KULINER PROBOLINGGO: GURIHNYA MIE AYAM GAJAH MUNGKUR KHAS SOLO

Mie ayam atau pangsit mie ayam adalah jenis kuliner yang sangat mudah kita temui di sekeliling kita. Selain mudah ditemui, jenis kuliner ini merupakan jenis kuliner yang tidak lekang oleh waktu. Mie ayam adalah jenis kuliner yang sangat disukai juga oleh anak-anak, selain rasanya yang gurih dan mienya yang kenyal. Mie ayam atau yang biasa disebut dengan bakmi ayam merupakan makanan Indonesia yang terbuat dari mie kuning yang telah direbus dalam keadaan mendidih baru ditambahkan saos gurih ditambah lagi dengan irisan daging ayam dan juga sayuran, biasaya berupa sawi. Kali ini kami mencoba mengulas sedikit kuliner dengan tema tentang kuliner Probolinggo, gurihnya mie ayam Gajah Mungkur khas Solo.

Sebenarnya mie ayam adalah jenis kuliner yang berasal dari Tiongkok, lebih tepatnya berasal dari Tiongkok Selatan, dari daerah Pelabuhan Fujian dan Guandong. Yang menarik disini, meskipun bukan makanan asli Indonesia, namun saat ini mie ayam sudah menjadi makanan referensi kuliner Indonesia. Dan makanan ini sudah menyebar diseluruh Indonesia.

Kuliner Di Probolinggo – Nikmatnya Mie Ayam Gajah Mungkur
Mie ayam Gajah Mungkur khas Solo

Kuliner Enak Probolinggo – Mie Ayam Gajah Mungkur

Begitu juga saat saya sedang menikmati istirahat di sebuah rest area di daerah Tongas Probolinggo, setelah turun dari Wisata Gunung Bromo, kami tidak langsung berbelok ke arah jalan raya menuju Surabaya, namun kami mencoba beristirahat sejenak untuk menghilangkan penat dan mencoba mencari cemilan dan beberapa minuman. Dan tidak sengaja kami menemukan sebuah kedai mie ayam di dalam Rest Area Tongas Probolinggo. Nama kedai mie ayam ini adalah “Mie Ayam Gajah Mungkur Khas Solo”.

Kuliner Enak Probolinggo – Mie Ayam Gajah Mungkur
Kedai Mie Ayam Gajah Mungkur 
Kalau biasanya kita pernah mendengar mie ayam Gajah Mungkur yang tersebar di Jakarta, yang rata-rata penjualnya berasal dari Wonogiri dan menggunakan nama Gajah Mungkur. Berbeda dengan Mie Ayam Gajah Mungkur di Rest Area Tongas ini, penjualnya berasal dari Solo. Dengan khas dan keramahan khas Jawa Solo, penjual ini mencoba menawarkan mie ayamnya, sehingga kami tertarik untuk menikmati mie ayam di rest area ini.

Baca Juga: Kuliner Probolinggo - Mie Ayam Gondes.

Kuliner Enak Probolinggo – Mie Ayam Gajah Mungkur
Rest Area Tongas
Mie Ayam Gajah Mungkur ini berlokasi di Rest Area Tongas, Jalan Raya Tongas No. 6, Desa Tongaswetan, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00. Nomor telepon yang bisa dihubungi 0812-3293-9087.

Kuliner Di Probolinggo – Nikmatnya Mie Ayam Gajah Mungkur

Kuliner mie ayam dan bakso di dekat Rest Area Tongas ini sebenarnya banyak, namun tersebar di berbagai tempat di daerah Tongas. Khusus untuk di rest area Tongas ini, hanya mie ayam Gajah Mungkur ini yang bisa anda temukan. Satu porsi mie ayam dibandrol dengan harga Rp. 7.000,-, mungkin karena lokasinya berada di desa, sehingga harganya sangat murah. Dengan segelas minum es teh atau teh hangat harga yang dibandrol hanya Rp. 9.500,-. Tidak sampai Rp.10.000,- lho.

KULINER PROBOLINGGO: GURIHNYA MIE AYAM GAJAH MUNGKUR KHAS SOLO
Satu porsi mie ayam
Untuk porsi mie ayam terbilang pas, tidak banyak juga tidak sedikit. Dengan rasanya yang pas, sangat rugi kalau anda lewat di pesisir utara Probolinggo tidak mampir di tempat kuliner ini.

Tempat Kuliner Probolinggo – Lokasi Mie Ayam Gajah Mungkur

Sebenarnya lokasinya sangat mudah dicari, apabila anda dari Gunung Bromo dan turun melalui pertigaan Tongas, anda bisa belok kanan sedikit dan didepan pertigaan tersebut terdapat Rest Area dengan lahan parkir yang sangat luas dan Kedai Mie Ayam ini berada dibelakang Bank Jatim Tongas. Kalau ingin lengkapnya, anda bisa melihatnya di Google Maps di bawah ini:



Itu dia sedikit ulasan tentang kenikmatan Kuliner Probolinggo, gurihnya mie ayam Gajah Mungkur Khas Solo di Tongas.


Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel