RESEP MASAKAN IBU RUMAH TANGGA: “NASI BAKAR AYAM TERI KEMANGI”

Memilih menu makanan sehat saat ini, sudah menjadi kebutuhan kita, apalagi dengan berbagai kondisi cuaca dan alam yang tidak mendukung, dalam arti polusi udara dan banyak lagi pengaruh yang mempengaruhi kesehatan tubuh, yang mengharuskan kita untuk selalu memilih makanan dan menu yang sehat. Berkaitan dengan hal tersebut, seorang ibu pada jaman sekarang harus memiliki sejuta bahkan banyak cara agar bisa membuat menu sehat di rumah. Pada kesempatan ini, kami mencoba membagi informasi tentang menu resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga, yang tentunya bisa di coba.

Kali ini menu resep yang kami bagi adalah nasi bakar. Mengapa nasi bakar yang dipilih dalam pilihan resep pada edisi ini?. Hal ini disebabkan, menu nasi bakar saat ini di beberapa tempat makan, restoran bahkan kuliner online sangat favorit. Namun, nasi bakar yang kami bagikan adalah menu “Nasi Bakar Ayam Teri Kemangi”.

Resep Masakan Sederhana Ibu Rumah Tangga Sehari Hari

Nasi bakar, bisa dikatakan saat ini, menu nasi yang dibakar ini menjadi sangat favorit dikalangan para pecinta kuliner. Sebagai salah satu bagian kuliner yang eksotis di nusantara, kemunculannya memang tidak ada yang bisa menebak dan tidak diketahui kapan pertama kali menu nasi bakar ini ada. Namun yang pasti, nasi bakar yang ada, sebenarnya adalah nasi yang telah dibumbui dengan santan layaknya nasi uduk dan dibungkus juga dengan daun pisang, dengan bentuk seperti lontong atau nasi timbel.

RESEP MASAKAN IBU RUMAH TANGGA: “NASI BAKAR AYAM TERI KEMANGI”
Nasi bakar ayam teri kemangi (Gambar Ilustrasi)
Yang membedakan nasi bakar ini adalah, nasi ini rasanya gurih meskipun tidak dinikmati dengan lauk tambahan, karean didalamnya sudah diisi makanan tambahan yaitu udang, ayam cincang, daging filet, cumi, daging sapi cincang atau pun ikan teri. Sebelum dinikmati, nasi berbungkus daun pisang tersebut dibakar di atas bara api agar aroma nasi dan lauk didalamnya dapat menyatu. Yang luar biasa adalah begitu nasi bakar ini dibuka, aromanya sangat terasa wangi dan rasanya juga enak.

Sebagai ide dan informasi tentang nasi bakar, maka kami membuat menu yang sangat berbeda dibanding edisi sebelumnya, yaitu “Nasi bakar ayam teri kemangi”. Ikan teri, banyak yang belum tahu tentang khasiat dan manfaatnya. Sebagai salah satu jenis dari keluarga ikan anchovy, ikan ini memiliki karakter dan cita rasa yang unik. Ikan ini bisa diolah mejadi berbagai macam jenis kuliner. Dan yang pasti, bisa dijadikan sumber nutrisi kesehatan. Beberapa manfaat mengkonsumsi ikan teri bagi kesehatan, antara lain kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan dikarenakan kandungan didalamnya, ikan teri juga baik dikonsumsi penderita diabetes, selain itu juga mampu menjaga kesehatan jatung, ikan teri juga baik untuk kesehatan tulang dan menjaga kesehatan serta fungsi otak.

Namun selain manfaatnya yang baik untuk tubuh, namun bagi anda penderita asam urat sangat tidak disarankan mengkonsumsi ikan teri ini, karena ikan teri asin mengandung senyawa purin yang dikawatirkan membuat kambuhnya asam urat.

Selain ikan teri, dalam nasi bakar ini, juga terdapat daun kemangi. Daun kemangi selain dijadikan pelengkap sajian makanan, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Terdapat nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam daun kemangi. Daun kemangi segar mengandung air, antioksida lutein, protein, karbohidrat dan zeaxaanthin dan serat. Selain itu, daun kemangi juga bermanfaat untuk kesehatan, antara lain mampu mengatasi jerawat, menyehatkan sistem pencernaan, mencegah stress, mempercepet penyembuhan luka dan memiliki sifat anti radang dan anti kanker.

Resep Masakan Sehari-Hari Khas Jawa Timur

Sebagai pilhan menu resep khas Jawa Timur “Nasi Bakar Ayam Teri Kemangi”, kami mendapatkannya dari Facebook dari Halaman “Resep Unggulan” untuk aneka kreasi nasi bakar. Dengan harapan agar pecinta kuliner tertarik dan dapat mempraktekkannya. Ingin langsung mencoba, ini adalah tahapan dalam mempersiapkan masakan  “Nasi Bakar Ayam Teri Kemangi” :

Bahan-bahan:

  • 3 piring Nasi (dari 2 1/2 cup beras)
  • 5 sdm Daging ayam cincang
  • 5 sdm Teri medan, goreng 1/2 matang
  • secukupnya Daun kemangi
  • 3 sdm Santan kental
  • 2 lembar Daun salam
  • 2 buah Serai, memarkan
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1 sdt Kaldu bubuk
  • secukupnya Daun pisang

Bumbu halus :

  • 5 siung Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih
  • 7 buah Cabe rawit merah
  • 1 sdt Garam 
Baca Juga :

    Langkah:

    • Bumbu halus ditumis sampai bau harum muncul, kemudian segera masukkan serai, ayam, serta daun salam. Dan masak ayam sampai terjadi perubahan warna dan harus matang dan sesekali diaduk, baru kemudian dimasukkan teri dan santan, baru kemudian ditambahkan gula pasir, kaldu bubuk dan merica, dan aduk lagi.
    • Langkah selanjutnya adalah nasi dimasukkan dan diaduk secara merata, baru kemudian ditambahkan kemangi, diaduk lagi dan dimasak sampai daun kemangi layu dan bumbu yang dicampur meresap, baru kemudian api dimatikan.
    • Langkah terakhir. Ini adalah proses finishing, carilah daun pisang yang cukup panjang, dan taruh nasi secukupnya, baru kemudian digulung seperti dalam proses membungkus lontong. Sebelum disajikan, nasi tersebut dibakar dulu, selain agar aroma bau harum daun pisang muncul juga untuk menambah kenikmatan nasi bakar ayam teri kemangi ini. 
    Itu dia beberapa informasi dan tahap-tahap membuat menu resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga “Nasi Bakar Ayam Teri Kemangi’. Semoga menginspirasi dan bisa dipraktekkan.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel