KULINER PASURUAN: “SATE PAK KUMIS - NGULING”

Kuliner masih menjadi topik menarik untuk dibicarakan, salah satunya adalah saat menikmati perjalanan ke daerah Bromo dan menginap di salah satu daerah yang berdekatan dengan arah menuju Bromo, kami sempat mencoba beberapa kuliner kaki lima yang kebetulan ramai, salah satunya adalah Kuliner Pasuruan, Sate Pak Kumis Nguling. Bisa dikatakan tempat kuliner ini sangat ramai dan menjadi tujuan kuliner bagi masyarakat Nguling dan sekitarnya.

Berbicara tentag sate, pasti sangat mudah untuk ditemui mulai dari yang menjajakan keliling dengan motor, dengan gerobak, atau mangkal di depan toko yang sudah tutup, bahkan sampai dengan restoran terkenal. Sate memang salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat disukai, baik itu sate ayam, maupun sate kambing.

KULINER PASURUAN: “SATE PAK KUMIS - NGULING”
Sate Pak Kumis Nguling

Kuliner Pasuruan Probolinggo – Sate Pak Kumis Nguling

Sebenarnya pasti anda bertanya mengapa disebut Kuliner Pasuruan Probolinggo?. Mengapa tidak kuliner Pasuruan saja. Saya menyebutnya faktor lokasi, lokasi Nguling memang berada di perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo, dan kebanyakan masyarakat di daerah Probolinggo yang dekat dengan Pasuruan lebih senang berbelanja ke daerah Nguling, misalnya daerah Tongas dan sekitarnya.

Kuliner Pasuruan Probolinggo – Sate Pak Kumis Nguling
Sate Pak Kumis Nguling
Lokasi Sate Pak Kumis ini sebenarnya sangat mudah dijangkau, berada di pinggir jalan di depan toko arah menuju Pasar Nguling atau setelah Kantor Bank Mandiri Nguling. Tanda yang paling mudah dilihat adalah adanya banner yang menunjukkan “Sate Pak Kumis”, dan biasanya ramai dipenuhi para pembeli sambil berdiri.

Baca Juga: Warung Ijo Dalam Pasar Nguling Pasuruan.

Kuliner Pasuruan Probolinggo – Sate Pak Kumis Nguling
Proses membakar sate

Kuliner Pasuruan Murah di Daerah Nguling

Menikmati kuliner sate memang menyenangkan, apalagi ditambah baluran saus kacang yang gurih, ditambah dengan manis sedapnya kecap. Hmmmm...nikmat banget. Sate yang dijual oleh Pak Kumis memang kuliner sate tradisional khas Madura, dan kebetulan didaerah Nguling banyak yang berasal dari daerah Madura, meskipun banyak suku lain yang juga tinggal di daerah Nguling ini.

Kuliner Pasuruan Murah di Daerah Nguling
Satu porsi sate ayam
Selain sate ayam, juga dijual sate kambing, namun yang lebih banyak dibeli dan lebih laris adalah sate ayam, per porsi sate ayam dijual dengan harga Rp. 10.000,- belum termasuk nasi.

Kuliner Pasuruan Murah di Daerah Nguling
Warung Sate Pak Kumis
CULINARY SUMMARY :
  • Budget Aman : Rp. 10.000,- per porsi untuk sate ayam dan Rp. 15.000,- per porsi untuk sate kambing.
  • Tempat Parkir : Tidak Tersedia (Hanya dipinggir jalan menuju Pasar Nguling)
  • Wi-Fi : Tidak Ada
  • Cara pembayaran : Cash
  • Alamat : Jalan Arah Menuju Pasar Nguling Pasuruan (tepatnya setelah Bank Mandiri Nguling). 
  • Jam buka :Pukul 17.00 sampai dengan sate yang dijual habis.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel