Ayam Panggang Bangi, Pedas Nikmat Kuliner Khas Kediri

Tidak ada yang lebih nikmat selain menikmati kuliner. Kuliner masih menjadi sebuah hobi yang menyenangkan, meski wabah pandemi Covid-19 masih membayangi dan menghantui kehidupan kita, namun meski masih menakutkan, kenikmatan kuliner akan menutup sementara ketakutan tersebut. Kali ini kuliner yang akan dibahas adalah sajian nikmat ayam panggang, yaitu “Ayam Pangang Bangi”, pedas nikmat kuliner khas Kediri yang selalu membuat kangen para pecinta kuliner.

Kediri sendiri sebagai salah satu daerah di Jawa Timur, selain memiliki banyak jenis wisata, seperti wisata alam dan juga wisata sejarah, juga memiliki aneka sajian kuliner yang tidak bisa dilewatkan. Begitu pula dengan sajian khas ayam panggang Bangi ini, meskipun berada di pelosok pedesaan, namun kenikmatan dan namanya menjadikan kuliner ayam panggang ini selalu menjadi tujuan kuliner, entah hanya sebagai obat penasaran atau sebagai obat kangen karena lama tidak berkunjung ke tempat kuliner ayam panggang Bangi ini.

Ayam Pangang Bangi;Ayam Pangang Bangi;
Ayam Pangang Bangi

Ayam Panggang Bangi dan Lokasinya

Sebagai sajian kuliner legendaris, tentunya tempat kuliner akan semakin berbenah, entah tempatnya atau sajian kulinernya. Begitu pula dengan kuliner Ayam Pangang Bangi ini, melihat dan membandingkan dari sajian ayam pangggangnya dari berbagai foto di internet dan sajian yang dinikmati saat ini, sepertinya bentuk sajian ayam panggangnya tidak ada yang berubah. Yang berbeda hanya tempat dan gedung yang digunakan sebagai tempat berjualan ayam pangang ini, lebih bagus dan lebih memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Lokasi tempat kuliner “Ayam Panggang Bangi” ini sesuai dengan namanya berada di Jalan Bangi, di Dusun Mbangi, Desa Woromarto, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Kediri. Atau lebih tepatnya berada di sebelah timur Jembatan Kertosono, di depan SDN Woromato 1. Yang menarik disini, meskipun lokasinya yang sangat jauh, namun tempat kuliner ini selalu ramai dan tidak pernah sepi dikunjungi para pengunjung. Tempat kuliner ini buka mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Lokasi tempat kuliner “Ayam Panggang Bangi”
Lokasi tempat kuliner “Ayam Panggang Bangi”

Untuk Anda yang datang dari Surabaya, Anda bisa memotong waktu perjalanan kalau melewati jalan tol Surabaya – Kertosono. Berikutnya Anda tinggal mengikuti arah Google Maps menuju Ayam Panggang Bangi.

Baca juga: Tempat Makan Enak di Jombang "Warung Nggeneng".

Sebagai warung legedaris, tempat kuliner ayam panggang Bangi ini sudah berdiri sejak 41 tahun yang lalu yang didirikan oleh Ibu Nafi’ah, yang pada awalnya hanya menjual sajian nasi pecel dengan lauk ayam panggang. Namun dengan berkembangnya waktu, ayam panggang menjadi menu idola dan favorit sampai saat ini.

Ayam Pangang Oven Pedas Khas Bangi

Kuliner ayam panggang memang sangat nikmat, namun kebanyakan masyarakat masih menganggap sama antara ayam pangang dengan ayam bakar. Kalau metode bakar, berarti api dari arang akan langsung menyentuh makanan yang dimasak, berbeda dengan metode panggang, pada metode ini proses memanggang biasanya dilakukan di oven, dimana api atau elemen pemanas tidak langsung menyentuh makanan. Begitu pula dengan kuliner ayam panggang Bangi ini, sangat terlihat berbeda dengan ayam panggang lainnya, pada ayam panggang ini tidak tampak warna hitam bekas dibakar dan rasa pahit karena daging menjadi arang, namun rasa nikmat karena dipanggang ditambah bumbu yang merasuk dalam daging ayam panggang tersebut.

Terdapat pilihan ayam panggang yang bisa dipilih, bisa memilih ayam panggang utuh atau hanya ayam panggang ¼ potong saja. Untuk ayam panggang rasanya tidak pedas dan bumbunya sangat nikmat. Rasa pedas sebenarnya berasal dari bumbu parutan kelapa yang diletakkan disebelah sayur urap kacang dan taoge.

Ayam Panggang Bangi
Ayam Panggang Bangi

Untuk minuman, Anda akan diberikan penawaran menu khas Bangi yaitu temu lawak yang bisa diambil sendiri di kulkas pendingin yang disediakan, namun karena sata itu belum ada selera untuk menikmati sari temu lawak,maka minuman yang dipesan hanya teh hangat dan es teh saja.

Tertarik menikmati sajian nikmat khas Bangi? Sepertinya sajian nikmat “Ayam Pangang Bangi”, pedas nikmat kuliner khas Kediri bisa menjadi pengobat kangen hobi kuliner yang selama ini harus libur karena Pandemi Covid-19. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kuliner untuk Anda yang ingin mencari sajian nikmat kuliner khas Kediri.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Ayam Panggang Bangi, Pedas Nikmat Kuliner Khas Kediri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel