KLAPPERTAART KUE KHAS MANADO DI PROBOLINGGO

Pada awalnya, saat ditawari untuk mencoba kue ini, saya enggan menerimanya, selain menggangap asing kue tersebut, juga saya sendiri malas untuk mencoba sajian kue yang belum pernah saya cicipi. Namun kali ini terdapat hal berbeda, bisa dikatakan timbul rasa penasaran untuk mencoba kue ini, apalagi bentuk dan tampilan kue yang cantik dan tempat kue yang menarik, akhirnya saya mau merasakan kenikmatan kue ini. Klappertaart kue khas Manado di Probolinggo ini berhasil meluluhkan hati saya untuk mau mencoba kenikmatan kue ini.

Klappertaart adalah sebuah kue khas Manado yang terkenal karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Bahan dasar klappertaart terbuat dari kelapa, susu, tepung terigu, telur dan juga mentega. Resep lezat klappertaart dipengaruhi oleh resep dari Zaman Kolonial Belanda. Klappertaart sendiri merupakan sajian kuliner ikon atau kue khas dari Sulawesi Utara (Manado).

Klappertaart Manado

Tidak salah kalau klappertaart menjadi kue khas Manado, saat itu kue ini dibawa dan diperkenalkan oleh Penjajah Belanda, tidak hanya kue, namun juga banyak budaya Belanda yang diserap, misalnya makanan yang dikonsumsi, bentuk rumah dan juga pekarangan, minuman dan kue, juga cara berpesta.

KLAPPERTAART KUE KHAS MANADO DI PROBOLINGGO
 Klappertaart kue khas Manado
Pada masa awal, saat diperkenalkan oleh para pedagang Belanda, klappertaart hanya beredar secara terbatas di Manado, hal ini yang menyebabkan klappertaart menjadi kue khas Minahasa atau Manado. Klappertaart sendiri berasal dari kata “klapper” dalam bahasa Belada yang berarti ‘kelapa’ dan “tart” yang berarti kue. Sehingga klappertaart berarti kue kelapa.
Baca Juga: Kue Kekinian dan Oleh-oleh Milik Artis.
Klappertaart adalah kue yang memiliki kandungan kalori yang cukup tiggi. Terdapat beberapa cara memasak klappertaart, bisa dipanggang atau pun dikukus. Bila dipanggang akan menghasilkan klappertaart yang berbentuk padat dan bisa dipotong seperti kue pada umumnya. Bila dikukus akan menghasilkan kue yang memiliki tekstur yang lembut.

Klappertaart Cita Rasa Eropa di Probolinggo

Bagi saya yang baru pertama kali merasakan Klappertaart, rasanya cukup enak dengan cita rasa yang manis dan gurih, apalagi disantap dalam keadaan dingin. Dari sekian kue yang bisa dinilai rangkingnya, mungkin Klappertart bisa menjadi juara pertama, karena rasanya yang enak dan lembut, apalagi dengan tambahan kacang kenari cincang dan taburan bubuk kayu manis yang memunculkan rasa rempah dalam klappertaart.

Klappertaart Cita Rasa Eropa di Probolinggo
Lezatnya Klappertaart
Di Kota Probolinggo sendiri juga sudah ada usaha kue yang menyajikan kue klappertaart, meskipun berdasarkan pesanan, namun jangan salah meskipun produksinya masih rumahan rasanya enak dan tidak kalah dengan klappertaart asli Manado. Anda bisa memesan klappertaart yang enak ini di “Mirza Pastry” di nomor handphone 0822-3366-9101.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel