KULINER PROBOLINGGO: “KEDAI KETAN BROMO & STMJ“

Menikmati malam minggu, sambil berkumpul bersama teman, mungkin menjadi sebuah momen yang mengesankan. Namun bisa saja kita menikmati waktu sambil duduk santai di sebuah tempat berkumpulnya orang-orang, bisa di warung kopi atau di rumah.

Kali ini tulisan kuliner kita lebih banyak berbicara tentang tulisan santai di sebuah tempat nongkrong dan juga sebuah persinggahan di Pantai Utara Jawa Timur, tepatnya di daerah pesisir yang masuk bagian dari Kabupaten Probolinggo. Tempat ini memang menjadi tujuan sementara bagi orang-orang yang menuju ke Kota Surabaya atau sebaliknya.

KULINER PROBOLINGGO: “KEDAI KETAN BROMO & STMJ“
Kedai Ketan Bromo dan STMJ Tongas Probolinggo

Kuliner Malam Probolinggo

“Kedai Ketan Bromo dan STMJ”, kedai ketan ini berlokasi di Jalan Raya Tongas, Kabupaten Probolinggo atau tepatnya di depan Kantor Kecamatan Tongas, atau kalau dari arah Kota Surabaya sebelum Rest Area Tongas. Sangat mudah memang untuk menjangkau tempat ini, apalagi terdapat tanda unik berwarna biru yang menjadi ciri khas kedai ketan ini.

Kuliner Malam Probolinggo
Menikmati ketan dan kopi
Kedai ketan ini memang sudah lama berdiri, lebih dari sepuluh tahun atau lima belas adanya, sehingga wajar bila pelanggannya sangat paham dengan karakter warung ini. Buka mulai pukul 17.00 sampai dengan pagi menjelang Shubuh, warung atau kedai ini memang tepat bila disebut “Kuliner Malam di Probolinggo”.

Baca Juga : Tahu Tek Telur A. Yani | Probolinggo.

Tempatnya yang luas, dengan dilengkapi tempat duduk dan meja panjang dan lesehan untuk istirahat semntara, memang memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang sedang dalam perjalanan. Selain itu juga disediakan wifi gratis yang juga menjadi daya tarik bagi yang ingin berselancar di dunia maya.

Kuliner Malam Probolinggo
Secangkir White Coffee
Kedai ini menyediakan makanan utamanya berupa ketan bubuk. Namun kebetulan saya tidak menikmati makanan ini, karena saya cenderung ingin menikmati menu lain. Selain ketan, menu yang disediakan adalah nasi bungkus dan mie instan yang bisa dinikmati dengan telur mata sapi atau ceplok.

Kuliner Malam Probolinggo
Ketan Bubuk (Foto: Google Maps dari Efys Suypriyadi)

Wisata Kuliner Probolinggo – Hangatnya STMJ

STMJ atau merupakan singkatan dari susu telur madu jahe ini merupakan menu minuman yang menjadi andalan di kedai ini selain ketan. Minuman ini adalah campuan atau mix dari susu cair, telur kampung, madu dan jahe. Minuman ini memang favorit di kedai ini, karena dipercaya bisa meningkatkan vitalitas.

Wisata Kuliner Probolinggo – Hangatnya STMJ
STMJ
Susu yang ada dalam STMJ memang menjadi sumber nutrisi yang penting bagi tubuh karena mengandung protein dan Vitamin B dan kalsium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Selain susu, juga terdapat telur dalam STMJ yang memiliki kandungan gizi yang penting bagi tubuh kita, misalnya karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino penting.

Unsur lain yang terkandung dalam STMJ adalah madu, madu ini menjadi bermanfaat karena tersusun dari senyawa glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral penting lainnya. Madu ini juga memilki fungsi untuk pembentukan darah dan membunuh bakteri, royal jelly-nya juga berfungsi menanggulangi masalah yang disebabkan kekurangan jaringan.

Satu lagi unsur dalam STMJ adalah Jahe, jahe terbukti dapat mengurangi rasa mual, mengobati masuk angin dan meningkatkan nafsu makan. Jadi tidak ada salahnya sekali-kali mengkonsumsi STMJ ini, karena sangat bermanfaat bagi tubuh.

Selain STMJ, juga disediakan minuman lainnya yang bisa dinikmati pecinta kuliner dan pelanggan kedai ketan ini, misalnya kopi, jahe atau pun susu jahe.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel