.

              Ini yang harus dihindari saat membersihkan wajah yaitu menggunakan lap atau spons kotor untuk membersihkan wajah. Hal ini dikarenakan lap dan spons menyimpan banyak mikroba yang bisa berdampak buruk pada kulit, apalagi kalau terdapat luka terbuka pada kulit.

              9. Menggunakan tangan kotor.

              Ternyata membersihkan wajah dengan tangan yang kotor bisa berefek negatif pada kulit. Apalagi kalau terjadi luka yang terbuka atau timbul jerawat pada kulit. Oleh karena itu, pastikanlah tangan Anda tidak kotor saat sedang membersihkan wajah.

              10. Salah dalam memilih produk pembersih wajah.

              Di pasaran sangat banyak sekali jenis dan ragam pembersih wajah, namun sayangnya banyak sekali yang masih belum memahami produk pembersih wajah, apalagi yang sesuai dengan jenis kulitnya, dan yang menjadi persoalan adalah hanya asal dalam menggunakan produk pembersih wajah. Oleh karena itu, pilihlah produk pembersih wajah yang bisa menghapus sisa make-up, minyak berlebih dan berbagai kotoran di wajah. Mengutip informasi di Tabloid Nyata, terdapat pedoman dalam memilih produk pembersih wajah, sesuai jenis kulitnya, antara lain:

              • Untuk kulit sensitif, maka pilihlah pembersih wajah yang lembut.
              • Untuk kulit berminyak atau berjerawat, maka pilihlah pembersih wajah yang berbasis asam berbusa atau salisilat yang bisa membantu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran. Produk pembersih untuk jenis kulit ini biasanya berbentuk gel atau busa.
              • Untuk kulit normal atau kulit kering, maka pilihlah pembersih yang bisa membantu membersihkan sampai ke lapisan atas kulit dan bisa mempertahankan kelembaban kulit.

              Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah pilihlah pembersih yang bebas dari kandungan sulfat, karena terlalu keras untuk kulit dan juga yang perlu diperhatikan adalah ukuran busa yang dihasilkan, khususnya untuk memilih gel atau busa. Hindarilah juga pembersih wajah yang memiliki kandungan parabens karena diduga  bisa mengakibatkan keguguran, kanker payudara bahkan gangguan pertumbuhan pada janin.

              11. Salah dalam menerapkan pembersih wajah.

              Terdapat banyak hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan pembersih wajah. Apabila menggunakan pembersih dalam bentuk lotion, maka selalu pastikan penerapannya pada kulit yang benar-benar kering, kemudian gosok secara perlahan selama beberapa detik seperti saat mengoleskan pelembab. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi lotion untuk bisa menghancurkan minyak pada sisa-sisa make up dan kulit. Kemudian basahilah sedikit dengan ujung jari untuk membantu mengemulsikan pembersih.

              Untuk pembersih dengan bentuk busa yang lebih kuat harus masuk ke kulit dalam keadaaan basah, sehingga tidak akan menyebabkan kulit menjadi kering. Sedangkan pembersih untuk kulit berjerawat, alangkah baiknya bila dibersihkan dahulu selama satu menit sebelum dibilas. Hal ini akan memberi bahan aktif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

              12. Tidak membersihkan wajah pada pagi hari.

              Hal ini sering sekali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang beralasan, karena sudah membersihkan wajah pada malam hari, maka banyak yang tidak melakukannya pada pagi hari kemudian harinya. Dengan alasan, kulit tidak kotor karena telah dibersihkan pada malam harinya. Namun meskipun sudah dibersihkan pada malam harinya, tetap lakukan membersihkan kulit wajah pada pagi hari untuk mengangkat kotoran yang ada. Dengan begitu tabir surya dan berbagai krim lain yang telah dioleskan bisa bekerja dengan optimal.

              13. Menggosok saat mengeringkan wajah.

              Setelah selesai membersihkan wajah, jangan mengeringkan wajah dengan dengan menggosoknya menggunakan handuk, hal ini dikarenakan menggosok wajah malah bisa menghilangkan lemak, protein dan juga asam lemak yang melindungi kulit dari iritasi, yang bisa mengakibatkan kulit menjadi memerah dan bisa mengakibatkan iritasi. Oleh karena itu, langkah untuk mengeringkan wajah bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu bisa dengan menepuk-nepuk secara ringan dan tekanlah dengan lembut dengan menggunakan handuk atau lap yang lembut.

              14. Tidak mengoleskan pelembab.

              Kulit masih terasa kencang setelah dicuci? Apabila hal ini terjadi, bisa jadi hal ini disebabkan wajah tidak dioleskan pelembab dalam waktu 60 detik. Hal yang harus dipahami adalah air yang digunakan untuk membersihkan wajah akan langsung menguap, oleh karena itu segera oleskan pelembab setelah membersihkan wajah.

              15. Hanya mengandalkan tisu basah.

              Menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah, masih dianggap hal yang paling mudah dan simple, bisa diakui menggunakan tisu basah bisa untuk menghilangkan kotoran pada wajah. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan selalu atau terus menerus menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah, karena tidak akan optimal untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang melekat dan sisa-sisa make-up.

              Cara Membersihkan Wajah Secara Maksimal

              Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan wajah, agar kulit wajah tetap bersih dan sehat, antara lain:

              1. Bersihkanlah wajah dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Lakukan meskipun kulit terlihat masih bersih. Yang harus disadari adalah kotoran akan tetap ada, meskipun kulit terlihat bersih.
              2. Jangan menggunakan sabun biasa untuk membersihkan wajah. Gunakanlah sabun khusus untuk membersihkan wajah sesuai dengan jenis kulit Anda.
              3. Jangan pernah mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk untuk mandi. Hal ini disebabkan bila handuk tersebut tidak bersih, maka bakteri yang ada pada handuk akan berpindah ke wajah, yang bisa mengakibatkan munculnya gangguan pada kulit.
              4. Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat, jangan menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Temperatur yang ekstrim malah bisa mengakibatkan iritasi pada kulit dan menyebabkannya menjadi rusak.
              5. Eksfoliasi pada kulit setidaknya terjadi seminggu sekali, hal ini penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga akan tumbuh sel kulit baru yang lebih sehat, dan juga pilihlah scrub yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
              6. Bersihkan dengan lembut pada area mata, karena kulit pada area tersebut tipis dan juga lembut.

              Itu dia sedikit tips membersihkan wajah, semoga bermanfaat untuk Anda, khususnya para wanita dan remaja putri semoga bisa menjadi referensi dalam menjaga kebersihan wajah.

              Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

              Belum ada Komentar untuk "Tips Membersihkan Wajah"

              Posting Komentar

              Iklan Atas Artikel

              Iklan Tengah Artikel 1

              Iklan Tengah Artikel 2

              Iklan Bawah Artikel