Lowongan Kerja Bank Indonesia (BI) – Kantor Perwakilan Jawa Tengah

Bank Indonesia (BI) adalah bank sentral Republik Indonesia sesuai pasal 23D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD) dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia. Sebelum dinasionalisasi sesuai Undang-Undang Pokok Bank Indonesia pada 1 Juli 1953, bank ini bernama De Javasche Bank (DJB) yang didirikan berdasarkan Oktroi pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua dimensi, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa domestik (inflasi), serta kestabilan terhadap mata uang negara lain (kurs).

Sebuah babak baru dalam sejarah Bank Indonesia sebagai bank sentral independen dimulai ketika UU bank sentral baru, UU No. 23/1999 tentang Bank Indonesia, diberlakukan pada tanggal 17 Mei 1999 dan telah diamandemen dengan UU No. 3/2004 tanggal 15 Januari 2004. UU tersebut menyatakan status dan posisinya sebagai lembaga negara merdeka dan kebebasan dari campur tangan pemerintah atau pihak eksternal lainnya.

Sumber gambar: career.undip.ac.id

Sebagai lembaga negara independen, Bank Indonesia sepenuhnya otonom dalam merumuskan dan melaksanakan masing-masing tugas dan wewenang sebagaimana diatur dalam UU. Pihak luar dilarang keras melakukan campur tangan dengan pelaksanaan tugasnya oleh Bank Indonesia, dan Bank Indonesia berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan segala upaya interferensi dalam bentuk apapun oleh pihak manapun.

Baca juga: Lowongan Kerja Bank Indonesia.

Status dan posisi yang unik tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien. Baik sebagai badan hukum publik maupun sebagai badan hukum perdata, maka kedudukan Bank Indonesia diatur oleh peraturan. Sebagai badan hukum publik, Bank Indonesia memiliki kewenangan untuk mengeluarkan aturan dan peraturan kebijakan, yang mengikat publik-di-besar. Sebagai badan hukum perdata, Bank Indonesia mampu mewakili dirinya sendiri di dalam maupun di luar pengadilan hukum.

Lowongan Kerja 2020 Bank Indonesia

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah/KPwBI Provinsi Jawa Tengah membuka kesempatan berkarir bagi kandidat terbaik yang memiliki integritas, dedikasi, komitmen dan motivasi yang tinggi untuk menjadi ahli program sosial Bank Indonesia (PSIBI) KPwBI Propinsi Jawa Tengah.
Program Tenaga Ahli Sosial Bank Indonesia (PSBI)”
Persyaratan umum:
  • Pria
  • Usia 35-45 tahun
  • Minimal memiliki gelar Sarjana jurusan Manajemen, pertanian/agribisnis, agronomi dan Hortikultura, Perikanan, peternakan, teknologi pangan, industri pertanian, industri peternakan, pembangunan daerah, Sosiologi
  • Minimum IPK 3,00
  • Lebih diutamakan memiliki pengalaman kerja di bidang tanggung jawab sosial perusahaan, penguatan/pemberdayaan ekonomi masyarakat, administrasi publik, manajemen sumber daya manusia
Persyaratan khusus
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan tanggung jawab sosial perusahaan dalam membangun kapasitas masyarakat, pemikiran Desain, dan mampu berkomunikasi dengan baik masyarakat
  • Memiliki pengetahuan tentang usaha mikro, kecil dan menengah (MSME)
  • Memiliki keahlian dalam penelitian dan menyusun konsep program sosial secara komprehensif
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisa dan menulis secara ilmiah
  • Komputer terliterasi di Microsoft Office
Ketentuan rekrutmen
Surat lamaran dan Curriculum Vitae (CV) harus dikirimkan ke:
  • KPwBI Provinsi Jawa Tengah
  • Jl. Imam Bardjo SH No. 4
  • Semarang
  • Jawa Tengah
Proses rekrutmen bebas biaya.
Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan Final
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi: gita_sh@bi.go.id atau andriyan@bi.go.id
Pendaftaran dibuka pada 11-26 Juni, 2020.


Sumber informasi dari situs: www.jobsid.co/11486


Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel