EVENT KULINER 2018: “FESTIVAL DURIAN“

Durian... Siapa yang tidak suka dengan durian. Meskipun aromanya yang menyengat, tetapi gambaran kenikmatan daging buah durian pasti menggugah selera untuk menikmatinya. Buah durian adalah buah yang berukuran besar dan termasuk dari daftar buah-buahan yang memiliki kulit dengan duri tajam dan keras. Daging buah durian yang nikmat ini biasanya memiliki warna kuning keemasan, dan terkadang ada juga yang memiliki warna putih agak pucat (daging buah durian dengan warna ini biasanya memiliki rasa yang tidak manis).


Festival Durian 2018

Probolinggo, sebuah kota di timur Kota Surabaya, merupakan sebuah kota dan kabupaten yang memiliki alam dan tekstur yang cocok untuk pertumbuhan buah durian. Salah satu daerah di Probolinggo yang cocok untuk perkembangan buah durian adalah di Lumbang dan di wilayah Tiris. Dengan adanya daerah yang bisa menghasilkan durian ini maka Pemerintah Kabupaten Probolinggo berusaha memfasilitasi pedagang dan petani durian ini dengan mengadakan “Festival Durian”  pada tanggal 22 sampai dengan 25 Februari 2018. Dan sepertinya bazar atau festival ini akan berlanjut dengan adanya jadwal acara seperti yang tertera di pengumuman panitia.


 EVENT KULINER 2018: “FESTIVAL DURIAN“
Festival Durian 2018 di Tongas, Probolinggo
Dengan mengadakan festival durian di Rest Area Tongas, Kabupaten Probolinggo, yang lokasinya sangat strategis, dan merupakan arah menuju Bali atau pun sebaliknya menuju Surabaya, ditambah lagi pertigaan Tongas merupakan pintu masuk menuju Wisata Pegunungan Bromo, hal ini menjadi daya tarik tersendiri agar para pengunjung dari luar kota berkenan untk datang atau minimal berhenti sejenak untuk membeli durian yang dipamerkan.

Baca Juga: Kuliner Angkringan Tunjungan Surabaya.

Dan sepertinya hal ini berhasil, dibuktikan dengan ramainya festival durian tersebut, dan banyaknya pengunjung yang memborong durian untuk dinikmati di rumah. Ada juga yang sengaja ingin menikmati di lokasi festival, karena menganggap menikmati durian di lokasi tidak akan kena tipu karena membeli durian yang tidak manis. Namun sebenarnya hal tersebut tidak demikian, karena kita sendiri yang haus pintar untuk memilih durian tersebut. Selain informasi tentang Festival Durian, dalam tulisan kali ini juga akan saya sambung sekilas tentang durian.


Festival Durian 2018
Banner informasi festival durian


Sekilas tentang Durian. 

Durian adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Nama populerya di luar negeri adalah “King of Fruit”. Buah durian juga disebut buah penuh kontroversi, disebabkan banyaknya orang yang suka dengan buah ini, dan ada orang yang tidak suka dengan aroma buah durian.


Sekilas tentang Durian.
Durian
Durian ternyata juga miliki gizi yang tinggi. Dalam setiap 100 gram salut biji mengandung 67 gram air, 28,3 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, 2,5 gram proten, 1,4 gram serat serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Selain itu durian juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C, kalium, kalsium dan fosfor.


Manfaat Durian. 

Terdapat banyak manfaat durian yang selama ini belum saya ketahui, namun dari beberapa sumber, terdapat manfaat yang terkandung di dalam buah durian:


Manfaat Durian.
Durian yang sudah dibelah
  1. Durian juga memiliki serat, yang dapat melindungi membran mukosa usus dari racun dan mengikat senyawa kimia penyebab kanker. Dan sekaligus melancarkan pencernaan.
  2. Ternyata ini yang luar biasa... Durian tidak membuat darah tinggi, karena durian kaya akan potasium yang dapat melancarkan peredaran darah, mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular dan mengurangi penyempitan arteri, karena penumpukan plak, mencegah stroke dan serangan jantung.
  3. Anda susah tidur, nikmati durian. Hal ini akan membantu anda mengatasi insomnia, dikarenakan kandungan triptofan atau asam amino yang memberi perasaan bahagia, relaksasi dan kantuk.
  4. Lemak yang terkandung dalam durian tidak berbahaya, dikarenakan lemak durian adalah termasuk jenis lemak tidak jenuh yang membuat tubuh sehat.
  5. Kalori yang terkandung dalam buah durian membuat tubuh bersemangat dan bersinergi. Namun pada kondisi ini dokter tidak menyarankan mengkonsumsi buah durian dengan berlebihan  karena efek kalori yang tinggi dan berakibat naiknya berat badan, juga bisa berbahaya bagi penderita diabetes mellitus. (Sumber dari NusaPedia).

Jadi baru tahu kalau durian memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dan kalau pun ada Festival Durian atau pun bazar durian, bisa dong untuk membeli barang satu atau dua butir sekedar mencicipi kenikmatan durian.


Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel