Honda Win 100, Si Tua yang Bandel

Saat ini banyak sekali motor keluaran lama yang muncul dan menghiasi jalanan. Bahkan tidak hanya motor keluaran lama, motor baru dengan konsep jadul pun banyak diproduksi sebagai obat kangen para pecinta motor tua. Namun satu lagi motor buatan Jepang yang saat ini mulai banyak peminatnya, selain karena kuat dan tangguh, juga sangat irit bahan bakar. Honda Win 100, si tua yang bandel ini, sekarang menjadi incaran anak muda untuk memilikinya. Bahkan diantaranya banyak yang memodifikasi lagi, sehingga tampailan Honda Win tersebut menjadi tampak garang dan keren, dengan tampilan kekinian mulai warna sampai dengan modelnya yang dibuat seperti motor trail.

Bentuk standar Honda Win 100 ini memang tampak bersahaja dengan tampilan yang sederhana, namun menjadi lebih keren kalau tampilan Honda ini dimodifikasi dengan model saat ini. Honda Win dahulu sangat terkenal, yang sangat booming di tahun 80 an, dan biasanya lebih banyak dipakai pegawai mantri BRI, petugas penyuluh lapangan, pak pos sampai pak camat.

Honda Win 100;Honda Win 100, Si Tua yang Bandel;
Honda Win 100 (Sumber gambar: motortuo.blogspot.com)

1. Honda Win 100 Original 

Honda Win ini didatangkan PT Federal Motor dari Jepang dengan jumlah 100 buah, dengan sistem CBU (Complete Built Up). Dari beberapa informasi, Honda Win 100 ini adalah sepeda motor pengganti dari Honda S90 yang telah diproduksi sejak tahun 1969. Saat itu, Honda sebagai produsen motor, belum melakukan kerjasama dengan PT. Federal Motor sebagai ATPM sepda motor Honda di Indonesia.

Dan tentunya Honda Win 100 menjadi motor dengan desain yang berbeda, Honda Win memiliki desain yang serba kotak dengan model garis-garis lurus. Sejak produksi pertama sampai dengan produksi terakhir tahun 2005, desain Honda Win 100 tetap sama, tidak mengalami perubahan. Karena kehandalannya, motor ini banyak digunakan sebagai kendaraan dinas di berbagai instansi.

Baca juga: Suzuki TF125, motor biasa ala trail.

Adapun spesifikasi original Honda Win 100, antara lain:
  • Untuk mesin menggunakan mesin tipe 4 langkah, Overhead Camsaft dengan pendingin udara, dan silinder tunggal mendatar 97, 2 cc.
  • Diamater x langkah: 50 x 49,5 mm.
  • Sistem bahan bakar menggunakan karburator.
  • Power makasimum 10,8 horse power/8.000 rpm.
  • Kopling menggunakan tipe manual basah dengan double clutch.
  • Untuk sisitem transmisi: manual dengan 4 percepatan.
  • Untuk kapasitas tangki bahan bakar 8 liter, sedangkan kapasitas oli mesin 0,9 liter.
  • Tipe rangka menggunakan pola berlian.
  • Suspensi depan teleskopik, sedangkan suspensi belakang dengan lengan ayun dan shock absorber ganda.
  • Ukuran ban depan 2.75-18 dan ukuran ban belakang 3.00-18.
  • Rem depan dan belakang menggunakan sistem tromol.
  • Sistem starter menggunakan kick starter.
Banyak kelebian dengan menggunakan Honda Win 100 ini, mulai dari irit dan bandel, perawatannya yang mudah dan murah, tahan panas dan kuat untuk perjalanan jauh, dan masih banyak keunggulan Honda Win 100 ini.

2. Honda Win 100 Modifikasi

Memodifikasi Honda Win 100 memang banyak alasan, selain agar modelnya menjadi lebih bagus juga agar tampilannya lebih garang, kebanyakan Honda Win 100 ini dimodifikasi dengan konsep trail, sehingga kuat untuk menembus segala medan. Ditambah lagi dengan memodifikasi body, mulai dari rangka sampai penambahan aksesoris.

Honda Win 100 Modifikasi ;
Honda Win 100 Modifikasi (Sumber gambar: Instagram @hondawin100indonesia)
Untuk modifikasi, anda bisa mengambil contoh berbagai modifikasi Honda Win 100, seperti yang dikutip pada otomotif.kompas.com, sebagai berikut:
  • Untuk pelek depan menggunakan DID 18 – 1.40, sedangkan pelek belakang DID 17 – 1.60.
  • Ban depan menggunakan IRC Trial 18 -2.75, sedangkan ban belakang menggunakan IRC Trial 17 – 3.00.
  • Sokbreker depan menggunakan GL 100.
  • Karet sokbreker depan menggunakan Suzuki TS.
Untuk modifikasi lainnya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Semoga informasi tentang Honda Win 100, si tua yang bandel ini bermanfaat untuk anda, apalagi yang ingin memodifikasi Honda Win 100 sehingga tampak garang.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel