Plat Nomor Kendaraan, antara Penting dan Maksudnya

Informasi ini mungkin bisa saja dianggap sepele, namun siapa yang menyangka kalau keberadaan benda ini menjadi sesuatu hal yang sangat penting, terutama saat berkendara di jalan raya. Bahkan Anda bisa saja terkena tilang kalau menggunakan kendaraan entah itu mobil atau sepeda motor dan kendaraan tersebut belum dipasang plat nomor. Untuk itu, pada kesempatan ini akan diberikan informasi tentang plat nomor kendaraan, antara penting dan maksudnya dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunan plat nomor pada kendaraan bermotor menunjukkan seberapa tertib seorang pengendara dalam berlalu lintas, selain menggunakan helm, dan juga melengkapi kendaraannya dengan spion dan beberapa perlengkapan lainnya. Namun sangat disayangkan, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang masih sangat tidak mengabaikan beberapa peraturan yang harus ditaati dalam berlalu lintas ini.

Plat Nomor Kendaraan Indonesia

Plat atau pelat nomor adalah sebutan singkat untuk istilah “TNKB” atau “tanda nomor kendaraan bermoto”, benda ini terbuat dari pelat aluminium yang sudah didaftarkan di Kantor Bersama Samsat. Pada intinya plat nomor kendaraan berfungsi sebagai identitas kendaraan tersebut, sehingga bisa dibedakan antara kendaraan satu dengan kendaraan lainnya, dan juga berfungsi apabila kendaraan tersebut hilang untuk memudahkan dalam mencarinya.

Plat Nomor Kendaraan, antara Penting dan Maksudnya;Plat Nomor Kendaraan Indonesia;
Plat nomor kendaraan di Indonesia (Sumber gambar: biaya.info)

Di Indonesia, plat nomor ini berbentuk potongan logam atau dari aluminium yang akan dipasang pada bagian depan dan belakang kendaraan, dengan rinciaan berupa deretan huruf angka yang menunjukkan informasi lengkap dengan masa berlakunya.

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia.

Bentuk plat nomor beserta informasinya dapat dilihat di bawah ini, sebagai berikut:

Plat Nomor Kendaraan, antara Penting dan Maksudnya;Plat Nomor Kendaraan Indonesia;
Sumber gambar: www.coversuper.com

Penjelasannya, sebagai berikut:

  • Huruf awal pada plat nomor menunjukkan kode wilayah. Pada gambar di atas dicontohkan dengan huruf B yang merupakan kode wilayah.
  • Empat nomor huruf adalah nomor polisi yang didapatkan setelah melakukan pendaftaran kendaran di SAMSAT. Pada contoh di atas ditunjukkan dengan angka 6355 yang merupakan nomor urut berdasarkan kelompok jenis kendaraan.
  • Untuk dua atau tiga huruf terakhir yang ada pada plat menujukkan kode kota. Pada contoh di atas dicontohkan dengan huruf PWZ yang berarti huruf P sebagai petunjuk kode wilayah spesifik, huruf W sebagai petunjuk jenis kendaraan dan terakhir huruf Z yang menujukkan abjad acak sebagai pembeda.

Selain itu, di Indonesia sendiri terdapat plat nomor dengan warna dan huruf yang berbeda-beda pula. Untuk warna misalnya terdapat berbagai warna seperti warna merah, hitam, kuning atau warna putih. Untuk warna bisa ditunjukkan, sebagai berikut:

  • Plat dengan warna hitam dan tulisan putih hal ini menunjukkan plat tersebut untuk kendaraan pribadi.
  • Plat dengan warna merah adalah plat yang digunakan untuk kendaraan pemerintahan.
  • Plat dengn warna kuning menunjukkan bahwa plat tersebut digunakan untuk kendaraan umum.
  • Plat dengan warna putih dan tulisan merah menunjukkan kendaraan tersebut baru dibeli dan plat tersebut hanya digunakan sebagai plat nomor sementara.

Plat Nomor Kendaraan dan Peraturannya di Indonesia

Penggunaan plat nomor diIndonesia tidak boleh digunakan sembarangan. Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 pada pasal 68, menyebutkan bahwa:

Plat nomor kendaraan wajib memuat nomor registrasi, kode wilayah, dan juga masa berlaku. Bentuk, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangan harus memenuhi aturan berlaku.

Untuk diketahui, agar terhindar dari tilang, terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sehubungan dengan plat nomor kendaraan, sebagai berikut:

  1. Warna pada plat diubah atau dengan sengaja ditutup sehingga warnanya menjadi berbeda.
  2. Ukuran plat nomor tidak mengikuti standar yang telah ditentukan.
  3. Memasang stiker seperti seorang pejabat negara.
  4. Huruf dan angka pada plat nomor diubah.
  5. Menggunakan tulisan yang tidak sesuai aturan, seperti menggunakan huruf miring atau huruf timbul.
  6. Merubah huruf atau nama sehingga berbenuik seperti nama.
  7. Menyamarkan sebagian angka atau huruf sehingga sulit dibaca.

Itu dia sedikit informasi tentang plat nomor kendaraan, antara penting dan maksudnya, semoga bermanfaat untuk Anda dan tetap selalu mematuhi peraturan lalu lintas.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Plat Nomor Kendaraan, antara Penting dan Maksudnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel