Sejarah Singkat “Universitas Sumatera Utara”

Mengapa harus bingung memilih tempat pendidikan atau tempat kuliah yang jauh kalau di daerah sendiri sudah ada kampus terbaik. Begitu juga kalau Anda tinggal di Medan, kampus Universitas Sumatera Utara bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk melanjutkan pendidikan. Banyak alasan mengapa harus memilih Universitas Sumatera Utara ini, seperti uang kuliahnya yang sangat murah, USU adalah kampus bergengsi di Sumatera, salah satu kampus terbaik di Indonesia dan banyak alasan lainnya. Selain berbagai alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Sumatera Utara” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Sumatera Utara”

  • Singkatan/Sebutan: USU
  • Status : BHMN
  • Alamat : Kampus USU, Jl. Dr. T. Mansur 9, Medan 20155, Sumatera Utara.
  • Telepon : (061) 812453 pes.223
  • Website : https://www.usu.ac.id

Sejarah “Universitas Sumatera Utara”

Sejarah Singkat “Universitas Sumatera Utara”
Universitas Sumatera Utara (Foto: mamikos.com)

Pengelola : Universitas/Perguruan Tinggi.

Pendiriannya diprakarsai oleh Pemerintah Daerah Sumatera Utara bersama-sama dengan masyarakat daerah Sumatera Utara dan Aceh. Saat itu pimpinan universitas dipegang oleh Presidium yang diketuai Gubernur Sumatera Utara. Gubernur Utara. 

Pada awal pendirian, statusnyä masih swasta, baru memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran. Kemudian menyusul dibukanya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Kemasyarakatan (1954). Pada tahun 1955, kedua fakultas ini diserahkan kepada pemerintah RI.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Negeri Medan”.

Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 1957, USU ditetapkan sebagai universitas negeri dan diresmikan oleh Presiden Republik Indpnesia Ir. Sukarno pada tanggal 20 November 1957. Tanggal inilah yang selanjutnya diabadikan sebagai Dies Natalis USU.

Fakultasnya ditambah dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pada tahun 1964, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berdiri sendiri menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Negeri Medan, yang kemudian menjadi Universitas Negeri Medan. Begitu juga dengan Politeknik yang dipisahkan untuk menjadi Politeknik Negeri Medan.

Kini, universitas tertua di luar Jawa ini memiliki 10 fakultas dan program pascasarjana dengan berbagai program studi. Di samping program studi yang bersifat akademis, USU juga menyelenggarakan program studi yang bersifat profesi seperti Apoteker, Notaris,Dokter Spesialis, dan lain-lain.

USU juga tengah merencanakan membuka tiga fakultas lagi: Kehutanan (sekarang Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian), Psikologi, dan Keperawatan. 

Dies Natalis: 20 November 1957 diubah menjadi tanggal 20 Agustus 1952 bertepatan dengan dimulainya kegiatan belajar mengajar yang ditandai dengan dibukanya Fakultas Kedokteran.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Sumatera Utara”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Sumatera Utara”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Sumatera Utara”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel