KOPI KAMPOENG BROMO PROBOLINGGO

Sajian kopi masih menarik untuk diulas, ditambah lagi dengan masih terbukanya peluang untuk berbisnis kopi. Bahkan saat ini mulai banyak wirausaha-wirausaha muda yang mulai menggeluti bisnis kopi, mulai dari proses kopi sampai dengan produk barang jadi kopi. Selain sensasi rasa yang begitu menggiurkan, juga taste dari masing-masing jenis kopi membuat para pecinta kopi selalu menyukai kopi yang ada.

Salah satu usaha kopi yang mulai berkembang, adalah usaha kopi yang ada di Kota Porobolinggo. Saat ini Probolinggo memiliki berbagai tempat minum kopi dengan berbagai alatnya yang menarik, bahkan ada yang menawarkan kopi dengan tema yang menarik, dimana kopi baru disajikan, saat anda memesan dalam arti, mulai proses brewing sampai dengan penyeduhan dilakukan saat itu juga, sehingga kopi bisa dinikmati dengan rasa yang nikmat. Bahkan dengan semakin banyaknya penggemar kopi di Kota Probolinggo, hal ini berakibat juga pada munculnya bisnis kopi baru di Kota Probolinggo, salah satu jenis kopi Probolinggo, yaitu “Kopi Kampoeng Bromo”.

KOPI KAMPOENG BROMO PROBOLINGGO
Sajian Kopi Kampoeng Bromo

Kopi Hitam – Kampoeng Bromo

“Kopi Kampoeng Bromo”, merupakan kopi yang dibuat asli dari Kota Probolinggo. Terdapat dua jenis varian kopi yang menjadi unggulan Kopi Kampoeng Bromo ini, yaitu jenis kopi Liberika dan kopi Arabica. Kampoeng Bromo, seolah memberikan citra positif bahwa kota kecil seperti Probolinggo, memiliki produksi khas kopi yang lezat. Apalagi dengan ciri khas simbol gunung Bromo di cover packagingnya yang mencirikan kopi ini bener-benar dari Kota Probolinggo.

Kopi Hitam – Kampoeng Bromo
Kopi Liberika Kampoeng Bromo
Sangat menarik sekali mengikuti perkembangan kemajuan produk dari Kopi Kampoeng Bromo, sempat mati suri beberapa tahun lalu, saat ini kopi ini bangkit menggebrak bisnis kopi yang ada di nusantara, dan anda pun bisa dengan mudah mendapatkan kopi ini melalui marketplace atau grup-grup kuliner yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Nikmatnya Summer Espresso Bale Sere Surabaya.

Sebagai pilihan kopi enak, tepat sekali owner dari Kopi Kampoieng Bromo hanya menawarkan jenis varian Kopi Liberika dan Kopi Arabika. Hal ini disebabkan Kopi Liberika dan Kopi Arabika adalah kopi yang memiliki image premium. Ditambah lagi, hanya sedikit tempat minum kopi dan cafe yang menawarkan kopi brewing dengan jenis arabika di Kota Probolinggo

Kopi Nusantara

Sebagai salah satu produk kopi yang mengisi kekayan jenis kopi di Indonesia, kopi liberika menjadi produk unggulan dari Kampoeng Bromo ini. Jenis kopi ini memang belum banyak dikenal, karena kebanyakan kopi yang beredar di pasaran adalah jenis kopi arabika dan robusta. Kopi Arabika memang lebih banyak disajikan di cafe atau pun restoran, sedangkan kopi robusta lebih banyak mendominasi sebagai bahan baku kopi instan.

Kopi Nusantara
Aneka Pilihan Kopi Liberika Kampoeng Bromo
Kondisi ini sangat berbeda dengan kopi liberika, kopi liberika memiliki aroma yang lebih menyengat dibanding jenis kopi arabika dan robusta, sekilas memiliki aroma buah nangka, dan hal inilah yang menyebabkan jenis kopi liberika sangat sulit diperoleh di pasar lokal. Komoditas kopi liberika termasuk langka di Indonesia, dan sangat sedikit petani kopi yang membudidayakan jenis kopi liberika.

Pada awalnya kopi liberika merupakan tanaman kopi yang berasal dari Afrika, tepatnya dari Liberia. Dan saat itu jenis kopi ini dimasukkan dalam bagian kopi robusta, dengan nama ilmiah Coffea canefora. Namun kondisi terkini, kopi ini dipisahkan dengan jenis kopi robusta dan merupakan spesies kopi tersendiri yang bernama Coffea liberica. Kopi ini masuk ke Indonesia sekitar Abad ke-19 di daerah Bengkulu dan Jambi, saat itu tanaman kopi arabika terserang penyakit.

Sajian Kopi Kampoeng Bromo
Kopi liberika memiliki ciri khas yang berbeda dibanding kopi arabika dan robusta, dari sisi aroma memiliki aroma yang menyengat tajam dengan rasanya yang pahit. Dalam kehidupan sehari-hari kopi Liberika disebut juga dengan kopi nangka. Aroma nangka memang membuat kopi Liberika memiliki aroma harum, dan menjadikan ingin meminum tegukan kopi liberika yang lezat ini.

SUMMARY REVIEW :
  • Nama Produk : Kopi Kampoeng Bromo 
  • Produk : Kopi Liberika dan Kopi Arabika
  • Budget : Ukuran 100 gram sekitar Rp. 25.000,-, sedangkan ukuran 250 gram Sekitar Rp. 60.000,- atau tergantung permintaan konsumen.
  • Cara pembayaran : Cash Only (untuk pesanan bisa melalui tranfer)
  • Contact HP : 0823 3718 8809


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel