LIBURAN JOGJAKARTA DENGAN KERETA API SANCAKA

Menikmati liburan sekaligus dengan traveling adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi dilakukan saat musim liburan bersama keluarga. Cerita dan pengalaman kali ini memang sedikit berbeda dengan artikel yang ditulis sebelumnya, kalau kebanyakan artikel terdahulu lebih banyak diisi dengan pengalaman dan ulasan kuliner, maka kali ini saya mencoba mengulas kesenangan traveling. Liburan Jogjakarta, sepertinya menjadi judul yang pas dalam artikel ini.

Kali ini kota yang kami tuju adalah Kota Jogjakarta, mengapa memilih Jogjakarta sebagai tempat liburan dan traveling?. Jawabnya sederhana, karena Jogjakarta adalah daerah tujuan wisata utama di Indonesia, selain itu terkenal akan sejarah dan warisan budayanya. Jogjakarta, tidak bosan rasanya menikmati kota ini, meskipun berulang kali datang, entah menggunakan kendaraan pribadi, bus pariwisata atau menggunakan kereta api. Selain itu Jogjakarta memiliki catatan sejarah yang mengesankan dan juga merupakan pusat kerajaan Mataram (1575 – 1640), dan yang menarik sampai sekarang Kraton (atau Istana) masih berfungsi dan dipergunakan sampai sekarang.

Liburan ke Jogja Naik Kereta dari Surabaya

Sub Judulnya agak aneh ya?. Tapi ini benar lho... Setelah melakukan pertimbangan berhari-hari dan menghitungkaa biaya yang dikeluarkan dan ditambah dengan kondisi tubuh setelah perjalanan, misal capek karena nyetir sendiri, maka perjalanan kali ini ke Jogjakarta, diputuskan menggunakan kereta api. Selain kali ini adalah pengalaman pertama kali menggunakan kereta api, alasan lainnya adalah kami membawa rombongan sekitar 12 (dua belas) orang termasuk anak-anak, sehingga kami berpikir bahwa pilihan menggunakan kereta api adalah keputusan terbaik. Dan hal ini sangat tepat.

LIBURAN JOGJAKARTA DENGAN KERETA API SANCAKA
Kereta Api Sancaka
Banyak sekali kereta api tujuan Jogjakarta dari Surabaya, mulai dari kelas eksekutif sampai dengan kelas ekonomi, antara lain Bima, Gaya Baru Malam Selatan, Jayakarta Premium, Logawa, Mutiara Selatan, Pasundan, Ranggajati, Sancaka, Sri Tanjung dan Wijaya Kusuma. Setelah mempertimbangkan hari dan waktu keberangkatan kami memilih kereta api “Sancaka”. Untuk keberangkatan dari Surabaya, berangkat pada sore hari yang berangkat dari Stasiun Kereta Api Gubeng pada pukul 17.25 dan diperkirakan sampai di Jogjakarta pada pukul 22.32 sesuai dengan jadwal kedatangan.

Baca Juga: Menikmati malam di Hotel Kristina.

Sangat menyenangkan untuk menikmati liburan dengan naik kereta api bersama keluraga termasuk anak-anak kecil, karena mereka menganggap naik kereta api juga merupakan bagian dari paket wisata ke Jogjakarta. Apalagi Kereta Api Sancaka ini adalah kereta api penumpang untuk kelas eksekutif yang memberikan kenyamanan untuk keluarga.

Liburan ke Jogja Naik Kereta dari Surabaya
Stasiun  Tugu Yogyakarta
Menarik sekali menikmati liburan dengan kereta api Sancaka, dengan mengambil nama dari sosok ukar Sanca, sebagai ular pengayom dan dapat bertahan di segala keadaan, kereta api ini memang lebih difokuskan untuk memberikan kenyamanan para penumpang yang telah menyewanya untuk mengantar ke tujuan Yogjakarta.

Liburan Hemat Ke Jogja

Siapa yang bilang kalau liburan ke Jogjakarta itu mahal?. Selama anda bisa merencanakan dan rajin mencari informasi diinternet, dan juga memperhitungkan anggaran biaya yang nantinya akan dikeluarkan, maka anda juga bisa mengeluarkan biaya yang murah untuk menikmati waktu liburan di Jogjakarta.

Salah satunya adalah dengan menikmati perjalanan ke Jogjakarta dengan kereta api. Anda pun bisa merencanakana tempat wisata yang akan dikunjungi, karena banyaknya tempat wisata yang ada di Jogja, baik yang masih alami, bernuansa alam, dan wisata modern. Maka waktu tempuh dan waktu untuk menikmati liburan juga harus diperhitungkan.

Liburan Hemat Ke Jogja
Stasiun Tugu
Karena padatnya jadwal dan tempat yang akan diknjungi, maka menikmati waktu di kereta api, dimasukkan sebagai bagian dari perjalanan wisata ke Jogjakarta. Tentunya hal ini sangat menyenangkan bagi anak-anak, karena mereka memang belum pernah menikmati perjalanan panjang dengan kereta api.

Liburan Ke Jogja Bersama Keluarga dengan Kereta Api Sancaka

Memilih berlibur ke Jogjakarta merupakan suatu pilihan yang tepat, namun kami selalu memilih waktu di luar musim liburan, selain tempat wisatanya yang mulai lengang, kami pun bisa menikmati tempat wisata dengan lebih leluasa, karena yang datang pun tidak terlalu banyak.

Begitu juga saat memilih berlibur ke Jogjakarta dengan kereta api, dengan memilih waktu diluar musim liburan, kita bisa mendapatkan tiket dengan mudah, apalagi setiap menikmati liburan kami selalu bersama rombongan antara 10 sampai dengan 12 orang, sehingga disaat memilih tempat duduk di kereta api kita bisa bersama dalam satu gerbong kereta.

Liburan Ke Jogja Bersama Keluarga dengan Kereta Api Sancaka
Kereta Api Sancaka
Berbicara tentang harga tiket kereta, kami bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah dibanding harga pada saat musim liburan. Harga tiket kereta api Sancaka kelas eksekutif perjalanan dari Surabaya ke Jogjkarta per orang sekitar antara Rp. 205.000 sampai dengan Rp. 270.000,-. Biasanya kami lebih dulu memesan tiket secara online dan baru membayar dan menukarnya dengan tiket asli di loket di Stasiun Kereta Api Gubeng. Bahkan pada perjalanan yang lain kami bisa membelinya melalui stasiun kereta api lain dikota yang kami lalui.

Liburan Murah di Jogjakarta

Dengan atmosfir wisata yang luar biasa, bahkan hanya sampai di Stasiun Tugu saja kita bisa menikmati suasana kerinduan akan Jogjakarta. Stasiun Tugu adalah stasiun kereta api kelas besar dengan tipe A, Stasiun Tugu ini berada dalam pengelolaan PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta dan terletak di Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

Stasiun Tugu termasuk stasiun tua yang diresmikan pada tahun 1887, bangunan stasiun menghadap ke jalan poros kota Yogyakarta. Sebagai salah satu cagar budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta, Stasiun Tugu ini memiliki arsitektur bergaya art deco yang populer pada masa perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Stasiun Tugu sangat menarik, karena memiliki dua pintu masuk dan pintu keluar, dengan pintu utama mengahadap Jalan Margo Utomo (Jalan Pangeran Mangkubumi, yang termasuk wilayah Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis), sedangkan pintu selatan menghadap ke arah Jalan Pasar Kembang (yang termasuk wilayah Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedongtengen).

Sebagai salah satu bagian dari tempat wisata, Stasiun Tugu ini pun sangat bagus dan bagi yang memiliki hobi fotografi, Stasiun Tugu bisa dijadikan pilihan untuk menyalurkan hobi foto. Yang menarik di Stasiun Tugu ini terdapat restoran yang menjadi pilihan tujuan untuk sarapan pagi. Toegoe Resto ini memiliki tampilan klasik yang cenderung bercirikan klasik seperti halnya Kota Jogja. Selain itu didalam Stasiun Tugu ini juga terdapat cafe yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menunggu jadwal keberangkatan sambil minum kopi di Loko Cafe.

Liburan Murah di Jogjakarta
Toegoe Resto
Untuk mengganjal perut agar tidak masuk angin, kami biasanya memesan masakan khas Jogja, gudeg, ya walaupun bukan masakan seperti Gudeg Yu Djum, tapi rasanya lumayan untuk mengisi perut.

Liburan Murah di Jogjakarta
Gudeg Ibu Djati
Setelah 4 hari 3 malam menikmati Kota Jogjakarta, saatnya kita kembali ke Kota Surabaya, perjalanan pulang ini kami kembali menggunakan kereta dengan kereta api yang sama seperti kami berangkat “Sancaka Pagi”.


Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel