KULINER NUSANTARA: “LEZATNYA RUJAK PETIS“

Satu lagi kuliner nikmat dari Surabaya yang membuat kita ketagihan. Kuliner ini sudah menyebar ke seluruh Jawa Timur dengan rasanya yang nikmat, perbedaan rasa mungkin saja dari perbedaan petis.

“Rujak petis”, adalah makanan tradisional berbahan dasar bumbu petis yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, khususnya Surabaya. Dalam satu porsi rujak petis terdapat irisan buah dan sayur yang membuat rujak terasa segar, antara lain irisan timun, kecambah, sayur kangkung, lauk tahu atau pun tempe. Namun terkadang ada juga yang menambahi dengan buah bengkuang, kedodndong atau pun mangga muda.

KULINER NUSANTARA: “LEZATNYA RUJAK PETIS“
Rujak Petis
Baca Juga : Nikmatnya Rujak Soto.

Sebenarnya rahasia utama rujak terletak pada pemilihan petis, selain petis terdapat bumbu yang harus dicampur atau diulek menjadi satu yaitu cabai, kacang tanah yang telah digoreng, garam, gula merah, sedikit air sebagai pengencer dan tidak lupa irisan pisang biji hijau (pisang klutuk). Setelah itu baru disajikan, biasanya alas penyajian menggunakan daun pisang, yang menambah sedap aroma arujak.

Sebenarnya pada kesempatan ini, ingin rasanya sekalian mengulas tentang rujak cingur khas Surabaya, namun sepertinya melenceng dari topik utama tentang rujak petis. Jadi sementara, sekian dulu kawan sedikit ulasan tentang kuliner rujak petis. Semoga bisa memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel