Mengapa Karyawan Resign

Memiliki bisnis sesuai dengan impian pasti sangat membanggakan, apalagi bisnis tersebut dibangun sendiri mulai dari nol. Dengan berkembangnya volume bisnis,  ditambah dengan omset penjualan yang semakin bertambah dan permintaan pasar yang semakin banyak, hal ini membutuhkan tambahan karyawan. Namun selain penambahan karyawan, tentunya yang perlu diantisipasi bagi pemilik bisnis adalah dinamika yang terjadi, jangan sampai terjadi hal-hal yang menggangu perkembangan bisnis. Salah satunya adalah hubungan dengan karyawan, dan yang paling buruk adalah saat karyawan tiba-tiba mengajukan resign. Hal utama yang harus dicari penyebabnya adalah mengapa karyawan resign, seolah menjadi pekerjaan rumah bagi manajemen dan pemilik bisnis.

Pengalaman menunjukkan, bahwa yang sering mengajukan resign adalah karyawan terbaik dengan banyak dan berbagai macam alasan, mulai alasan klasik karena ketidakcocokan dengan teman kerja, berselisih paham dengan atasan, mengikuti pasangan ke luar kota, bahkan karena ada tawaran kerja dengan iming-iming gaji yang lebih besar dan fasilitas yang lebih baik.

Mengapa Karyawan Resign;Mengapa Karyawan Terbaik Resign;Tips Saat Mengetahui Karyawan Terbaik Akan Resign;
Sumber gambar: winnetnews.com

Bagi pemilik bisnis dan manajemen bisnis, kehilangan seorang karyawan terbaik yang memilliki keahlian khusus tentunya menjadi hal yang menyedihkan, selain harus dibayar mahal dengan uang, juga harus dibayar dengan waktu dan tenaga, karena mengajarkan kembali hal yang penting dalam suatu bidang akan membutuhkan waktu.

Mengapa Karyawan Terbaik Resign

Memiliki karyawan pasti memiliki dinamika tersendiri, begitu pula dalam dunia kerja, keluar masuk karyawan sudah menjadi pemandangan biasa. Namun hal berbeda, kalau yang resign adalah karyawan terbaik tentunya menjadi hal yang berbeda.

Baca juga: Mengapa Harus Berbisnis.

Terdapat alasan dan menjadi penyebab mengapa karyawan terbaik resign, antara lain:

  • Merasa tidak diapresiasi, padahal karyawan tersebut merasa sudah banyak melakukan hal-hal penting untuk perusahaan.
  • Ingin medapatkan tantangan baru dan merasa bosan dengan rutinitas yang sudah dilakukan di perusahaan lama tempat mereka bekerja.
  • Tidak tahan terlibat dengan drama yang ada di kantor atau bisa juga disebut dengan suasana kerja yang tidak menyenangkan.
  • Tidak adanya kesempatan untuk mengembangkan karir.
  • Waktu kerja yang terlalu berlebihan.
  • Tidak adanya budaya kerja dan juga budaya kerja yang tidak kompetetif.

Tips Saat Mengetahui Karyawan Terbaik Akan Resign

Mendapatkan karyawan terbaik dan memiliki pengetahuan dan pengalaman dibidangnya, tentunya menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan. Namun hal ini terkadang tidak berjalan mulus, terkadang karyawan tersebut secara tiba-tiba mengajukan resign. Hal ini membuat pemilik usaha atau manajemen harus mengantisipasi dan mencari solusi atas kekosongan posisi tersebut.

Baca juga: Entrepreneur, Mulai dari Sekarang atau Hanya Sebatas Harapan.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan saat mengetahui karyawan terbaik akan mengajukan resign:

  1. Selalu tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang beredar.
  2. Selalu menjaga profesionalitas, salah satunya dengan melakukan wawancara dan secara positif mencari tahu penyebab karyawan mengajukan permohonan resign atau pengunduran diri.
  3. Melakukan evaluasi dengan karyawan yang mengajukan resign tersebut, dengan harapan bisa mendapatkan gambaran tentang ilmu dan pengalaman yang dimiliki karyawan tersebut, dan juga mencari informasi tentang pekerjaan yang masih belum terselesaikan dan segera melakukan proses penanganan atas beban kerja tersebut.
  4. Segera mencari pengganti atas kekosongan posisi tersebut.
  5. Menyelesaikan kewajiban perusahaan kepada karyawan yang mengajukan pengunduran diri, baik memberikan sisa gaji dan juga insentif yang menjadi hak karyawan tersebut, dan segera memberikan dokumen yang dibutuhkannya, seperti surat keterangan pernah bekerja atau dokumen lainnya.
  6. Melakukan negosisasi kepada karyawan yang mengajukan resign, untuk bersedia bekerja sampai terdapat penggantinya, atau sambil melakukan pendampingan atas karyawan pengganti atas posisi yang akan ditinggalkannya.

Bisa diakui ditinggalkan karyawan terbaik memang akan sangat mengganggu kelancaran perusahaan, namun mengetahui penyebab mengapa karyawan resign, akan memberikan informasi dan antisipasi agar kondisi tersebut bisa segera teratasi.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Karyawan Resign"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel