Kegagalan Bisnis Online

Bayangan sukses menjadi seorang entrepreneur selalu menjadi harapan bagi siapa saja, apalagi yang masih berprofesi sebagai seorang karyawan. Tidak banyak yang tahu bahwa dibalik kesuksesan tersebut selalu terdapat kegagalan. Mereka selalu melihat bahwa menjadi seorang pengusaha adalah hal yang mudah, apalagi seorang pengusaha online, tinggal membeli barang kemudian mengiklankannya, dan banyak orang pesan. Pemikiran ini yang sering ada di benak kawan-kawan semua yang belum pernah terjun menjadi seorang pengusaha, apalagi pengusaha bisnis online. Meremehkan dan menganggap bisnis online adalah bisnis yang sangat mudah dan hanya membutuhkan modal yang sedikit menjadi salah satu penyebab kegagalan bisnis online.

Banyak sekali faktor penyebab kegagalan bisnis online, memang ada banyak sekali training, kursus dan juga workshop yang memberikan cara agar sukses di bisnis online, mulai dari harga yang murah dan harga yang paling mahal. Anda bisa melihat banyak sekali penyebab kegagalan di bisnis online di internet, mulai dari faktor dari individu anda sendiri sampai dengan ketidakmampuan menjual produk yang akan anda jual.

Dari sekian banyak faktor penyebab kegagalan berbisnis online, saya lebih tertarik pada apa yang disampaikan Septian Bramandita di channel Instagram @bisnisbarengbram, yang menyebutkan terdapat tiga hal seseorang gagal dalam bisnis online, antara lain:
  1. Anda terlalu lemah.
  2. Anda tidak siap “work for free” dalam beberapa bulan awal anda melakukan bisnis online.
  3. Terlalu banyak bermimpi dengan berharap kaya dalam satu malam dan 100% aman.

Kegagalan Bisnis Online
Bisnis online (Sumber gambar: pixabay.com

1. Terlalu Lemah

Pada kondisi ini, bisa diakui karena anda sudah terbiasa pada zona nyaman, maka menganggap semua harus aman dan tidak ada resiko. Kalau anda sering ikut pada komunitas bisnis online di facebook atau pun instragram, dan sering mengikuti curhat para anggota, pasti mengetahui bagaimana keluh kesah, sepak terjang saat berbisnis online.
Baca Juga:
Dibutuhkan keberanian untuk memulai, dan yang pasti tidak ada semua bisnis tersebut aman, apalagi kalau anda memiliki prinsip harus “aman dan tidak ada risiko”. Dalam bisnis offline saja ada risiko, misalnya jualan makanan, ada risko barang tidak lalu, basi dan masih banyak lagi. Di bisnis online, bisa saja barang tidak sesuai dengan yang dipesan, atau anda takut untuk bertransaksi.

2. Tidak Siap “Work for Free” dalam Beberapa Bulan Awal.

Ini yang selalu menjadi hambatan bagi anda yang ingin menjadi seorang entrepreneur, harapan cepat kaya, keren, punya banyak uang dan jam kerja sedikit. Padahal, apabila anda berkecimpung dalam bisnis online di awal bisnis, anda akan menghabiskan waktu dan bisa 24 jam penuh, apalagi bila pendapatan anda belum sampai target, otomatis anda harus bekerja sendiri, memesan barang sendiri, mem-packing barang sendiri, bahkan mengantar barang ke konsumen sendiri. Semua itu tidak semudah yang dibayangkan.

Jadi “be strong”. Kalau anda masih punya harapan dan bayangan seperti di atas, mending anda memutuskan untuk kerja kantoran saja, hanya mengeluarkan waktu 8 jam, dari pada bergaya sok keren menjadi seorang pengusaha.

3. Terlalu Banyak Mimpi dengan Berharap Kaya dalam Satu Malam dan 100% Aman

Harapan ini yang “waw” banget, berbisnis sendiri itu ada liku-likunya, dan tidak manis, anda harus merencanakan, membuat ide bisnis, memutuskan jenis bisnis online apa saja yang harus diterjuni, dan bagaimana agar bisa menghasilkan. Dan semua itu tidak bisa dilakukan hanya dalam satu malam, membutuhkan proses, dan satu lagi ”tidak mudah”.

Berbisnis online itu bisa mudah dan bisa tidak mudah, pasti ada proses yang harus dilalui, membutuhkan kerja keras, dan setiap orang yang berkecimpung dalam bisnis online, pasti pernah mengalami kegagalan bisnis online, namun semua itu pasti akan memberikan pengalaman terbaik untuk anda. Semoga uraian ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel