Tips Bisnis: Mengurangi Risiko atas Investasi yang Dilakukan

Invetasi menjadi hal yang sangat menarik, apalagi dengan cerita keuntungan yang didapatkan yang kabarnya bisa mencapai 400%. Banyak sekali instrumen investasi yang bisa dilakukan, tentunya semuanya memerlukan ilmu dan cara agar bisa mendapatkan return atau pengembalian yang diharapkan. Dengan berkembangnya instrumen investasi maka hal ini membutuhkan pemahaman tentang risiko yang akan terjadi dan yang harus dihadapi bila kita masuk dalam dunia investasi, apalagi saat ini siapa pun bisa dan diperkenankan untuk masuk melakukan investasi. Tips bisnis mengurangi risiko atas investasi yang dilakukan, seolah memberikan gambaran bahwa setiap usaha dan investasi yang dilakukan selalu memiliki risiko, untuk itu, hal utama yang harus dilakukan adalah bagaimana caranya memperkecil risiko yang akan dihadapi.

Tawaran menarik atas hasil dari investasi menjadikan calon investor tertarik untuk masuk dalam bisnis tersebut, apalagi dengan hasil keuntungan yang ditawarkan dan iming-iming pengembalian yang cukup besar menjadikan calon investor terlena tanpa melihat investasi yang akan dilakukan, jenis, produk, perusahaan investasi tersebut sudah terdaftar pada OJK atau belum, dan masih banyak hal lainnya yang masih harus diperhatikan.

Tips Mengurangi Risiko Investasi

Risiko sendiri secara arti kata bisa diartikan sebagai sesuatu yang bisa menimbulkan kerugian atau suatu keadaan yang tidak pasti, sehingga risiko bisa diukur dengan besarnya kerugian atau ketidakpastian. Dalam hal ini suatu keputusan dikatakan memiliki risiko, bila hasil keputusan tersebut tidak dapat diketahui sebelumnya dengan pasti namun tahu tentang nilai kemungkinannya.

Investasi;Tips Bisnis: Mengurangi Risiko atas Investasi yang Dilakukan;Tips Mengurangi Risiko Investasi;
Investasi (Sumber gambar: www.liputan6.com)

Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko, cara yang utama yang harus diperhatikan adalah dengan memperhatikan jenis investasi yang akan diilih. Di era yang sudah semakin maju dan semakin berkembang, saat ini sudah sangat banyak lembaga yang memberikan penawaran berbagai instrumen investasi dengan tawaran atau iming-iming yang sangat menggiurkn. Hal ini akan memberikan keputusan yang sulit bagi mereka yag belum pernah berkecimpung di dalamnya.

Baca juga: Investasi Bisnis sebagai Awal Sukses Bisnis.

Terdapat tiga cara untuk mengurangi risiko investasi, yaitu:

  1. Jangka waktu investasi.
  2. Diversifikasi investasi.
  3. Cara pembayaran premi.

Jangka Waktu Investasi

Pemilihan jangka waktu menjadi hal utama yang menentukan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang ingin diperoleh, oleh karena itu investasi sebaiknya dilakukan dalam jangka panjang agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jangka  waktu yang pas untuk dipilih adalah jangka waktu 10 tahun yang bisa dipilih untuk mengoptimalkan hasil investasi, hal ini disebabkan nilai investasi di Indonesia sering mengikuti laju pertumbuhan ekonomi. Sehingga bisa dikatakan nilai investasi dalam jangka panjang akan lebih menguntungkan dibanding investasi yang dilakukan dalam jangka pendek.

Diversifikasi Investasi

Masih ingat dengan konsep "Don't put your egg in one basket"? Kalau anda masih ingat, konsep ini sangat pas untuk menggambarkan konsep diversifikasi investasi, hal ini dimaksudkan untuk menginvestasikan dana di berbagai instrumen investasi. Tentunya pada instrumen investasi yang sudah anda ketahui. Tujuan diversifikasi ini adalah untuk mengurangi tingkat portofolio instrumen dengan menitik beratkan risiko pada masing-masing instrumen. 

Hal utama mengapa harus melakukan diversifikasi adalah agar nilai investasi portofolio tidak mengalami penurunan secara signifikan apabila terjadi gejolak di salah satu sektor.

Sistem Pembayaran Premi

Agar anda bisa mengurangi risiko, anda harus memastikan produk investasi yang anda pilih memberikan anda pilihan untuk membayar premi secara berkala. Hal ini akan memberikan anda kebebasan untuk memanfaatkan keadaan pasar. Artinya bila keadaan pasar mengalami penurunan, anda bisa membeli unit investasi dengan harga yang murah, begitu pula sebaliknya, bila kondisinya membaik, anda bia mendapatkan keuntungan dari produk investasi tersebut.

Dari ketiga faktor di atas maka anda bisa memilih instrumen investasi yang tepat. Semoga tips bisnis mengurangi risiko atas investasi yang dilakukan bisa memberikan informasi dan bisa memitigasi risiko atas pilihan instrumen investasi yang sesuai untuk anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Bisnis: Mengurangi Risiko atas Investasi yang Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel