KULINER NUSANTARA: “NASI GORENG”

Kuliner... kuliner ... dan kuliner lagi. Ini dia makanan asli Indonesia yang sering kita jumpaiu dalam kehidupan kita sehari-hari. Bisa dijual di pinggir jalan kaki lima menggunakan gerobak dorong atau bisa dijumpai di rumah yang dimasak ibu-ibu untuk sarapan pagi.

Menikmati sajian kuliner “nasi goreng”,  dengan berbagai bumbu nikmat yang meresap didalam nasi putih yang digoreng, apalagi dengan campuran bawang putih, kecap manis, lada, serta tambahan bumbu lainnya. Menjadikan sebuah kenikmatan kuliner tersendiri saat menikmati seporsi nasi goreng.

Pada tahun 2011, CNN  mengadakan polling di internet yang diikuti oleh 35.000 orang dan menempatkan nasi goreng ini pada rangking kedua dalam daftar “50 makanan terlezat di dunia” setelah rendang. Sungguh luar biasa!!!

Ikon Kuliner Nusantara – Lezatnya Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan masakan nasional Indonesia yang tidak kenal batasan sosial, yang bisa dinikmati mulai dengan gaya yang sederhana yang bisa didapatkan di warung tepi jalan, gerobak nasi goreng keliling sampai dengan restoran yang bertaraf internasional.

Ikon Kuliner Nusantara – Lezatnya Nasi Goreng
Lezatnya Nasi Goreng
Sejarah Nasi goreng.  Menurut catatan sejarah, nasi goreng sudah ada sejak 4000 SM dan merupakan masakan tradisional Tionghoa yang kemudian tersebar ke Asia Tenggara oleh para perantau dari Tionghoa yang kemudian menetap dan menciptakan nasi goreng khas lokal dengan bumbu dan cara menggoreng yang berbeda. Sebenarnya nasi goreng ini muncul dari beberapa sifat kebudayaan Tionghoa, yang tidak menyukai untuk mencicipi makanan dalam keadaan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Oleh karena itu nasi yang sudah dingin tersebut digoreng yang kemudian disajikan kembali di meja makan.

Baca Juga:

Kuliner Enak Nusantara – Nasi Goreng Selera Indonesia

Variasi Nasi Goreng. Terdapat banyak macam dan ragam nasi goreng yang dijual di masyarakat. Dan hal ini memberikan pilihan bagai masyarakat untuk menikmati nasi goreng, diantaranya adalah :
  • Nasi goreng Jawa, nasi goreng ini, biasanya ditambahi dengan sambal yang diulek sehingga membuat rasanya pedas.
  • Nasi goreng kambing, yaitu nasi goreng yang digoreng bersamaan dengan daging kambing sehingga memiliki aroma khas daging kambing.
  • Nasi goreng ikan asin, yaitu nasi goreng yang digoreng menggunakan ikan asin.
  • Nasi goreng petai, nasi goreng ini cukup digemari karena menggunakan petai sebagai campuran dan aroma serta rasanya yang menggoda.
  • Dan banyak lagi ragam nasi goreng yang bisa menjadi pilahan.

Kuliner Enak Nusantara – Nasi Goreng Selera Indonesia
Nasi Goreng Nikmat
Penyajian Nasi Goreng.  Nasi goreng memang spesial karena bisa dinikmati kapan saja, dan lebih enak apabila dinikmati selagi hangat. Nasi yang digunakan sebagai bahan nasi goreng adalah nasi yang sudah ditanak terlebih dahulu dan dibiarkan dingin, baru kemudian digoreng untuk membuat nasi goreng ini menjadi lebih nikmat.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel