RAM PC ANTARA KEBUTUHAN DAN FUNGSINYA

RAM PC antara kebutuhan dan fungsinya, menjadi sebuah ide yang menarik bagi saya, karena baru kali ini saya memiliki pc, yang sebelumnya sudah terbiasa menggunakan laptop. Baru-baru ini saya disibukkan dengan pc (personal computer) yang gak rewel, padahal komputer tersebut, baru saya rakit sekitar pertengahan tahun 2018, sebagai pengganti laptop yang sudah lemot dan mendekati rusak. Bisa dikatakan bingung juga, karena saya terbiasa menggunakan laptop tanpa meng-otak atik bagian dalam laptop. Dan kini setelah hampir setahun menggunakan komputer, baru tahu juga kalau pc juga terkadang memiliki kendala, kali ini yang menjadi masalah adalah komputer hidup namun tidak muncul gambar. Berbagai cara saya lakukan, untuk mengetahui berbagai rangkaian part yang ada dalam kumputer.

Perlahan namun pasti, akhirnya saya sendiri pun mengenali jenis part yang ada didalamnya, termasuk mencari tahu penyebab monitor tidak bisa muncul gambar, mulai dari kabel, mencoba membersihkan RAM dengan penghapus pensil, sampai dengan mencoba melepas VGA Card dan menggantinya dengan VGA cadangan.

Bisa dikatakan, cara sederhana dengan menggosok RAM dengan penghapus pensil menjadi cara sederhana untuk bisa menyambungkan monitor pada PC agar PC bisa berjalan normal kembali. Namun secara tidak langsung, dengan tidak hidupnya monitor tersebut menjadikan saya mengetahui tentang apa RAM itu sebenarnya.

RAM PC 

Sebenaranya apa sih RAM itu?. Istilah ini memang digunakan dalam teknologi informasi untuk menyimpan data komputer. Bahkan kalau anda mencari perangkat seperti laptop atau pun komputer, salah satu yang anda tanyakan yang utama adalah berapa RAM nya, dan merk apa RAM yang digunakan?.

RAM PC DDR3 4GB
RAM PC DDR3 4GB
RAM adalah part komputer yang merupakan kepanjangan kata dari “Random Access Memory”, merupakan hardware di dalam rangkaian komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara dan juga menyimpan instruksi program.

Baca Juga: Baterai CMOS Sepele, Namun Sangat Penting Untuk PC.

Yang perlu diketahui, bahwa kapasitas RAM didalam PC sangat mempunyai pengaruh pada kecepatan proses data atau kecepatan loading komputer. Dalam artian, semakin besar RAM yang anda pasang dalam kompuetr maka proses untuk menyimpan data, menjalankan berbagai program komputer menjadi semakin cepat.

RAM PC Terbaik dan Ideal Untuk Komputer

RAM atau yang biasa disebut dengan memori adalah bagian penting dalam komputer, selain VGA dan prosesor. Terdapat sebuah anggapan, termasuk juga saya, yang menganggap bahwa semakin besar RAM, maka sistem komputer bisa menjadi semakin responsif dan kencang. Setelah mencari beberapa referensi tentang RAM, ternyata anggapan ini tak sepenuhnya benar.

RAM PC Terbaik dan Ideal Untuk Komputer
RAM PC DDR3 8GB
Mengambil informasi dari referensi dimensidata, ternyata dengan uji RAM 16 GB, komputer tidak mengalami lag bahkan panas yang berlebihan, namun pada kompuetr dengan RAM 4 Gb, terdapat kendala berupa performa komputer yang kurang bagus.

Oleh karena itu, apabila ingin membeli atau melakukan upgrade komputer, minimal gunakan RAM 8 GB agar pekerjaan anda di komputer dan kebutuhan lainnya tidak mengalami lag atau panas yang berlebihan.

RAM PC DDR3 8GB 

Pada awalnya, saat monitor tidak muncul gambar, saya beranggapan kalau masalah tersebut ada pada RAM, sehingga saya pun akhirnya membeli RAM baru dengan kapasitas 8GB DDR3. Dan setelah mencari informasi juga referensi, ternyata masalah bukan pada RAM, namun pada part lain. Akhirnya RAM baru, yaitu RAM DDR3 8GB tetap saya gunakan dengan mengganti salah satu keping yang sebelumnya DDR3 4 GB sebanyak dua keping, saya ganti satu keping pada slot lainnya, sehingga dua slot total menjadi DDR3 12 GB. Lumayan kapasitas agak besar untuk komputer saya selama ini.

RAM PC DDR3 8GB
RAM PC DDR3 8GB
DDR adalah Doble Data Ratememory, pada komputer RAM dengan jenis DDR ini memiliki dua buah jalur atau slot untuk lalu lintas data dari atau ke prosesor. Sebelumnya juga terdapat RAM DDR untuk RAM generasi pertama, RAM DDR2 untuk generasi kedua, RAM DDR3  untuk generasi ketiga, dan juga RAM DDR4 untuk generasi kempat. Yang menarik adalah pemakaian RAM DDR3 inilah yang sangat sering dipakai.

Itu dia sedikit informasi tentang RAM PC antara kebutuhan dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Salam dan terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel