KULINER PASURUAN: “WARUNG IJO DI DALAM PASAR NGULING”

Menikmati kuliner sepertinya menjadi hal yang menyenangkan terutama bagi saya. Begitu juga dengan saya, saat tidak sengaja untuk singgah sebentar di suatu pasar di daerah Nguling Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Memang tidak ada rencana untuk menikmati makanan apa pun di daerah ini, apalagi di area Pasar Nguling ini. Namun mencoba menikmati tempat makan enak di Pasuruan dan Kuliner Pasuruan khususnya di derah ini membuat rasa penasaran bertambah.

Pada awalnya memang hanya memesan secangkir kopi susu sachet yang jelas murah banget, sambil duduk santai. Lama-lama tergiur juga dengan aroma makanan di warung ini. “Warung Ijo”, saya menyebutnya karena warung ini tidak memiliki nama, hanya warung dengan cat hijau. Lokasinya di dalam Pasar Nguling, berada dideretan parkiran sepeda motor roda tiga, dan biasanya memang menjadi tempat mangkal dan nongkrong para penarik motor mesin roda tiga ini.

KULINER PASURUAN: “WARUNG IJO DI DALAM PASAR NGULING”
Warung Ijo Pasar Nguling

Wisata Kuliner Kabupaten Pasuruan – Lezatnya Nasi Rawon

Kenyamanan. Mungkin bagi yang sudah terbiasa dengan kondisi hidup di dalam pasar tradisional seperti di Pasar Nguling sudah menjadi hal biasa, namun bagi kalian penikmat kuliner yang biasa menikmati kuliner di tempat makan modern yang bersih dan tertata, mungkin belum terbiasa. Bagi saya sih, tidak masalah yang penting makanannya bersih dan enak.

Wisata Kuliner Kabupaten Pasuruan – Lezatnya Nasi Rawon
Tempat menikmati makanan di dalam Warung Ijo
Menu makanan. Makanan yang disajikan warung ini, adalah makanan yang biasa dimasak di rumah atau bisa disebut warung ini menyediakan makanan rumahan yang disediakan bagi para pedagang di pasar ini. Terdapat tiga jenis menu utama yang ditawarkan yaitu rawon, sayur lodeh nangka muda dan sayur bening. Ditambah lagi denagn aneka lauk.  Selain terdapat menu tersebut juga terdapat lauk yang hampir sama dengan sate dari Solo yang biasa disebut dengan nasi kere. Saya pun memilih nasi rawon ditambah lauk sate. Satu porsi nasi rawon dengan sate hanya sebesar Rp. 10.000,-, harganya sangat terjangkau.

Wisata Kuliner Kabupaten Pasuruan – Lezatnya Nasi Rawon
Nasi Rawon dan Sate
Kalau “sate kere” adalah sebutan makanan khas dari Kota Solo yang dibentuk dengan bentuk sate dan terbuat dari tempe gambus. Selain tempe, bahan pembuatan sate kere juga menggunakan jeroan sapi misalnya usus sapi dan paru. Kalau pada sate kere bumbunya menggunakan bumbu kacang yang sama dengan sate-sate lainnya pada umumnya.

Baca Juga : Ayam Bakar Wong Solo | Pasuruan.

Di warung Ijo sate nya menggunakan bahan jeroan dan gajih atau lemak dari sapi, namum bumbunya menyerupai sate komoh yaitu sate yang dibumbui terlebih dahulu menggunakan bumbu kelapa baru kemudian dibakar, sampai tercium bau wangi khas sate.

Wisata Kuliner Kabupaten Pasuruan – Lezatnya Nasi Rawon
Proses bakar sate

Tempat Kuliner Di Pasuruan

Nikmatnya minum kopi. Selain menikmati makanan di warung ini, sambil menikmati waktu kita bisa meminum kopi. Selain kopi asli yang ditumbuk dan diproduksi sendiri, kita bisa memilih kopi pabrikan atau kopi sachet. Lumayanlah murah meriah.

Memang menikmati kuliner di pelosok-pelosok daerah seperti di dalam Pasar Nguling ini sangat menyenangkan dan mengenyangkan. Rasanya pada tulisan yang akan datang akan kami coba untuk menikmati kuliner di daerah seperti di Pasar Nguling ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel