10 Top Destinasi Wisata Ngawi

10 Top Destinasi Wisata Ngawi - Jalan-jalan ke tempat wisata favorit sungguh sangat menyenangkan, namun seringkali tujuan wisata tersebut belum pernah didatangi, begitu pula dengan berbagai tempat wisata di Ngawi, yang kebanyakan jarang terekspose di berbagai media. Ngawi sendiri adalah sebuah daerah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Tentunya rasa penasaran dan keingintahuan berbagai tempat wisata di Ngawi, menjadikan rasa penasaran tersebut diwujudkan dengan mencari berbagai referensi yang bisa mendukung rencana traveling ke Ngawi.

Dengan julukannya sebagai Kota Bambu, menjadikan Ngawi memiliki keindahan wisata dan alam dibalik suasana hening Kabupaten Ngawi. Nama Ngawi sendiri berasal dari asal usul kabupaten tersebut, “Awi” yang berarti bambu yang ditambah dengan tambahan “Ng” menjadikan kata Ngawi menjadi sebuah tempat yang indah dengan keindahan hutan bambu. Selain julukannya sebagai Kota Bambu, Ngawi juga memiliki julukan lain, yaitu sebagai Kota Keripik Tempe, dan masih ada sebutan lainnya untuk Ngawi.

Dari berbagai informasi di internet dan juga informasi dari para traveler yang telah mengunjungi Ngawi. Ngawi sendiri memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan menarik, tidak hanya wisata alam saja, namun juga banyak wisata sejarah yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, seperti situs sejarah, situs kuno dan berbagai tempat menarik lainnya. Bahkan informasi 10 tempat wisata ini juga pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur dalam rangka pelepasan mudik bersama Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun jangan salah, meskipun pernah disampaikan, informasi tempat wisata ini masih sangat relevan sebagai referensi tujuan wisata di Ngawi.

10 Top Destinasi Wisata Ngawi

Terdapat  10 destinawi wisata yang bisa anda kunjungi di Ngawi, sebagai berikut:
  1. Air Terjun Srambang
  2. Kebun Teh Jamus.
  3. Benteng Van Den Bosch.
  4. Taman Wisata Tawun.
  5. Museum Trinil.
  6. Air Terjun Pengantin.
  7. Air Terjun Suwono.
  8. Waduk Pondok.
  9. Desa Wisata Ngrayudan.
  10. Desa Wisata Kuniran.

1. Air Terjun Srambang

Air Terjun Srambang menjadi tujuan pertama menikmati traveling di Ngawi. Air terjun ini berada di Kawasan Hutan Jogorogo, Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Air terjun ini diresmikan sebagai obyek wisata sekitar tahun 2017, dengan berbagai pemandangan menarik disisi timur laut Gunung Lawu. Terdapat cerita legenda menarik dibalik keindahan Air Terjun Srambang, yaitu legenda Jaka Tarub.

Air Terjun Srambang;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Air Terjun Srambang (Sumber gambar: travelspromo.com) 
Terdapat aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di Air Terjun Srambang ini, seperti menikmati pesona sejuknya air terjun, berenang di kolam renang di kaki Gunung Lawu, dan mengambil foto dengan spot foto yang instagrammable.

2. Kebun Teh Jamus.

Ngawi memang daerah yang memiliki keindahan wisata alam yang sangat menarik, Kebun Teh Jamus salah satunya. Kebun teh ini berada di Girikerto, Sine, Ngawi. Kebun Teh Jamus adalah sebuah hamparan kebun teh yang berada di lereng Gunung Lawu. Sebagai sebuah agrowisata, kebun teh ini sudah didirikan sejak tahun 1993.

Kebun Teh Jamus;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Kebun Teh Jamus (Sumber gambar: Instagram/roybarbershop)
Terdapat berbagai spot menarik yang bisa anda nikmati, seperti Jamus Borobudur Hill, kolam renang Sumber Lanang, dan berbagai fasilitas lain yang telah disediakan pengelola, seperti flying fox, camping ground dan gardu polo.

3. Benteng Van Den Bosch.

Wisata sejarah menjadi salah satu destinasi wisata di Ngawi, dan tempat yang bisa dituju adalah “Benteng Van Den Bosch”, yang berada di Jalan Untung Suropati No. 2, Desa Pelem, Kecamatan Ngawi, KabupatenNgawi, atau berada di Kawasan Komplek Angicipi Batalyon Armed 12. Benteng ini adalah sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dibangun sejak tahun 1845. Termasuk menarik mengetahui alasan mengapa benteng Belanda ini bisa dibangun di Ngawi. Selain sebagai tempat pertahanan tentara Belanda dari serangan pasukan Diponegoro, juga sebagai penahan banjir, juga dahulu Ngawi adalah wilayah yang menjadi area perdagangan  di Jawa Timur.

Benteng Van Den Bosch;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Benteng Van Den Bosch (Sumber gambar: explorewisata.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Madiun.

Selain menjadi destinasi wisata sejarah yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terdapat spot foto menarik untuk anda yang hobi berfotografi.

4. Taman Wisata Tawun.
Menarik sekali melihat daya tarik wisata alam di Ngawi, TamanWisata Tawun menjadi destinasi wisata unik, karena di tempat ini bisa melihat ribuan bulus atau hewan seperti penyu yang berkeliaran dengan bebas yang ada di salah satu kolam besar di Taman Wisata Tawun, yang berlokasi di Jalan Sunan Lawu, Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Ngawi.

TamanWisata Tawun;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
TamanWisata Tawun (Sumber gambar: ngawikabmuseumjatim.wordpress.com)
Taman ini sudah ramai dikunjungi para warga sejak tahun 1952 sebagai tempat upacara adat, dengan nama Keduk Beji yang dilakukan setiap Selasa Kliwon dalam perhitungan kalender Jawa Islam. Upacara dilaksanakan sebagai salah satu pertanda pembersihan sumber mata air di wilayah sekitar dengan melakukan penggantian air yang berada di dalam beji.

5. Museum Trinil.
Ini dia salah satu tempat wisata edukasi dan sejarah yaitu Museum Trinil, yang berlokasi  di Dusun Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, Wonokerto, Ngawi. Museum ini menyuguhkan berbagai macam benda purbakala mulai dari berbagai macam fosil binatang, semua tersimpan dengan rapi di museum ini.

Museum Trinil;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Museum Trinil (Sumber gambar: Instagram.com/tridoso)
Museum Trinil sendiri didirikan diatas 3 desa yaitu Desa Kawu, Desa Gemarang dan Desa Ngancar. Oleh karena itu, Eugene Dubois menamakan museum ini dengan nama Trinil, seperti keadaan di Sungai Nil, yang memiliki arti tiga desa seperti Sungai Nil.

6. Air Terjun Pengantin.
Berbicara tentang tempat wisata hits di Ngawi, maka Air Terjun Pengantin menjadi salah satunya. Air terjun ini berAda di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Air terjun ini memiliki ketinggian 12 meter, dan yang menarik, air terjun ini berasal dari sumber mata air yang berbeda, yang satu berasal dari sumber laHar Gunung Lawu, sedangkan sumber lain berasal dari sumber mata air setempat.

Air Terjun Pengantin;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Air Terjun Pengantin (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Sebagai seorang traveler yang senang dengan wisata alam, sepertinya Air Terjun Pengantin ini sangat pas untuk anda, dengan pemandangan yang asri dan udara yang menyegarkan membuat tempat ini menjadi luar biasa.

7. Air Terjun Suwono.
Satu lagi wisata alam yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Air Terjun Suwono, yang berlokasi di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Tidak banyak yang mengetahui beberapa tempat wisata alam di Ngawi seperti air terjun ini, karena jarang dipublikasi. Seperti Air Terjun Suwono ini yang berada di lereng Gunung Lawu.

Air Terjun Suwono;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Air Terjun Suwono (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Dengan tempatnya yang masih alami, ditambah keindahan air terjun ini menjadikan tempat ini sangat pas untuk anda yang memiliki hobi fotografi.

8. Waduk Pondok.
Waduk Pondok menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Ngawi, waduk ini berada di Desa Dero, Kecamatan Beringin, Kabupaten Ngawi. Waduk yang dibangun tahun 1992 dan selesai tahun 1997 memiliki fungsi vital dalam rangka mengairi lahan pertanian di tiga kecamatan di Ngawi, yaitu Kecamatan Padas, Pungkur dan Kecamatan Bringin. Selain berfungsi untuk mengairi lahan pertanian, waduk ini juga menjadi destinasi wisata yang menguntungkan bagi warga sekitar waduk.

Waduk Pondok;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Waduk Pondok (Sumber gambar: ngawikab.go.id)
Banyak aktivias menarik yang bisa anda lakukan di waduk ini seperti, memancing, menikmati kuliner, atau menikmati keindahan alam di Waduk Pondok.

9. Desa Wisata Ngrayudan.
Satu lagi destinasi wisata yang harus anda kunjungi, yaitu Desa Wisata Ngrayudan, yang berlokasi di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jorogo, Ngawi atau berada di lereng utara Gunug Lawu. Sebagai desa wisata, maka desa ini menyajikan wisata alam dan sebuah budaya dan tradisi dengan potensi alam yang sangat luar biasa.

Desa Wisata Ngrayudan;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Desa Wisata Ngrayudan (Sumber gambar: gpswisataindonesia.info)
Terdapat wisata alam yang bisa dinikmati, seperti wisata alam dan kolam renang Selondo, Selo Gedeg dan Selo Irung Petruk, Goa Macan, Air Terjun Teleng, Sumber Nogo, Taman Hutan Segawen, Cunthang river tubing, dan Watu Bungkus.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Ponorogo.

Untuk Edu-wisata, terdapat beberapa aktivitas menarik yaitu memetik kopi dan mengolah kopi, bersawah, memetik cengkeh, mengolah minyak cengkeh, toga dan kerajinan tangan.

10. Desa Wisata Kuniran.
Selain Desa Wisata Ngrayudan, masih ada satu lagi desa wisata yang bisa anda kunjungi, yaitu Desa Wisata Kuniran yang terletak di Desa Kuniran, Kecamatan Sine, Ngawi. Di Desa Kuniran terdapat bendungan yang disebut dengan Embung Kuniran, dan sejak tahun 2017, para pemuda di Deaa Kuniran berusaha mengembangkan Kawasan Wisata Embung Kuniran.

Desa Wisata Kuniran;10 Top Destinasi Wisata Ngawi;
Desa Wisata Kuniran (Sumber gambar: duniangawi.com)
Embung Kuniran sendiri sebenarnya adalah sebuah danau tadah hujan atau untuk penampungan hujan yang menjadi salah satu destinasi wisata di Ngawi bagian barat, disekitar embung tersebut terdapat hutan pinus yang menjadikan daerah sekitar embung menjadi sejuk dan memiliki udara yang segar dan bersih.

Menikmati jalan-jalan di daerah yang memiliki tempat wisata alam menjadi hal yang sangat menarik, dan semoga informasi” 10 Top Destinasi Wisata Ngawi” ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati traveling di Kabupaten Ngawi.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel