LIBURAN JOGJAKARTA: “TAMAN PINTAR SEBUAH WISATA EDUKASI”

Apa yang anda bayangkan tentang Jogjakarta?. Pasti kota dengan banyak sebutan yang menarik. Dan tentunya selalu membuat kita untuk ingin selalu menikmati suasana Jogjakarta yang tenang, ditambah lagi dengan suasana tradisional Jawa yang begitu kental. Bahkan dengan banyak sebutan selain kota wisata, Jogjakarta juga disebut dengan kota pendidikan, karena banyak sekali tempat wisata yang memiliki fasilitas edukasi yang menarik.

Salah satu tempat di kawasan Malioboro, Jogjakarta yang memiliki berbagai fasilitas tersebut adalah “Taman Pintar Jogjakarta”. Tempat edukasi ini terletak di sebelah timur perempatan Jalan Malioboro atau berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1 – 3, Gondomanan, Ngupasan,  Jogjakarta. Taman Pintar ini berada di pusat Kota Jogjakarta, adalah sebuah wahana wisata  yang diperuntukkan untuk anak-anak yang dibangun sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kerasi dengan suasana yang menyenangkan.

Pengalaman Liburan di Jogjakarta dan Serunya Menikmati Edukasi di Taman Pintar

Pada awal keberangkatan menuju Jogjakarta, sebenarnya tidak terbayang untuk mengajak anak-anak menikmati liburan di wisata edukasi Taman Pintar ini. Namun, karena liburan ini memang sengaja membuat anak-anak belajar sejarah dan sekaligus bisa berlibur sambil belajar, maka salah satunya adalah memilih Taman Pintar sebagai sarana liburan dan belajar. Dan ternyata di tempat wisata ini sangat lengkap, karena terdapat berbagai wahana yang bisa membuat anak-anak tertarik belajar ilmu pengetahuan.

LIBURAN JOGJAKARTA: “TAMAN PINTAR SEBUAH WISATA EDUKASI”
Taman Pintar Yogyakarta
Terdapat banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan pengunjung, khususnya anak-anak. Anda bisa mencoba berbagai wahana, misalnya belajar meneliti di gedung oval atau belajar tentang tata surya di gedung planetarium. Sebagai tempat wisata yang memadukan antara rekreasi dan edukasi pada satu lokasi, membuat taman ini menjadi menarik, apalagi dengan adanya arena bermain sekaligus sarana edukasi yang memiliki zona tersendiri, dan ditambah lagi dengan akses langsung menuju pusat buku Jogjakarta yang merupakan bekas Shopping Centre.

Baca Juga:
Dan, anak-anak pun sangat puas dan begitu menikmati berbagai wahana, apalagi di umur mereka yang memiliki rasa penasaran yang luar biasa. Saya bisa mengambil kesimpulan bahwa tempat wisata ini sangatlah cocok untuk anak-anak, apalagi mereka sedang dalam tahap perkembangan dan belajar.

Tentang Taman Pintar Jogjakarta

Sebagai taman yang difokuskan pada ajang edukasi, maka dengan motonya, yaitu mencerdaskan dan menyenangkan, maka taman edukasi yang dibangun sejak tahun 2003 ini, memiliki tujuan yang positif yang luar biasa yaitu untuk mengembangkan minat anak-anak dan para generasi muda terhadap sains melalui imajinasi, percobaan, dan permainan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Dan tentunya Taman Pintar ini berusaha mewujudkan ajaran dari Ki Hajar Dewantara, yaitu Niteni (Bahasa Jawa) berarti memahamai, Niroake (Bahasa Jawa) yaitu menirukan, dan Nambahi (Bahasa Jawa) berarti mengembangkan.

Tentang Taman Pintar Jogjakarta
Air mancur 
Pembangunan Taman Pintar ini selesai pada tanggal 16 Desember 2008 dan diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dan pada kesempatan ini bisa terbilang, Pemerintah Jogjakarta mampu mewujudkan harapan masyarakat Jogjakarta untuk bisa memiliki tempat wisata edukasi untuk anak-anak yang sedang dalam tahap usia sekolah.

Taman Pintar ini memiliki beberapa zona dan wahana, yang bisa dinikmati para pengunjung, antara lain:
  • Playground. Zona ini adalah zona penyambutan dan permainan serta berbagai ruang publik bagi para pengunjung. Pada zona ini disediakan berbagai wahana untuk bermain, antara lain parabola berbisik, rumah pohon, pipa bercerita, koridor air, spektrum warna dinding berdendang, jembatan goyang, air menari, jungkat jungkit, sistem katrol, engklek, forum batu dan istana pasir.
  • Gedung Oval. Pada zona ini terdiri dari zona pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan, zona pemaparan, sejarah, ilmu pengatahuan dan teknologi.
  • Gedung Heritage. Zona ini diperuntukkan bagi pendidikan anak usia dini yang terdiri dari anak-anak usia pra sekolah hingga taman kanak-kanak.
  • Gedung Kotak. Pada gedung ini terdapat berbagai zona dan terdiri tiga lantai. Pada lantai pertama merupakan zona sarana pelengkap Taman Pintar yang mencakup ruang pameran, ruang audio visual, radio anak Jogjakarta, food court, dan souvenir center. Pada lantai kedua, merupakan zona materi dasar dan zona penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdiri dari Indonesiaku, jembatan sains, teknologi populer, perpustakaan, dan teknologi canggih. Pada lantai tiga terdapat laboratorium sains, animasi dan televisi, serta courses class.

Liburan Hemat Jogja

Berbicara tentang biaya, tentunya setiap tempat wisata memiliki standar masing-masing, namun kita bisa memilih sesuai dengan budget yang kita anggarkan. Namun diantara berbagai tempat wisata, Taman Pintar ini memiliki harga tiket yang paling murah, meskipun harga biaya relatif bagi semua orang. Menurut saya harga tiket relatif terjangkau, untuk anak-anak sebesar Rp. 10.000 dan dewasa Rp. 18.000. Taman Pintar ini buka mulai Selasa – Minggu pukul 09.00 dan tutup pukul 16.00.

Namun yang paling penting adalah, tujuan berwisata edukasi tercapai, anak-anak bisa belajar dan bermain. Dan sebagai orang tua tinggal mengarahkan anak untuk belajar lebih baik lagi.
Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel