Ontbijtkoek, Kue Rempah Khas Belanda

Menikmati kuliner sepertinya menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi sajian kuliner tersebut dinikmati dilakukan bersamaan dengan kegiatan traveling. Begitu pula saat menikmati perjalanan ke daerah timur dari Jawa Timur, saat itu tidak sengaja singgah sebentar ke rumah makan sekalian beristirahat dan menikmati kuliner. Sambil beristirahat, seperti biasanya sambil menunggu makanan, kami mencoba melihat berbagai sajian kue yang disajikan di dekat meja kasir. Ternyata begitu banyak pilihan kue dan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Saah satu yang menarik adalah Ontbijtkoek, kue rempah khas Belanda juga disajikan Rumah Makan Tongas Asri di Probolinggo ini. Dibanding dengan sajian kue lainnya, ketertarikan kue ini memang memiliki alasan tersendiri, selain penasaran, juga kangen karena sudah lama tidak menikmati sajian kue lezat ini.

Ontbijtkoek sendiri berasal dari Bahasa Belanda yang diartikan kue yang dimakan untuk sarapan pagi (onbijt berarti sarapan dan koek berartti kue). Yang menarik, meskipun kue ini berasal dari Belanda, namun siapa yang mengira kalau kue ini sudah lama ada di Indonesia, bahkan sudah menjadi kue tradisi Indonesia.

Ontbijtkoek adalah Kue Khas Belanda yang Menjadi Kue Indonesia

Ontbijtkoek sering kita temui di toko-toko kue, atau toko oleh-oleh yang menyajikan kue tradisional. Meskipun bukan asli kue Indonesia yang merupakan kue adaptasi dari kuliner Belanda, kue ini sangat disukai di Indonesia. Biasanya kue ini dinikmati saat makan pagi sebagai sarapan. Namun banyak juga yang menyebut kue ini sebagai kue rempah, karena  terbuat dari tambahan rempah didalamnya seperti kayu manis, jahe, cengkeh dan pala.

Ontbijtkoek;Ontbijtkoek, Kue Rempah Khas Belanda;Ontbijtkoek adalah Kue Khas Belanda yang Menjadi Kue Indonesia;Ontbijtkoek Cake Pilihan Kue Sarapan Pagi;
Ontbijtkoek

Baca juga: “Strudel é Wong Lumajang” Pilihan Oleh-oleh Khas Lumajang.

Pada jaman dahulu, cara menikmati kue ini dilakukan dengan cara yang unik, Onbijtkoek dinikmati dengan cara diletakkan diantara dua roti tawar atau dengan diolesi mentega pada bagian atas, apabila tidak menggunakan roti tawar.

Ontbijtkoek Cake Pilihan Kue Sarapan Pagi yang Lezat

Sebagai pilihan kue lezat, Onbijtkoek sebenarnya merupakan kue bolu atau sponge cake yang dipadukan dengan bahan rempah dan taburan almond yang diiris tipis. Kue sarapan pagi atau roti rempah Belanda ini menjadi pilihan unik untuk menikmati kopi di pagi hari, dengan tekstur yang kering karena dalam proses pembuatannya tidak menggunakan margarin, mentega atau bahkan minyak.

Ontbijtkoek produksi Rumah Makan Tongas Asri Probolinggo;Ontbijtkoek, Kue Rempah Khas Belanda;Ontbijtkoek adalah Kue Khas Belanda yang Menjadi Kue Indonesia;Ontbijtkoek Cake Pilihan Kue Sarapan Pagi;
Ontbijtkoek produksi Rumah Makan Tongas Asri Probolinggo

Saat ini dengan berkembangnya sajian kuliner ditambah dengan kenikmatan kue rempah ini. Onbijtkoek tidak lagi menjadi kue untuk sarapan saja, namun juga sering dinikmati sebagai kue atau camilan pada siang bahkan sore hari.

Sebagai pecinta kuliner dan kue, menikmati Ontbijtkoek, kue rempah khas Belanda ini memberikan sensasi berbeda, apalagi saat kue ini dinikmati sambil menikmati kopi di pagi hari, seolah memberikan kenangan berbeda dan bayangan menikmati sarapan di negeri Belanda.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Ontbijtkoek, Kue Rempah Khas Belanda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel