Engine Stop Motor yang Fungsinya Jarang Diketahui

Sepertinya sepeda motor adalah salah satu sarana wajib yang harus dimiliki setiap rumah di Indonesia. Karena tidak mungin juga untuk pergi yang tidak terlalu jauh dengan menggunakan mobil, otomatis motor menjadi solusi untuk menempuh jarak tujuan yang tidak terlalu jauh tersebut. Namun dibalik fungsinya apalagi motor tersebut adalah motor baru, jarang sekali yang paham fungsi beberapa tombol bahkan tools yang ada pada motor tersebut. Begitu pula dengan yang akan dibahas kali ini, yaitu engine stop. Engine stop motor yang fungsinya jarang diketahui kebanyakan pengguna motor ini memang menarik untuk dibahas.

Meskipun di Indonesia sudah sangat banyak sekali sepeda motor, namun hal ini tidak menyurutkan para produsen motor, hal ini bisa ditunjukkan dengan kualitas dan inovasi produk yang diproduksinya. Hal ini bisa terlihat dari berbagai teknologi yang diusung pada berbagai motor baru dan kekinian tersebut.

Fungsi Engine Stop pada Sepeda Motor

Engine stop adalah tombol yang sudah diterapkan pada berbsgai sepeda motor keluaran terbaru yang terletak di sebelah kanan stang dan berwarna merah. Namun, meskipun sebagai tambahan fungsi untuk motor terbaru, sayangnya banyak yang tidak menyadari bahwa tombol ini memiliki fungsi yang sangat penting.

Engine Stop Motor yang Fungsinya Jarang Diketahui;Fungsi Engine Stop pada Sepeda Motor;
Engine stop motor (Foto: lexmoto.co.uk)

Kebanyakan para pengguna hanya melihat dan menganggap tombol ini sebagai satu fungsi tambahan saja, ditambah lagi para pengguna motor Indonesia sudah terbiasa dengan menggunakan kunci kontak biasa untuk menyalakan dan mematikan mesin.

Tentunya banyak yang salah kaprah antara penyebutan engine start dengan engine stop, apalagi dengan posisinya yang sama-sama di sebelah kanan stang. Engine start ini hanya berfungsi untuk menyalakan mesin, sehingga pengguna motor tidak pelru susah untuk menyalakan mesin dengan menginjak engkol motor.

Baca juga: Jenis Helm dan Kelebihannya.

Hal ini berbeda dengan engine stop yang memiliki fungsi utuk mematikan mesin, selain itu juga berfungsi untuk di saat darurat. Misalnya di tengah perjalanan menurun tiba-tiba jalan banjir dan air sudah tinggi, sehingga dikhawatirkan air bisa masuk ke knalpot. Hal ini bisa dicegah dengan mematikan mesin motor langsung dari tombol engine stop ini. Hal ini akan mengamankan mesin motor sehingga terhindar dari terhisapnya air masuk pada ruang pembakaran yang bisa menyebabkan mesin mati.

Cara Kerja Engine Stop

Berbicara tentang engine stop, tentunya tidak lepas dengan cara kerja tombol ini, yaitu dengan  menggunakan kabel engine yang dihubungkan dengan switch ignition. Dan apabila tombol tersebut ditekan, maka secara otomatis listrik akan terputus dan mesin akan berhenti bekerja.

Itu dia sedikit informasi tentang “Engine stop motor yang fungsinya jarang diketahui” kebanyakan para pengguna motor. Semoga dengan informasi ini Anda bisa membiasakan diri untuk menggunakan tombol engine stop tersebut sehingga bisa terbiasa refleks untuk menggunakannya saat darurat.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Engine Stop Motor yang Fungsinya Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel