Cara Membawa Barang di Motor

Sering terburu waktu atau kuatir terkena mcaet? Hal ini juga dirasakan semua orang, apalagi yang hidup di kota besar, dengan semakin banyak kendaraan bermotor yang lalu lalang ditambah dengan waktu mepet menjadikan Anda lebih memilih motor sebagai kendaraan altenatif dibanding menggunakan mobil. Namun, bagaimana bila kebetulan Anda membawa motor, namun juga haruas membara barang? Tentunya, pasti ada kekhawatiran untuk Anda yang tidak terbiasa membawa barang dengan menggunakan motor. Untuk itu dibawah ini akan diberian tips atau cara membawa barang di motor.

Cara Membawa Barang di Motor;
Foto: triomotor.co.id

Atau saat ini Anda ingin menggunakan suasana awal Puasa Ramadhan dan Anda ingin pulang kampung barang sejeank dengan menggunakan motor, hal ini dikarenakan adanya larangan mudik menjelang hari raya. Dengan alasan untuk menghindari macet, bentuknya yang ramping dan relatif lebih cepat sampai tujuan, ditambah dengan iritnya konsumsi BBM pada motor, menjadikan orang-orang banyak memilih menggunakan motor daripada mobil.

Cara Membawa Barang Banyak di Motor

Berbeda mobil, berbeda pula dengan motor, membawa barang dengan motor apalagi untuk perjalanan jauh, bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Hal utama yang harus diingat sebelum melakukan perjalanan dengan motor apalagi dengan membawa banyak barang bawaan adalah selalu mengutamakan keselamatan.

Baca juga: Tips Mengendarai Motor Yang Baik.

Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat mengemasi barang dan juga tidak membawa barang yang melebihi muatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan demi keselamatan diri sendiri. Berikut terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan saat mebawa barang banyak di motor, sebagai berikut:

  1. Sebelum berangkat, buatlkah daftar barang yang akan dibawa, termasuk letaknya di atas motor. Misalnya berkas atau dokumen bisa saja diletakkan di dalam saddle bag, sedangkan buku-buku bisa diletakkan di dalam kardus yang bisa ditaruh di atas jok belakang. Apalabila saddle bag tidak anti air, maka bungkus barang-barang yang akan dibawa dan masukkan ke dalam kantong plastik agar tidak basah.
  2. Periksalah petunjuk dalam buku manual untuk melihat seberapa besar beban yang bisa dibawa oleh motor, begitu pula dengan tekanan ban yang dianjurkan. Jangan sampai keinginan untuk bisa membawa barang semuanya dengan motor harus kandas karena Anda lalai memperhatikan kondisi ini. Periksa juga kondisi motor, termasuk semua bagian karena beban yang berat akan meminta performa yang lebih pada motor.
  3. Sebelum melakukan perjalanan cobalah memuat semua barang yang ada di dalam daftar barang bawaan Anda dan coba gunakan motor yang sudah dipasang barang tersebut berkeliling rumah, seperti Anda akan melakukan simulasi kendaraan. Apabila mengalami kesulitan dalam berkendara sebaiknya Anda mengatur kembali barang-barang atau kalau Anda khawatir, Anda bisa mengurangi barang-barang yang dianggap tidak terlalu penting.
  4. Pastikan pula saat mengemas barang-barang, letakkan dalam kondisi seimbang, jangan sampai terlalu berat ke kiri atau ke kanan untuk memudahkan dalam berkendara. Dianjurkan untuk tidak membawa barang bawaan terlalu over atau melebihi dari lebar badan motor karena dikhawatirkan akan menganggu stabilitas motor saat dikendarai.
  5. Pastikan dan periksa kembali ikatan yang terpasang, apakah telah dipasang dengan kuat dan benar. Demikian pula saat berhenti untuk beristirahat, periksalah kembali semua ikatan yang ada, jangan sampai ada yang longgar, apabila ada yang longgar segera kecangkan kembali.

Itu dia sedikit tips atau cara membawa barang di motor, semoga bermanfaat dan menjadi petunjuk untuk Anda dalam membawa barang-barang di motor. Jangan lupa selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan selalu memakai masker.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membawa Barang di Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel